Pengembangan E-Modul Coklat Praline Berbasis Flip Pdf Professional Bagi Siswa SMK Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.750Keywords:
E-modul, Flip PDF Professional, Kompetensi Dasar Coklat PralineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pengembangan dari e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline; 2) kelayakan e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline; 3) respon siswa terhadap e-modul berbasis Flip pdf professional pada KD Coklat Praline. Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evalution) yang dibatasi hanya dalam 3 tahapan, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Analisis 2) Perencanaan 3) Pengembangan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner, baik untuk kelayakan media, materi maupun respons siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) e-modul bisa digunakan sekaligus diakses melalui offline maupun online 2) materi dan media e-modul berbasis flip pdf professional layak digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik yakni rata-rata skor materi 4,65 dan media 4,7; 3) Respons peserta didik terhadap e-modul kompetensi dasar coklat praline berbasis flip pdf professional berada kategori sangat baik dengan rata-rata 4,45.
References
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Depdiknas.
Djaali Haji and Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Febrianti, F. A. 2022. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2, (2). DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Hakim, wedi, dan Praherdhino. 2020. Elektonik Module untuk memfasilitasi siswa belajar materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Tegknologi Pendidikan, 3(3)
Haryanti, F. and Saputro, B.A., 2016. Pengembangan modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan kemahaman konsep siswa pada materi segitiga. Kalamatika: Jurnal pendidikan matematika, 1(2). DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no2.2016pp147-161
Hertanto, Eko. 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Sjkala Likert Empat Skala, Jurnal Metedeologi Penelitian September 2017.
Lukitarini, R., Wiryokusumo, I. and Suhari, S., 2020. Pengembangan media vidio gerak tari sparkling Surabaya pada mata pelajaran seni budaya bagi siswa SMP. Edcomtech, 5(1) ,pp.67-75. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p067
Lathifah. 2021. Modul elektonik alternatif bahan ajar guru da peserta didik. Jurnal voctional Teknik Elektronika dan Informatika, 9(3).
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyase. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Ningtiyas, T.W., Setyosari, P., Praherdiono, Henry. 2019. Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), pp. 115-120. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Putri, R.S., 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasisi android pada materi sistem koloid di SMA Negeri 2 Bandaaceh. Universitas Islam Negeri AR-Raniry.
Salfia. 2021. Penelitian Pengembangan untuk Meningkatkan Kemampuan Teoritis. Jurnal Humanika, Volume 3, nomer 15.
Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyanti, S. and Muladi, Y., 2013.Modul Virtual: Multimediaflipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2). DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Sugianto, D., Fernando, S. and Parera, I., 2014. Factor Afecting to affective learning: Learners perspective. Scientific Reserch Journal, 2(5).
Sugiarti, L., Handayani, D.E. 2017. Pengembangan Media Pokari Pokabu (Popup dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, vol. 4 (1), pp. 109-118 DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia Swasono.
Nazeri. 2013. Penggunaan e-FlipBook dalam topik elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam pengajaran Reka bentuk dan Teknologi PISMB RBT,” Artik. Ilm. Tugas akhir, vol. 1 no. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Talitha Intan Hariono, Sri Handajani, Mauren Gita Miranti, Lucia Tri Pangesthi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.