Analisis Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Post Pandemic COVID-19

Authors

  • Elvira Shany Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Mauren Gita Miranti Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Andika Kuncoro W. Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.868

Keywords:

Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Kolaborasi, Pembelajaran, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi dalam pembelajaran post pandemic COVID-19, (2) kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran post pandemic COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu siswa kelas XI program keahlian kuliner SMKN 1 Lamongan yang meliputi identitas diri responden, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kolaborasi. Validasi instrumen melibatkan judgement expert yaitu Dosen Unesa. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan komunikasi dan kolaborasi yaitu angket. Adapun teknik analisis data dilakukan menggunakan pendekatan analisis statistik deskriptif kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan komunikasi siswa SMKN 1 Lamongan pada pembelajaran post pandemic COVID-19 secara keseluruhan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 62%, (2) kemampuan kolaborasi siswa SMKN 1 Lamongan pada pembelajaran post pandemic COVID-19 secara keseluruhan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 54%.

References

Ayun, Qurrota. 2021. “Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5(1):271–90. doi: 10.26811/didaktika.v5i1.286. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.286

Baety, Dwinda Nur, and Dadang Rahman Munandar. 2021. “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):880–989. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Diva, Andi Salwa, Ananda Alma Chairunnisa, and Tuhfah Humaira Mufidah. 2021. “Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Andi.” Current Research in Education: Series Journal 01(01):1–10.

DiwasSingh, K., Staats, B.R., Kouchaki, M., & Gino, F. (2017). Task Selection and Workload: A Focus on Completing Easy Tasks Hurts Performance. Kenan Institute of Private Enterprise Research Paper Series.

Gea, Antonius Atosökhi. 2014. “Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif Dan Efisien.” Humaniora 5(2):777. doi: 10.21512/humaniora.v5i2.3133. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133

Gibson JlL, JM Invancevich, JH Donnelly. 2001. “Organisasi, Terjemahan Agus Dharma.” Jakarta: Erlangga 120.

Halimatuzzuhrotulani, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Diskusi Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-85. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.286 DOI: https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.286

Ii, B. A. B., A. Deskripsi Kajian, and Teori Partisipasi Masyarakat. 1992. “PDF BAB 2 09.10.027 Wor P.” 10–24.

Jamal, Syafruddin. 2012. “Merumuskan Tujuan Dan Manfaat Penelitian.” Ilmiah Dakwah Dan Komunikasi 3 No. 5:148–50.

Kemendikbud. 2020. “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah.”

Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, and Sidiq Nulhaq. 2022. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 8(2):162–72. doi: 10.55210/attalim.v8i2.819. DOI: https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Mahdiyah. 2015. “Perumusan Masalah Penelitian.” Studi Mandiri Dan Seminar Proposal Penelitian 1–32. DOI: https://doi.org/10.25105/pdk.v1i1.430

Marfuah, Marfuah. 2017. “Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26(2):148. doi: 10.17509/jpis.v26i2.8313. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313

Martoredjo, Nikodemus Thomas. n.d. “DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL.” (45):501–9.

Muhali, Muhali. 2019. “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3(2):25. doi: 10.36312/e-saintika.v3i2.126. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nugrahani, Farida. 2014. Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Vol. 1.

Nurjanah, Siti Ahadiah. 2019. “Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan.” Gunahumas 2(2):387–402. doi: 10.17509/ghm.v2i2.23027. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027

Pratiwi, Hana Rizky, Aa Juhanda, and Setiono Setiono. 2020. “Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept.” Journal Of Biology Education 3(2):110. doi: 10.21043/jobe.v3i2.7898. DOI: https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7898

Putri, Putu Ciptayani Pratama. 2021. “Profil Keterampilan Kolaborasi Dalam Proses Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Denpasar.”

Radiusman, Radiusman. 2020. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1):1. doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahman, Wahyu Supandi, Rani Nurcita Widya, Rasi Yugafiati. 2017. “Literasi Dalam Konteks Keterampilan Komunikasi Abad 21 Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Journal of Chemical Information and Modeling 21(2):1689–99.

Rahmat, Abdul. 2013. “Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, Dan Aplikasi.” Journal of Chemical Information and Modeling (9):1689–99.

Rahmawati, Ayu, Noor Fadiawati, and Chansyanah Diawati. 2019. “Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah.” 8(2).

Rustan, Ahmad S. n.d. “78 Menjalin Hubungan (.” 78–90.

Satriani, F. B., U. Sutiyarti, and R. Wahyuningsih. 2022. “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN 4C DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG KELAS X BAHASA SMAN 1 BATU.” 8(1):45–56. DOI: https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.41177

Sulistiyawati, Dhesta Youlandi Rahayu. 2020. “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Materi Debit Untuk Siswa Kelas V Sdn Kentungan Dengan Model Stad.” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 348.

Syaiful Mujab, Ade Tutty R. Rosa, Wahyu Satya Gumelar. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1349–58.

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8(1):185. doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wati, Desi Riyana, Mauren Gita Miranti, Suhartiningsih, and Niken Purwidiani. 2022. “Student Perception of Learning in Normal Era of COVID-19.” Invotec XVIII(1):1-11. DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v18i1.39823

WHO. 2020. “Coronavirus Disease (COVID-19).” World Health Organization.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Shany, E., Miranti, M. G., Pangesthi, L. T., & Kuncoro W., A. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Post Pandemic COVID-19. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.868

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.