Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bangorejo dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Yolanda Dhea Afelia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.84

Keywords:

gaya belajar, pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang digunakan pada dunia pendidikan Indonesia saat ini, dimana proses pembelajaran dilaksanakan dengan berpusat pada siswa dan pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan adalah dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait kecenderungan gaya belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Bangorejo. Hasil penelitian ini dimaksudkan sebagai asesmen diagnostik non kognitif, sebagai bahan untuk pelaksanaan proses pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, angket dan wawancara yang dikembangkan sesuai dengan teori perkembangan peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh gaya belajar pada peserta didik tidak mutlak hanya satu jenis gaya belajar tetapi dalam pemetaannya dapat diperoleh hasil kecenderungan gaya belajar siswa kelas X adalah visual auditori 64%, kinestetik 36%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik akan lebih mudah memahami sesuatu dengan objek visual dengan audio. Pembelajaran diferensiasi dijadikan solusi dalam mengakomodir keberagaman gaya belajar peserta didik untuk mengoptimalkan potensi, minat, dan kreativitas peserta didik untuk terciptanya proses pembelajaran yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran pada kurikulum merdeka.

References

Alhafiz, N. 2022. Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekan Baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(8): 1913-1922. DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946

Aliyyah, R. R. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490 DOI: https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Ekasari, R. (2022). The Effect Of Strategic Planning On The Implementation Of Independent Campus Learning. Corporate Governance and Organizational Behavior Review, 6(2), 300–306. https://doi.org/10.22495/cgobrv6i2sip14 DOI: https://doi.org/10.22495/cgobrv6i2sip14

Fahmi, N. A. (2020). Freedom to learn on science learning in elementary school. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3453765 DOI: https://doi.org/10.1145/3452144.3453765

Ferary, D. (2023). A Philosophical Perspective on the Purpose of Education in Indonesia. Comparative and Decolonial Studies in Philosophy of Education, 51–71. https://doi.org/10.1007/978-981-99-0139-5_4 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-99-0139-5_4

Firmanzah, D., Elok S. 2021. Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP/MTS Wilayah Menganti, Gresik. Jurnal Pendidikan Sains. 9(2);165-170.

Fitra, D. K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Prespektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia. 5(3): 250-258. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Green, E. L. (2018a). The independent learning in science model of school-based curriculum development. School-Based Curriculum Development in Britain: A Collection of Case Studies, 14–40. https://doi.org/10.4324/9780429454622-2

Green, E. L. (2018b). The independent learning in science model of school-based curriculum development. School-Based Curriculum Development in Britain: A Collection of Case Studies, 14–40. https://doi.org/10.4324/9780429454622-2 DOI: https://doi.org/10.4324/9780429454622-2

Hasanah, E. (2022). Conceptual Model of Differentiated-Instruction (DI) Based on Teachers’ Experiences in Indonesia. Education Sciences, 12(10). https://doi.org/10.3390/educsci12100650 DOI: https://doi.org/10.3390/educsci12100650

Hidayati, Siti N., Rojab S.R. 2020. Eksplorasi Strategi Guru Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Aktifitas Membaca. Jurnal Penelitian Pendidikan. 20(1);121-128. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24563

Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. International Comference on Islamic Education. 2:293-304.

Kaplan, S. N. (2023). The Grid: A Model to Construct Differentiated Curriculum for the Gifted. Systems and Models for Developing Programs for the Gifted and Talented, Second Edition, 235–251. https://doi.org/10.4324/9781003419426-10 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003419426-10

Kusuma, O.D, Siti L. 2020. Modul Pendidikan Guru Penggerak 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Publisher Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lubis, S. 2021. Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi. 5(2):95-105. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.222

Mardiati, Y. (2023). Fostering Independent Learning through Arts-based Instruction in Elementary Social Studies. AIP Conference Proceedings, 2679. https://doi.org/10.1063/5.0131211 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0131211

Marini, A. (2023). Interactive infographic media in civics learning to strengthen attitudes of nationalism. AIP Conference Proceedings, 2727. https://doi.org/10.1063/5.0141391 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0141391

Masitoh, S., Cahya, F. 2020. Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Potensi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan. 8(1);122-141. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141

Prabawati, I. (2023). Implementation of Learning Curriculum in Integrated Independent Campus Learning Program Case Study on KKNT Village Project. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 470–490. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.28 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.28

Purwasih, J. H. G. (2021). Developing an Independent Curriculum: Village Development Project as an Equalization of Thesis. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 135–145. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21225 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21225

Rosnelli. (2023). Independent Curriculum Learning Management to Improve Students’ Literacy and Numerical Competence in Schools. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(4), 946–963. https://doi.org/10.46328/ijemst.3513 DOI: https://doi.org/10.46328/ijemst.3513

Sajja, R. (2023). Platform-independent and curriculum-oriented intelligent assistant for higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00412-7 DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-023-00412-7

Santoso, H.B., Subagyo. 2017. Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi. 5(1): 40-44. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1428

Setiyo, A. 2022. Penerapan pembelajaran Diferensiasi Kolaboratif Dengan Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Students Well-Being di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Biologi. 11(1):61-79. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797

Suciptaningsih, O. A. (2020). Character education model for junior high school students based on java ethnopedagogic. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 201–210.

Supeni, S. (2019). Instilling values of javanese leadership culture for primary school principal. Opcion, 35, 1427–1444.

Suryawati, E. (2018). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329 DOI: https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Tarto. (2019). Expanding trilogy-based headmaster leadership: A conceptual framework. Test Engineering and Management, 81(11), 4356–4373.

Wicaksono, H. Y. (2019). Weak of Effects of Music Education in The Establishment of Characters. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 19(2), 172–178. https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.23623 DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.23623

Wiguna, I.K.W., Made Adi N.T. 2022. Langkah mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1); 17-26. DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Afelia, Y. D. ., & Utomo, A. P. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bangorejo dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.84

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.