Penerapan Pembelajaran PKn dalam Upaya Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SDN 2 Rejosari
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.590Keywords:
Pendidikan Kewarganegaan, Moderasi Beragama, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan PKn untuk meningkatkan sikap moderasi beragama siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar dan menengah pertama, beserta guru-guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PKn dalam upaya meningkatkan sikap moderasi beragama siswa dilakukan melalui berbagai strategi pembelajaran, metode, dan media yang inovatif dan kontekstual. Temuan-temuan penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam mengembangkan pendidikan moderasi beragama di sekolah.
References
Azra, A. (2021). Pendidikan multikultural di era milenial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 98-107. https://doi.org/10.31258/jpi.v7i2.123
Hasan, N. (2018). Deradikalisasi pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Jannah, F., & Laili, Z. N. (2023). Penerapan Metode Bebasis Masalah Dalam Pemahaman Tentang Modersi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 198-209.
Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148. DOI: https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
Lickona, T. (2018). Mendidik untuk membentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. Bumi Aksara.
Mujizatullah, Mujizatullah. "Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif Pada Sekolah Umum/Madrasah Di Kabupaten Bone." Pusaka 9.2 (2021): 231-250. DOI: https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.526
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep pendidikan multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3391
Suparman, A., & Sudirman, A. (2020). Pemanfaatan media audio-visual dalam pendidikan moderasi beragama siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 25 36. https://doi.org/10.21009/jtp.v5i1.14678
Suparno, P., & Widodo, A. (2021). Persepsi orang tua terhadap pendidikan moderasi beragama di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1-14. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.35522
Supriyanto, A., & Ambarwati, R. (2022). Kolaborasi sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 80-92. https://doi.org/10.32493/jpk.v9i2.8765
Suryani, N. (2019). Metode diskusi dan debat dalam pembelajaran pendidikan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Multikulturalisme, 3(2), 54-67. https://doi.org/10.33477/jpm.v3i2.1289
Tilaar, H. A. R. (2019). Pendidikan multikultural. Remaja Rosdakarya.
Wahyudin, D., & Djamaris, A. (2020). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pendidikan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 28-38. https://doi.org/10.24832/jpk.v7i1.2310
Widodo, H. P., & Sutrisno, A. (2022). Strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan moderasi beragama. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 15-26. https://doi.org/10.21009/JIP.081.02
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amarta Rosita Wati, Inesya Nahatalia, Nova Apriliya Riana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.