Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ina Dwi Harmiyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ruli Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.715

Keywords:

Gadget, Dampak Penggunaan Gadget, Keyakinan Moral

Abstract

Teknologi berkembang pesat, hampir semua kegiatan dapat dikendalikan oleh teknologi, termasuk dalam bidang pendidikan. Sistem pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas V SD di SDN Berlian Plaosan Kab. Magetan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh siswa digunakan untuk belajar, mencari jawaban dari Google, mempunyai manfaat juga untuk melihat WhatsApp dan game. Adanya gadget ini memudahkan siswa mendapatkan media informasi dengan cepat. Dari penggunaan gadget yang dibatasi dan digunakan dengan baik tidak menjadikan hasil belajar akhlak siswa tersebut menurun, walaupun ada juga yang turun namun bertambah banyak, karena aktif menggunakan gadget maka hasil belajar siswa meningkat banyak. karena sebagian besar siswa sudah terbiasa mencari informasi jawaban di google.

References

Aisyah Anggraeni, S. M., & Hendrizal. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kehidupan sosial para siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum, 13(1), 64-76.

Darisman, R. P. D. D. (2017). Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik menggunakan media crossword puzzle dalam proses evaluasi pada mata pelajaran akidah akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 97-105.

Furchan, A. (2002). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ginanjar, D. G. G. (2018). Penggunaan gadget dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 372-379.

Layyinatus Syifa, D. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Lestari, P. S. M. D. T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 219-225.

Maola, T. L. P. S. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 219-225.

Miles, M. B. A. A. M. H. (2005). Qualitative data analysis (Terjemahan). Jakarta: UI Press.

Monita Rini, D. N. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236-1241.

Muhammad Iqbal Ulil Amri, D. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi anak sekolah dasar pada situasi pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 14-23. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Musfiqon. (2012). Paduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Nikmawati, D. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254-259.

Nikmawati, H. S. B. S. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254-259. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975

Rahayu, D. Anggun. (2022). Analisis dampak penggunaan gadget pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V di SD Negeri 61 Lebong. Jurnal Studi Islam, Sosial, dan Pendidikan, 1(1), 32-40.

Ramdhanwitarsa, R. S. M. H., Anik, N., & Haerani, N. R. (Tidak disebutkan). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pedagogik, 4(1).

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821

Sangaji Anwar Wiranto, M. A. H. (Tidak disebutkan). Peranan orangtua dalam pengawasan anak pada penggunaan smartphone. Seminar Nasional Dan Call For Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.

Septio Nurjanah, D. (2020). Analisis metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366-377.

Subagijo, A. (2020). Diet & Detoks Gadget. Jakarta Selatan: Mizan Media.

Susanto, A. (2013). Teori belajar pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh gadget terhadap pola interaksi sosial dan komunikasi siswa. Jurnal Kehumasan, 2(1), 273-282. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Syarifudin, A. S. M. (2022). Peran orang tua terhadap penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Tunas Aswaja, 1(2), 23-38. DOI: https://doi.org/10.33367/piaud.v1i2.1934

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Harmiyanti, I. D., & Astuti, R. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.715

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.