Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di SDN Sambikerep 1
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.438Keywords:
Kesejahteraan Guru, Manajemen Pembiayaan, Manajemen Sumber Daya ManusiaAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di SDN Sambikerep 1. Fokus penelitian ini adalah pada aspek manajemen pembiayaan dan manajemen sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk menganalisis peran sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan guru, serta cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen pembiayaan dan manajemen sumber daya manusia guna menciptakan kesejahteraan bagi guru. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas IV. Hasil penelitian ditekankan pada dua fokus utama. Pertama, aspek manajemen pembiayaan, yang mencakup sistem penggajian di sekolah, peran lingkungan, dan akses transportasi. Kedua, manajemen sumber daya manusia, yang meliputi perencanaan, rekrutmen, dan evaluasi. Dalam aspek manajemen pembiayaan, penelitian ini mengkaji sistem penggajian yang berlaku di sekolah, apakah sudah memadai untuk mencukupi kebutuhan hidup guru. Selain itu, peran lingkungan sekitar sekolah juga diteliti, seperti ketersediaan fasilitas umum dan akses transportasi yang memadai. Sementara dalam aspek manajemen sumber daya manusia, penelitian ini menganalisis perencanaan yang dilakukan sekolah dalam mengatur kebutuhan tenaga pengajar, proses rekrutmen guru baru, serta sistem evaluasi kinerja guru yang diterapkan.
References
Akilah, F. (2018). Peran manajemen sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518–534. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v6i1.282 DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v6i1.282
Almasri, M. N. (2013). Manajemen sumber daya manusia: Implementasi dalam pendidikan Islam. European Journal of Immunology, 43(10), 2783–2783. https://doi.org/10.1002/eji.201370106 DOI: https://doi.org/10.1002/eji.201370106
Almeida, A. (2023). The Impact of Meat Consumption on Human Health, the Environment and Animal Welfare: Perceptions and Knowledge of Pre-Service Teachers. Societies, 13(6). https://doi.org/10.3390/soc13060143 DOI: https://doi.org/10.3390/soc13060143
Álvarez, Á. M. H. (2022). Relationship of Affective Experiences During Childhood with the Professional Welfare of the Teacher. Revista de Filosofia (Venezuela), 39(100), 292–305. https://doi.org/10.5281/zenodo.5980844
Aulia, Jainap, & Ananda. (2022). Kesejahteraan guru dan pengembangan jenjang karir guru. Jurnal, 3, 1–9.
Bachtiar, N. M. N. M. M., & Fauzi, A. (n.d.). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan.pdf.
Blomqvist, P. (2024). Have the Welfare Professions Lost Autonomy? A Comparative Study of Doctors and Teachers. Journal of Social Policy, 53(1), 64–85. https://doi.org/10.1017/S0047279422000228 DOI: https://doi.org/10.1017/S0047279422000228
Budi, B. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif. LIKHITAPRAJNA: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 42–59.
Chariri, A. (2009, July 31–August 1). Landasan filsafat dan metode penelitian kualitatif. Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Dadang, W. (2020). Pengaruh tingkat kesejahteraan guru dan beban kerja guru terhadap kinerja guru. Jurnal, 135–148.
Fattah, N. (2008). Pembiayaan pendidikan: Landasan teori dan studi empiris. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(April), 417–436.
Hakim, L. (2016). Manajemen sarana dan prasarana sekolah alam. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p060 DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i12016p060
Handayani, N. F., & Huda, N. (2020). Manajemen pembiayaan pendidikan di SMA Negeri pascadesentralisasi pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 332–341. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p332 DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p332
Iskandar, J. (2019). Implementasi sistem manajemen keuangan. Idaarah, 3(1), 114–123.
Lakkala, S. (2023). How Can Interprofessional Skills Be Taught during University Studies? Student Teachers, and Social Work and Law Students Solving Complex Student Welfare Cases. Education Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/educsci13080806 DOI: https://doi.org/10.3390/educsci13080806
Lawn, M. (2021). What is the teacher’s job? Work and welfare in elementary teaching, 1940-1945. Routledge Library Editions: Education Mini-Set N Teachers & Teacher Education Research 13 Vols, 226, 50–64. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203125526-130
Luthfiyah, M. F. (2017, November 26). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas dan studi kasus.
McCuaig, L. (2019). Schools, student health and family welfare: Exploring teachers’ work as boundary spanners. British Educational Research Journal, 45(5), 1001–1020. https://doi.org/10.1002/berj.3548 DOI: https://doi.org/10.1002/berj.3548
Melander, Å. (2022). The Educationalization of the Swedish Welfare State and the Expectations of School Teachers. The Nordic Education Model in Context: Historical Developments and Current Renegotiations, 176–195. https://doi.org/10.4324/9781003218180-13 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003218180-13
Muhammad, M. A., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen sumberdaya manusia dalam pengembangan kompetensi guru. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i1.6 DOI: https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i1.6
Murwaningsih, T. (2023). The influence of professional attitude, welfare, self-sustaining development, and job satisfaction on teacher performance. Journal of Education and Learning, 17(2), 271–284. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20785 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20785
Nuraeni. (2019). Manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan, 3(36), 1.
Rika, M. (2014). Pendidikan untuk meningkatkan kualitas. Jurnal, 2, 636–648.
Tardif-Williams, C. Y. (2019). Shifting preservice teachers’ views of animal welfare and advocacy through a human-animal relationships course. Society and Animals, 29(5), 591–612. https://doi.org/10.1163/15685306-12341640 DOI: https://doi.org/10.1163/15685306-12341640
Yttergren, L. (2019). Housewife or physical education teacher? or both? female physical education teachers and the welfare state, 1932-1952. Nordic Journal of Educational History, 6(1), 3–23. https://doi.org/10.36368/njedh.v6i1.122 DOI: https://doi.org/10.36368/njedh.v6i1.122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M Rafi Alami, Khulud Khulud, Marsya Jovita Putri Yanuar, Syunu Trihantoyo, Nuphanudin Nuphanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.