Peningkatan Ecoliteracy Siswa SDN 2 Merembu Melalui Kegiatan Menanam di Kebun Sekolah

Authors

  • Afifah Jufri Universitas Mataram
  • Noviana Rahmatika Universitas Mataram
  • Baiq Tiara Sagita Universitas Mataram
  • Elsa Salsabila Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1557

Keywords:

Literasi, Lingkungan, Sikap

Abstract

Lingkungan sekolah berperan penting dalam membentuk karakter dan kebiasaan siswa, termasuk dalam hal kepedulian terhadap lingkungan. Sikap acuh tak acuh siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah mencerminkan rendahnya pemahaman serta praktik ecoliteracy. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan menanam di kebun sekolah pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan ecoliteracy siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Merembu, Kecamatan Labuapi, Kabuaten Lombok Barat. Penelitian dilaksanakan dari September-Oktober 2024. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD yang terdiri dari 17 siswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen One Group PreTest-Post Test Design.  Penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) Tahap pra berkebun, 2) Tahap berkebun sebagai treatment. 3) Tahap pasca berkebun.  Analisa data yang digunakan adalah Uji T. Untuk mengetahui keberhasilan dalam menumbuhkan pengetahuan ecoliteracy siswa digunakan analisis N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menanam di kebun sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap ecoliteracy siswa dari kriteria cukup pada saat pretest menjadi baik saat posttest setelah kegiatan berkebun dilaksanakan. Namun, kegiatan berkebun belum menunjukkan pengaruh yang nyata pada peningkatan keterampilan ecoliteracy siswa meskipun terjadi peningkatan nilai dari hasil pretest dan posttest

References

Barnes, J. C. (2013). Awareness to Action: The Journey toward a Deeper Ecological

Cheng, J. C. H. & Monroe, M. C. (2012). Connection to Nature: Children’s Affective Attitude Toward Nature. Environment and Behavior 44(1) 31–49

Collado, S., & Corraliza, J.A. (2015). Children’s restorative experiences and self-reported environmental behaviors. Environment and Behavior, 47, 1, 38-56

Herdianing, M., & Syarief, A. (2020). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, Vol 1 (1), 1-10

Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1) Indonesia National Assesment Program (INAP). 2016. http://puspendik.kemdikbud.go.id.inap-sd/

Jufri, A. F., Putri, D. N., Apriani, R., Dewi, S. M., & Yulandasari, V. (2024). Pendampingan Pembuatan Kebun Sekolah di SDN 2 Merembu untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, 5(2), 244-248.Kemdikbud. 2017. Gerakan Literasi Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lisani, Y. Y. (2019). Pengembangan Ecoliteracy Siswa Melalui Pemanfaatan Taman Sekolah sebagai Sumber Belajar IPS (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Miranda, D. B., Celia, A., Jófili., Zelia., & Carneiro-Leão, D. A., Maria, A. (2017). Ecological literacy – preparing children for the twenty-first century. Early Child Development and Care, 187(2), 192–205. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1226353

Nugraha, R. G. (2015). Meningkatkan ecoliteracy siswa SD melalui metode field-trip kegiatan ekonomi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 60-72.

Nurlaili, S., Supriatna, N., & Sapriya. (2018). Pengenalan eco-literacy melalui media pembelajaran dari sampah di sekolah dasar. Al-Mudarris: Journal of Education, 1(2), 76–87. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.171Pascoe, J. & Wyatt-Smith, C. (2013). Curriculum literacies and the school garden. Literacy Learning: the Middle Years, 21, 1, 34-47.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wallace, H. D. (2019). Transdisciplinary learning in a kitchen garden: connecting to nature and constructing a path to ecoliteracy. International Research in Geographical and Environmental Education, 28(4), 309-323.

Widyasmoro, A., Sulianto, J., & Buchori, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan E-Book Ekosistem terhadap Kemampuan Ekcoliteracy an Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1233-1243.

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal indramayu untuk menumbuhkan ecoliteracy siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173-185.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27-34.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Jufri, A., Rahmatika, N., Sagita, B., & Salsabila, E. (2025). Peningkatan Ecoliteracy Siswa SDN 2 Merembu Melalui Kegiatan Menanam di Kebun Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1557

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.