Pengembangan Media Pembelajaran PPT Berbasis Games Edukatif pada Kompetensi Dasar Hidangan Sepinggan di SMK Negeri 2 Mojokerto

Authors

  • Izza Wardah Annafik Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya
  • Andika Kuncoro Widagdo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v2i4.1571

Keywords:

Pengembangan, PPT, Hidangan Sepinggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran PPT berbasis games edukatif juga mengetahui kelayakan PPT pada materi hidangan sepinggan serta menghasilkan respons siswa terhadap PPT berbasis games edukatif. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tiga tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain, dan Development (Pengembangan). Validasi media pembelajaran PPT berbasis games edukatif ini melibatkan tiga validator materi dan dua validator media. Instrumen yang digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran meliputi lembar validasi materi, media dan angket untuk mengetahui respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh nilai persentase rata-rata 87,9% dan validasi media dengan nilai persentase rata-rata 88,25% dengan keduanya memiliki interpretasi sangat layak dengan revisi. Respons siswa memiliki nilai rata-rata 87,03% dengan interpretasi sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa PPT ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Afifaroh, W. N. A., Fitra, A. T. R., Ludfianti, A., & Qotimah, A. K. (2023). Implementasi Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pengembangan Kemampuan Kognitif Berbasis Power Point Di TK Aisyiyah Semanggi. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies.

Agustinus, J. W. (2016). Peran Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(1), 9-BHS.

Alya, Q. (2016). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Indahjaya Adipratama.

Destia, D., Vera, C. O., Firdaningsih, C., Wuriyani, D. S., & Rudyanto, H. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Spin Game Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Tema 7 Subtema 1 untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Ped. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.74758

Dewi, N. L. P. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas vi SD Negeri 1 Kutampi Kabupaten Klungkung Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Kasman, (2020). Pengembangan Teknologi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Pendais, 2(2) 137-148.

Kurnia, L. D., Octaria, D., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 84-92.

Kurnia, L. D., Octaria, D., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 84-92.

Kurniawan, K. D., Suhartiningsih, S., Pangesthi, L., & Bahar, A. (2020). Keanekaragaman pangan berbasis daun kelor (moringa oleifera). Jurnal Tata Boga, 9(2), 795-806.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Mutmainnah., (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 5(2).

Novia, D. (2016). Pengertian Game Edukasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Nuriana, Alif Khurotin (2022) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Disertai Spinning Game Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Kelas IV SD Aisyiyah Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

Pratiwi, E. Y. R., & Siswanto, M. B. E. (2020). Pengembangan Education Game Berbasis Microsoft Power Point dalam Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 162-174. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43331

Puspita, C & Auda, A (2019). Penyajian dan Pengolahan Makanan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian: untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3. Bandung: Alfabeta.

Rosidah, R., Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 10-16).

Setyaedhi, H. S. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Educational Technology Journal, 1(1), 19-30. DOI: https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p19-30

Setyaputri, F. M., & Utaminingsih, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Berbasis Power Point Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd Negeri Tanjungtirto Ii Berbah. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 48-55. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13540

Sholihah, A., Fauzi, A., & Agustyarini, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game PowerPoint Materi Siklus Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 158-165.

Siregar, E., & Ramadhani, F. D. (2022). Game Edukatif Berbasis Powerpoint untuk Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 240-247. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.49427

Sufa, M. R. W. (2023). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas III pada pembelajaran tematik di SD Plus Al-Kautsar Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). DOI: https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v2i4.3499

Sugestiana, S., & Soebagyo, J. (2022). Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2637-2646. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2439

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Dengan Ispring Suite 9 Berbasis Android/Desktop Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sistem Ekskresi Manusia Di Mtsn 2 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Widaraeni, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. TEMATIK, 8(2), 186-201. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.685

Yusuf, B., Maulina, I., & Fadhli, M. (2022). Game Edukasi Pengembangan Game Edukasi I’tikad 50 Berbasis Power Point di Dayah Al-Furqan Aceh Besar. JINTECH: Journal Of Information Technology, 3(2), 93-106. DOI: https://doi.org/10.22373/jintech.v3i2.1968

Zainiyati, H. S. (2017). Media pembelajaran PAI: Teori dan Aplikasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-58.

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Annafik, I. W., Bahar, A., Pangesthi, L. T., & Widagdo, A. K. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran PPT Berbasis Games Edukatif pada Kompetensi Dasar Hidangan Sepinggan di SMK Negeri 2 Mojokerto. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v2i4.1571

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)