Upaya Guru PPKN dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning

Authors

  • Annisa Dwi Cahyani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Asyifa Kurnia Dinti Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Arlinda Hartri Ningrum Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.629

Keywords:

Kecerdasan Moral, Guru PPKN, Model Cooperative

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa SD mengenai pentingnya kecerdasan moral. Kecerdasan moral memiliki dampak hebat dalam aktivitas manusia. Maka dari itu tugas seorang guru PPKN tidak terus-menerus memberikan materi pelajaran saja melainkan wajib memberikan proses yang akurat untuk menumbuhkan kecerdasan moral pada siswa guna di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat sejajar dengan aturan dan norma yang berlaku. Guru PPKN perlu menjadi fasilitator dan mentor yang membimbing setiap siswa akan pentingnya kecerdasan moral. Terdapat model pembelajaran yang mampu membantu guru PPKN dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa yaitu model pembelajaran cooperative learning. Model pembelajaran Cooperative Learning yaitu model pembelajaran yang patut dipergunakan dalam proses pembelajaran dan mempunyai karakteristiknya karena model ini sangat berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Pada model pembelajaran cooperative learning, siswa mampu berhubungan langsung dengan siswa lain yaitu menggunakan metode diskusi kelompok.

References

Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Penerbit NEM.

Astuti, W. U. R. I. (2017). Hakikat Pendidikan. Over The Rim, 191-199.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021, October). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Hasan, M., Ridha, Z., Ambarsari, I. F., Anggeraini, D., Hasanah, N., Hermawan, S., ... & Hamzah, H. (2023). Pendidikan dan psikologi perkembangan: implementasi prinsip-prinsip psikologi dalam pembelajaran. Penerbit Tahta Media.

Hasanuddin, H. (2017). Biopsikologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Syiah Kuala University Press. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.325

Kamaruddin, I., Hapsari, S., Yunarti, S., Sarumaha, Y. A., Lestari, N. C., & Aji, S. P. (2022). Pengantar dan Konsep Ilmu Pendidikan. CV Rey Media Grafika.

Lumuan, L. S. I., Wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 210-221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17924

Martati, B. (2018, February). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Menumbuhkan Nilai Moral Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1405

Muslih, M. (2010). Pembelajaran Moral Melalui Pembelajaran Kooperatif. In Forum Tarbiyah (Vol. 8, No. 2).

Nurmalita, S. (2019, December). Hakikat Pendidikan dan Landasan Pendidikan. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/y9xb3

Pranoto, Y. K. S., & Auliya, F. (2021). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini: Kajian Teori dan Empiris. Penerbit NEM.

Pranoto, Y. K. S., Auliya, F., & Saputri, U. (2021, October). Instrumen Kecerdasan Moral untuk Anak: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1677–1789. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1803

Sofia, A., & Nopiana, N. (2021). Faktor Penunjang dan Penghambat dalam Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 599-610.

Solihatin, E. (2022). Strategi pembelajaran PPKN. Bumi Aksara.

Sudirman, S. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Edukasi, 2(1), 10-20.

Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021, October). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638

Published

2024-06-19

How to Cite

Cahyani, A. D., Dinti, A. K., & Ningrum, A. H. (2024). Upaya Guru PPKN dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.629

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.