Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1139Keywords:
Dampak Gadget, Interaksi Sosial, Perkembangan Sosial Anak Sekolah DasarAbstract
Penggunaan gadget berdampak secara langsung bagi perkembangan sosial anak. Di era saat ini teknologi dapat dengan mudah mengambil ahli masuk di seluruh wilayah dan berkembang dengan sangat cepat. Gadget digunakan hampir pada semua kalangan dari orang tua hingga anak-anak muda. Pada zaman ini gadget menjadi pusat utama perhatian banyak digunakan oleh kalangan anak-anak Sekolah Dasar. Gadget adalah sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Penulisan jurnal ilmiah ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Analisis mengkaji dengan literatur yang memiliki kaitan dengan topik pembahasan. Dengan menggunakan Metode Observasi Partisipatif anak-anak secara langsung dengan interaksi sosial dengan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh penggunaan gadget kebanyakan anak lebih menggunakannya untuk bermain. Dari hal kecil ini, anak yang awalnya senang bermain dengan temannya dapat berubah dengan terbiasanya diberikan gadget sebagai pengganti teman bermain.
References
Ariston, Yummi, and Frahasini Frahasini. "Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar." Journal of Educational Review and Research 1.2.(2018): 86-91. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465-474.
ASIAH, Sinta Nur, et al. Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022, 8.17: 465-474.
Novitasari, N. ”Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak”. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), (2019) :3(2), 167-188.
Novitasari, Nurul. Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), (2019), 3.2: 167-188. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Saputri, Rieke Dyah Ramadhani, and Agung Setyawan. "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar." AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) 3.1 (2022): 24-31. DOI: https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Sipayung, R., Silaban, P. J., Siregar, H. A., Tamba, M., Simamora, A., Gaol, M. A. L., & Panjaitan, D. (2024). Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kabar Masyarakat, 2(1), 97-100.
Sipayung, Regina, et al. "Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar." Jurnal Kabar Masyarakat 2.1 (2024): 97-100.
Sipayung, Regina, et al. Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kabar Masyarakat, (2024) : 2.1: 97-100. DOI: https://doi.org/10.54066/jkb.v2i1.1557
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmawati Eka Saputri, Cagiva Aqilla Salsabilla, Dwi Nurazizah, Nabila Azahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.