Efektivitas Media Uang Mainan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2

Authors

  • Zulvia Rifqi Nabilla Ash Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Misbahul Anam Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1565

Keywords:

Hasil Belajar, Uang Mainan, Bijak Memakai Uang

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik hasil belajar peserta didik kelas 2 SDN 2 Joho mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi bijak memakai uang yang memanfaatkan media uang mainan dengan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran dengan model PBL (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 dengan menggunakan media uang mainan. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Pembelajaran pada siklus pertama menggunakan metode ceramah, sedangkan pada siklus kedua menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan memanfaatkan media uang mainan. Subjek penelitian ini ada 26 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes tulis serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media uang mainan hasil belajar peserta didik meningkat. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar pada siklus I terdapat 57,69% peserta didik yang telah mencapai KKM pada hasil belajarnya dan pada siklus II siswa yang  mendapatkan  nilai  di  atas  KKM  dengan  jumlah  persentase  88,46% sedangkan peserta didik yang tidak tuntas memiliki persentase sebanyak 11,54%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran PBL menggunakan media uang mainan efektif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 2 SDN 2 Joho.

References

Aidin, Nur Ayni Sri. (2021). Metode Bermain Peran; Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Riau: CV DOTPLUS Publisher.

Apriani, N., & Verawati, V. (2024). Menggunakan Media Uang Mainan dalam Mengenalkan Literasi dan Numerasi Keuangan pada Anak Usia Dini. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 10(2), 216-220.

Ardika, I Wayan, dkk. (2020). Inovasi Dalam Pembelajaran: Kumpulan Naskah Finalis Inobel Dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017. Jembrana: Grapena Karya.

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem Based Learning. Jurnal Satya Widya, 28(2), 167-174.

Hanafy, Muh. Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiah dan Keguruan Lentera Pendidikan, 17(1).

Hartiningtyas, W., & Priyanti, E. (2021). Bahasa Indonesia: Keluargaku Unik untuk SD Kelas II. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kemendikbudristek. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/BahasaIndonesia-BS-KLS-II.pdf

Hrp, Nurlina Ariani, dkk. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7483

https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/jgi/index

Illahi, G. W., Ekowati, D. W., & Nugraheni, F. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengenal Suku Kata dengan Model Problem Based Learning Kelas 1 SDN Purwantoro 1 Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 721–730.

International Journal of Technology Vocational Education and Training. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bewarna.

Jurnal Guru Indonesia. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Autentik.

Jurnal Pendidikan Dasar. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Kusumaningtyas, R. A., dkk. (2024). Pengaruh PBL Berbantuan Media Uang Mainan terhadap Capaian Belajar Siswa Kelas 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 475–489. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16969/8943

Mahagia, F. A., Goni, A. M., & Rorimpandey, W. H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1055–1066.

Maisaroh. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Pembelajaran Autentik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grogol II Cilegon Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Guru Indonesia, 358–366.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas VII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Masitoh, S. (2023). Meningkatnya Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Komplementer melalui Motivasi Belajar. Sumedang: CV Mega Press Nusantara.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, Oktober). Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924–932).

Narto, M., Murdjiati, T., & Tjatjik. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Memecahkan Masalah Perhitungan yang Berkaitan dengan Uang Menggunakan Media Uang Mainan pada Siswa Kelas III SDN Cupak Ngusikan Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/article/view/12207

Nugroho, R. A. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek melalui Penerapan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 2(4), 421–426.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purnomo, F. C. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II pada Pokok Bahasan Kesetaraan Pecahan Mata Uang Melalui Media Uang Mainan (Disertasi Doktoral, Universitas Terbuka).

Purwaningsih, P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(4), 422–427.

Safitri, N., & Furqon, F. (2018). Pengelolaan Lingkungan Kelas dalam Mencapai Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Manajerial, 17(1), 124–136.

Setiyadi, D., Aviari, B. A., & Berliana, E. (2022). Uang Koin dan Kertas Mainan sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 67–73.

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. (2023). Problem Based Learning. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Soraya, S. M., Kurjono, K., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Literasi Digital Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 681–687.

Sulastry, T., Rais, N. A., & Herawati, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 142–151.

Utami, R. N., dkk. (2025). Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Wajdi, F., dkk. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Widina.

Wahyuniami, N. (2023). Pengantar Kependidikan. Yogyakarta: CV Bintang Media Semesta.

Zahroh, N., Astini, B. N., & Jaelani, A. K. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 140–148.

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Zulvia Rifqi Nabilla Ash, Erwin Putera Permana, & Misbahul Anam. (2025). Efektivitas Media Uang Mainan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1565

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)