Teknologi dalam Pendidikan: Mengungkapkan Dampak Gadget Pada Siswa SDN 19 Tanjung

Authors

  • Pitriyani Universitas Negeri Padang
  • Raudatul Jannah Universitas Negeri Padang
  • Adrias Universitas Negeri Padang
  • Fadillaa Suciana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1519

Keywords:

Gadget, Belajar Anak, Sekolah Dasar, Dampak Positif, Dampak Negatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana penggunaan gadget oleh anak-anak mempengaruhi pembelajaran mereka di Sekolah Dasar Negeri Tanjung 19. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan ada kelebihan dan kekurangan menggunakan teknologi untuk pendidikan anak. Keuntungannya termasuk membuat komunikasi lebih mudah, menyediakan akses informasi yang mudah, meningkatkan kreativitas, mengembangkan keterampilan kognitif, memperluas jejaring sosial, dan meningkatkan daya ingat. Namun, dampak negatifnya antara lain perubahan perilaku anak, seperti kurangnya aktivitas fisik, kurangnya interaksi sosial, dan perubahan pola tidur yang tidak teratur. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru dalam memantau dan membimbing penggunaan gadget pada anak sangat penting

References

Asrita. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 39–42. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.41

Bakar, I. P. S., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Makassar. Jurnal Kajian Keislaman , 2(1), 57–66. https://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatIslamiah

Cerlang, J., Anak, P., Dini, U., Unggul, A., Sajawandi, L., Anak, P. G., & Purwokerto, U. M. (2024). Analisis Perubahan Perilaku pada Anak Usia Dini yang Kecanduan Gawai. https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i2.

Fitri, S., Fahmi Dwisep Saputra, & Taufiq, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.65

Hakim, A. R., Yazid, M., & Kudsiah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Dan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 149–162. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3841

Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 20–35. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.559

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Jannah, R. R., & Mulyani, R. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 9(2), 220–227. https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16388

Lampung, U. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri. 5(1), 223–232.

Linggi, A. I., Pesau, H. G., & Sastaviana, D. (2023). Pencegahan Adiksi Penggunaan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 4(4), 7080–7084.

Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225.

Mariantika, N. P., & Suardika, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Perkembangan Perilaku Anak Dari Pengaruh Gadget (Media Sosial). Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

Negeri, U., Padang, U. N., Jati, S. G., & Adzkia, U. (2024). Research Urgency : Based On Literature Review Of Basic Concepts Of Science And Sources Of Knowledge Urgensi Penelitian : Berdasarkan Kajian Pustaka Atas. 12(2), 166–176.

Nur, T., Holifah, I., Indriani, Z. K., Putri, N., Nurlatifah, M., Dwi, A. R., Darmika, A., Ismawati, R., Muhopilah, P., Psikologi, P. S., & Artikel, R. (2024). Prosiding Seminar Psikologi Pendidikan Ke-1 Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (Appi) Wilayah Jawa Barat Pengaruh Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar. 1, 93–96. https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/pspp/article/view/326/90

Prasetyo, T. (2022). Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 207–216. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1415

Rajai, N., & Husein, S. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyikapi Dampak Negatif Penggunaan Internet. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 164. https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2590

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., Grey, R. A., & Gaol, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Sani Susanti, et. Al, 2(1), 57–65. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk

Witarsa, R., Mulyani Hadi, R. S., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–20. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.432

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Pitriyani, Jannah, R., Adrias, & Suciana, F. (2025). Teknologi dalam Pendidikan: Mengungkapkan Dampak Gadget Pada Siswa SDN 19 Tanjung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1519

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.