Menumbuhkan Karakter, Etika, dan Moral Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.436Keywords:
Pendidikan Karakter, Etnik, Pendidikan Moral, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas. Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar (SD) merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang baik sejak usia dini. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, anak SD dapat belajar untuk menghargai perbedaan, menegakkan keadilan, menghargai persatuan dan kesatuan, serta memiliki sikap saling menghormati dan tolong-menolong. Ini akan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan dan situasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, pembelajaran Pancasila juga dapat menjadi landasan bagi anak SD untuk mengembangkan kepribadian yang kuat dan positif. Dengan memahami nilai-nilai seperti gotong royong, kerjasama, dan kejujuran, anak-anak dapat membangun karakter yang baik dan integritas yang tinggi. Pembelajaran Pancasila juga dapat membantu mereka mengenali dan menyelesaikan konflik dengan cara yang damai dan bijaksana. Dengan demikian, melalui pembelajaran Pancasila di sekolah dasar, anak dapat dibimbing menjadi individu yang memiliki etika dan moral yang kuat, serta siap berkontribusi untuk membangun masyarakat yang lebih baik di masa depan.
References
Benawa, A. (2023). The Effect of Pancasila Education, Civic Education, and Religion Education on Value Education for The Students During COVID 19 Pandemic. E3S Web of Conferences, 388. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202338804008 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202338804008
Gunadi, S. S., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Volume 13(1). DOI: https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.191
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, Volume 2(4). DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL JURNAL PENDIDIKAN, Volume 6(1), hlm. 1224-1238. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kurniawaty, I., Faiz A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4(4), hlm. 5170-5175. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Kusdarini, E. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412
Maisyaroh, M. (2023). Strengthening character education planning based on Pancasila value in the international class program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 149–156. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161
Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL BASICEDU, Volume 6(5), hlm. 7840-7849. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nishimura, S. (1995). The development of Pancasila moral education in Indonesia. Southeast Asian Studies (Kyoto), 33(3), 303–316.
Putra, A. W., Abas Maulana, K. R., Munir, A. A., & Pratiwi, K. D. (2020). Membangun Moral dan Etika Siswa Sekolah Dasar. Cetakan Pertama. CV. Bayfa Cendekia Indonesia
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 6(3), halaman 3200-5500. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, Volume 6(1), tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332
Ruyadi, Y. (2022). Basic competency of Pancasila ideological education for elementary school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 703–718. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.45918
Sarkadi. (2022). Integrating Character Education Into the RECE Learning Model Through Pancasila and Citizenship Education Subjects. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037
Subaidi. (2020). Strengthening character education in Indonesia: Implementing values from moderate Islam and the Pancasila. Journal of Social Studies Education Research, 11(2), 120–132.
Sukriono, D. (2020). Using massive open online course (MOOC) on pancasila education increasing students’ score. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 138–148. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15593 DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i12.15593
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), Volume 7(3), tahun 2022, halaman 583-590. DOI: https://doi.org/10.29210/30032075000
Sutopo, S. (2020). Pancasila ethics and culture-based education model for vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055
Titaley, J. A. (1997). Theological Education in the Pancasila Society of Indonesia. Studies in World Christianity, 3(2), 226–239. https://doi.org/10.3366/swc.1997.3.2.226 DOI: https://doi.org/10.3366/swc.1997.3.Part_2.226
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, Volume 8(2), tahun 2023. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Yuliatin. (2021). Character education based on local wisdom in Pancasila perspective. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24, 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isma Novia Siregar, Putri Theresa Siagian, Raenjoi Juan Daman Dasuha, Rut Rima Ria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.