Penerapan Pembelajaran PKn dalam Upaya Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SDN 2 Rejosari

Authors

  • Amarta Rosita Wati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Inesya Nahatalia Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Nova Apriliya Riana Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.590

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaan, Moderasi Beragama, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan PKn untuk meningkatkan sikap moderasi beragama siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar dan menengah pertama, beserta guru-guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PKn dalam upaya meningkatkan sikap moderasi beragama siswa dilakukan melalui berbagai strategi pembelajaran, metode, dan media yang inovatif dan kontekstual. Temuan-temuan penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam mengembangkan pendidikan moderasi beragama di sekolah.

References

Azra, A. (2021). Pendidikan multikultural di era milenial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 98-107. https://doi.org/10.31258/jpi.v7i2.123

Hasan, N. (2018). Deradikalisasi pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.

Jannah, F., & Laili, Z. N. (2023). Penerapan Metode Bebasis Masalah Dalam Pemahaman Tentang Modersi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 198-209.

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148. DOI: https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03

Lickona, T. (2018). Mendidik untuk membentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. Bumi Aksara.

Mujizatullah, Mujizatullah. "Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone." Pusaka 9.2 (2021): 231-250. DOI: https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.526

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep pendidikan multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391

Suparman, A., & Sudirman, A. (2020). Pemanfaatan media audio-visual dalam pendidikan moderasi beragama siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 25 36. https://doi.org/10.21009/jtp.v5i1.14678

Suparno, P., & Widodo, A. (2021). Persepsi orang tua terhadap pendidikan moderasi beragama di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1-14. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.35522

Supriyanto, A., & Ambarwati, R. (2022). Kolaborasi sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 80-92. https://doi.org/10.32493/jpk.v9i2.8765

Suryani, N. (2019). Metode diskusi dan debat dalam pembelajaran pendidikan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Multikulturalisme, 3(2), 54-67. https://doi.org/10.33477/jpm.v3i2.1289

Tilaar, H. A. R. (2019). Pendidikan multikultural. Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, D., & Djamaris, A. (2020). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pendidikan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 28-38. https://doi.org/10.24832/jpk.v7i1.2310

Widodo, H. P., & Sutrisno, A. (2022). Strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan moderasi beragama. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 15-26. https://doi.org/10.21009/JIP.081.02

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Wati, A. R., Nahatalia, I., & Riana, N. A. (2024). Penerapan Pembelajaran PKn dalam Upaya Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SDN 2 Rejosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.590

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.