Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Titehena
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1487Keywords:
Hasil Belajar, Metode PembelajaranAbstract
Hasil belajar peserta didik banyak ditemukan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang belum maksimal ini yakni kurangnya perhatian orang tua, keadaan ekonomi, strategi pembelajaran yang dirancang oleh guru, metode yang digunakan oleh guru, kesiapan mengajar guru, bahasa yang digunakan oleh guru, pengelolaan kelas, dan berbagai hal lainnya maka peran seorang pendidik dalam memanfaatkan berbagai kompetensi dalam pengelolaan kelas, baik itu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sangat di perlukan. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa hasil belajar siswa adalah metode STAD. Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 TITEHENA masih banyak peserta didik yang hasil belajar PAK belum didapati secara maksimal. Hal ini banyak peserta didik yang tidak serius dalam mengikuti pembelajaran, bersifat pasif dalam proses pembelajaran PAK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi gereja sebagai umat Allah mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas XI MIA di SMAN 1 Titehena. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode STAD dalam siklus 1 dengan menggunakan metode ceramah, hasil belajar siswa belum dicapai secara maksimal hal ini dilihat dari hasil tes yakni presentase ketuntasan kelas XI MIA 31,25%. Penggunaan metode STAD pada siklus 2 melalui hasil observasi peningkatan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran lebih dominan pada penggunaan metode STAD dengan rata-rata presentase Sangat baik 18,75% ; Baik 75% ; Cukup 6,25% ; tidak 0% dan peningkatan hasil belajar siswa mencapai 75%, artinya ada perbedaan penggunaan metode ceramah dengan metode STAD dengan perubahan hasil belajar siswa sebesar 43,75%.
References
Astiti, N. D et al. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2). DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688
Firmansyah, D. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 37.
Habeahan, S. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Pendidikan Agama Katolik Bagi Siswa Negri Di Gereja Katolik Pada Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(1). DOI: https://doi.org/10.34150/jpak.v22i1.344
Javar, L. (2023). Student Teams Achivement Division:Konsep dan Penerapannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Amerta Media.
Kusuma, A. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization Ditinjiau Dari Kemampuan Spasial Siswa. Jurna Pendidikan Matematika, 8(2), 18. ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/1586/1547 DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1586
Laa, N. et al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115
Laili, S. K. dan A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/523
Lufri, D. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.
Maesaroh, S. (2017). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1). DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Masduki, Y. (2019). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran. UAD Press.
Nasution, M. K. (2027). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).
Nurbeta et al. (2019). Pendidikan Agama Katolik Sebagai Media Komunikasi Iman Bagi Remaja Di Stasi Santo Fransiskus Benangin. Jurnal Pastoral Kateketik, 5(2). http://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/Sepakat/article/view/29/29
Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, 03(01) DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Palupi, A. T. et al. (2023). Metode dan Media Inovatif. Cahya Ghani Recovery.
Pamawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish Publisher.
Pranyoto, Y. H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak Didik. Jurnal Masalah Pastoral, VI(2). https://jumpa.stkyakobus.ac.id/index.php/jumpa/article/view/67 DOI: https://doi.org/10.60011/jumpa.v6i2.67
Putra, R. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik: Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pasca Sarjana. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773
Sari, I. P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudentTeams Achievement Division(STAD) Terhadap Hasil Belajar IPAMateri Energi Siswa Kelas IV SDN Kedung Sugo IIPrambon-Sidoarjo. Jurnal INVENTA, 1(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2017 DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.1.1.a2007
Senirah. (2020). Mudah Menulis Syair Pocung Menggunakan Metode STAD. Qahar Publisher.
Setiawan, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia,.
Sukirno, U. A. dan. (n.d.). Peningkatan Kinerja Mengajar Guru dan Hasil Belajar dengan Model Student Teams Achivement Division. Jurnal Contect Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2).
Suko. (2020). Menjadi Calon Guru. Scopindo Media Pustaka.
Wicaksono, A. G. (2020). Belajar dan Pembelajaran (konsep dasar, teori, dan implementasinya). UNISRI Press.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1).
Yulianingsih, G. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 213 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19189
Yuniarti, P. et al. (2023). Metode Penelitian Sosial. PT Nasya Expanding management.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelheit Awa Hurint, Martha Blandina Bota Sogen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.