Teknologi dalam Pendidikan: Mengungkapkan Dampak Gadget Pada Siswa SDN 19 Tanjung
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1519Keywords:
Gadget, Belajar Anak, Sekolah Dasar, Dampak Positif, Dampak NegatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana penggunaan gadget oleh anak-anak mempengaruhi pembelajaran mereka di Sekolah Dasar Negeri Tanjung 19. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan ada kelebihan dan kekurangan menggunakan teknologi untuk pendidikan anak. Keuntungannya termasuk membuat komunikasi lebih mudah, menyediakan akses informasi yang mudah, meningkatkan kreativitas, mengembangkan keterampilan kognitif, memperluas jejaring sosial, dan meningkatkan daya ingat. Namun, dampak negatifnya antara lain perubahan perilaku anak, seperti kurangnya aktivitas fisik, kurangnya interaksi sosial, dan perubahan pola tidur yang tidak teratur. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru dalam memantau dan membimbing penggunaan gadget pada anak sangat penting
References
Asrita. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 39–42. https://doi.org/10.61683/jome.v1i02.41
Bakar, I. P. S., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Makassar. Jurnal Kajian Keislaman , 2(1), 57–66. https://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatIslamiah
Cerlang, J., Anak, P., Dini, U., Unggul, A., Sajawandi, L., Anak, P. G., & Purwokerto, U. M. (2024). Analisis Perubahan Perilaku pada Anak Usia Dini yang Kecanduan Gawai. https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i2.
Fitri, S., Fahmi Dwisep Saputra, & Taufiq, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.65
Hakim, A. R., Yazid, M., & Kudsiah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Dan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 149–162. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3841
Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 20–35. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.559
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Jannah, R. R., & Mulyani, R. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 2 Ranah Batahan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 9(2), 220–227. https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16388
Lampung, U. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Moral dan Etika Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri. 5(1), 223–232.
Linggi, A. I., Pesau, H. G., & Sastaviana, D. (2023). Pencegahan Adiksi Penggunaan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 4(4), 7080–7084.
Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225.
Mariantika, N. P., & Suardika, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Perkembangan Perilaku Anak Dari Pengaruh Gadget (Media Sosial). Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
Negeri, U., Padang, U. N., Jati, S. G., & Adzkia, U. (2024). Research Urgency : Based On Literature Review Of Basic Concepts Of Science And Sources Of Knowledge Urgensi Penelitian : Berdasarkan Kajian Pustaka Atas. 12(2), 166–176.
Nur, T., Holifah, I., Indriani, Z. K., Putri, N., Nurlatifah, M., Dwi, A. R., Darmika, A., Ismawati, R., Muhopilah, P., Psikologi, P. S., & Artikel, R. (2024). Prosiding Seminar Psikologi Pendidikan Ke-1 Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (Appi) Wilayah Jawa Barat Pengaruh Penggunaan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar. 1, 93–96. https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/pspp/article/view/326/90
Prasetyo, T. (2022). Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 207–216. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1415
Rajai, N., & Husein, S. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyikapi Dampak Negatif Penggunaan Internet. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 164. https://doi.org/10.33477/kjim.v3i2.2590
Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430
Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., Grey, R. A., & Gaol, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Sani Susanti, et. Al, 2(1), 57–65. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk
Witarsa, R., Mulyani Hadi, R. S., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–20. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.432
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pitriyani, Raudatul Jannah, Adrias, Fadillaa Suciana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.