Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Melalui Metode KWL (Know, Want to Know, & Learned) Pada Materi Cerita Rakyat Kelas 4 SD Negeri Turus

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1357

Keywords:

Pemahaman Membaca, Metode Kwl, Cerita Rakyat, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Aktif

Abstract

Pemahaman membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa sekolah dasar untuk mendukung pembelajaran lintas domain. Namun masih banyak siswa yang kesulitan memahami bahan bacaan yang mengandung dongeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas empat di sekolah dasar di Turus dengan menerapkan pendekatan KWL (Know-Want-Learn). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode KWL efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa. Pendekatan ini melibatkan siswa dan membantu mereka memahami struktur cerita rakyat, meningkatkan pemikiran kritis, dan mengembangkan keterampilan menulis dan berbicara. Siswa juga menunjukkan keterampilan kolaborasi yang baik melalui diskusi kelompok, yang secara signifikan meningkatkan hasil belajar mereka. Dengan menerapkan pendekatan KWL, siswa tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai cerita rakyat, namun juga menghubungkannya dengan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.Kesimpulannya, metode KWL terbukti menjadi strategi pembelajaran efektif yang secara komprehensif dapat meningkatkan pemahaman membaca dan kemampuan belajar siswa. Metode ini cocok tidak hanya untuk pembelajaran cerita rakyat, tetapi juga untuk materi pembelajaran lainnya di sekolah dasar.

References

Afriyanti, I. Somadayo, S. & Hadi, D. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. JurnalPedagogik, 7(2), 1–12.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S. & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Anggraeni, N. D. (2019). Pendampingan Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language Di Sekolah Dasar Negeri 020 Galang. Minda Baharu, 3(2), 145. DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2120

Anjelinah, N. R. & Liansari, V. (2023). Strategi KWL (Know Want to Know Learned) Pada Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3936-3953. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8700

Balista, A., Mudzanatun, & Nvitalia, D. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Silent Reading Menggunakan Media Cerita Rakyat. Janacitta, 6(2), 115–123. DOI: https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2615

Daroah. 2018. “Meningkatkan KemampuanBahasa Melalui Metode Bercerita dengan Media Audio Visual”, (Skripsi, PGSD Unnes, Semarang, 2018)”

Jayanti, L. D. Artharina, F. P. & Putriyanti, L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Bantuan Aplikasi Aksi Sekolah Pada Siswa SD. InSeminar Pendidikan Nasional (SENDIKA)(Vol. 3, No. 1).

Magdalena, I., Cempaka, B., & Azhar, C. R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Know Want Learned (KWL) Siswa di Kelas IV SDN Pinang 1. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 387–400. DOI: https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i2.13880

Mekarningsih, N, K,A, Wirya, I, N, dan Magta, M. 2015. “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berbahasa Lisan Pada Anak” Jurnal PGSD Vol. 3 No.1 UnIXersitas Pendidikan Ganesha tahun (2015).

Meirisa, S. (2021). Pengembangan bahan ajar membaca berorientasi strategi PQ4R di kelas IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1683–1690.

Nur Sa’adah, Z., Nuryani, P., & Mulyasari, E. (2021). Penerapan strategi KWL (Know, Want, Learned) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 63–73. DOI: https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i1.40512

Salsabila, A,. Wulan, N. S. & Rosmana, P. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar(Vol. 2, No. 1, pp. 455-465).

Santosa, W., Wahyudin, & Hudiana. (2021). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep membaca dan keterampilan membaca siswa dalam pokok bahasan procedural text pada implementasi discovery learning berbantuan MMI-Tutorial. Jtep-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1),1099–1109.

Sarika, R. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Sd Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49–56. DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437

Satriani, D., Aras, L., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 101–111. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.163

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.Wahyuningsih, Sri. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD N Tluwuk (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Septia, A. A. R. (2020). Penerapan Strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) Untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS. Skripsi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Sukabumi: Jejak Publisher.

Taufik, Susianti, & Amir, N. F. (2019). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah, 5(2), 53–70. DOI: https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528

Wulandari, I. P. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran KWL Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III C SDN Purwodadi Simpang. Skripsi, Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Alhidri, W., Tofani, D., Ratnaningsih, A., & Arifin. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Melalui Metode KWL (Know, Want to Know, & Learned) Pada Materi Cerita Rakyat Kelas 4 SD Negeri Turus. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1357

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.