Pengembangan E-Modul Coklat Praline Berbasis Flip Pdf Professional Bagi Siswa SMK Kuliner

Authors

  • Talitha Intan Hariono Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Handajani Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Mauren Gita Miranti Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.750

Keywords:

E-modul, Flip PDF Professional, Kompetensi Dasar Coklat Praline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pengembangan dari e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline; 2) kelayakan e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline; 3) respon siswa terhadap e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline. Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evalution) yang dibatasi hanya dalam 3 tahapan, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Analisis 2) Perencanaan 3) Pengembangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner, baik untuk kelayakan media, materi maupun respons siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) e-modul bisa digunakan sekaligus diakses melalui offline maupun online 2) materi dan media e-modul berbasis flip pdf professional layak digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik yakni rata-rata skor materi 4,65 dan media 4,7; 3) Respons peserta didik terhadap e-modul kompetensi dasar coklat praline berbasis flip pdf professional berada kategori sangat baik dengan rata-rata 4,45.

References

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Depdiknas.

Djaali Haji and Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Febrianti, F. A. 2022. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2, (2). DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Hakim, wedi, dan Praherdhino. 2020. Elektonik Module untuk memfasilitasi siswa belajar materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Tegknologi Pendidikan, 3(3)

Haryanti, F. and Saputro, B.A., 2016. Pengembangan modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan kemahaman konsep siswa pada materi segitiga. Kalamatika: Jurnal pendidikan matematika, 1(2). DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no2.2016pp147-161

Hertanto, Eko. 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Sjkala Likert Empat Skala, Jurnal Metedeologi Penelitian September 2017.

Lukitarini, R., Wiryokusumo, I. and Suhari, S., 2020. Pengembangan media vidio gerak tari sparkling Surabaya pada mata pelajaran seni budaya bagi siswa SMP. Edcomtech, 5(1) ,pp.67-75. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p067

Lathifah. 2021. Modul elektonik alternatif bahan ajar guru da peserta didik. Jurnal voctional Teknik Elektronika dan Informatika, 9(3).

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyase. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.

Ningtiyas, T.W., Setyosari, P., Praherdiono, Henry. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), pp. 115-120. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Putri, R.S., 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasisi android pada materi sistem koloid di SMA Negeri 2 Bandaaceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Salfia. 2021. Penelitian Pengembangan untuk Meningkatkan Kemampuan Teoritis. Jurnal Humanika, Volume 3, nomer 15.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyanti, S. and Muladi, Y., 2013.Modul Virtual: Multimediaflipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2). DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sugianto, D., Fernando, S. and Parera, I., 2014. Factor Afecting to affective learning: Learners perspective. Scientific Reserch Journal, 2(5).

Sugiarti, L., Handayani, D.E. 2017. Pengembangan Media Pokari Pokabu (Popup dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4 (1), pp. 109-118 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia Swasono.

Nazeri. 2013. Penggunaan e-FlipBook dalam topik elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam pengajaran Reka bentuk dan Teknologi PISMB RBT,” Artik. Ilm. Tugas akhir, vol. 1 no. 1.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Hariono, T. I., Handajani, S., Miranti, M. G., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan E-Modul Coklat Praline Berbasis Flip Pdf Professional Bagi Siswa SMK Kuliner. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.750

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.