Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Matematika Sub Topik Membandingkan Ciri- Ciri Bangun Datar

Authors

  • Ni’matul Hidayah Universitas Nusantara PGRI Kediri image/svg+xml
  • Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri image/svg+xml
  • Ririrs Setya Rini SD Negeri Balowerti 3 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1585

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Materi, Ciri-Ciri Bangun Datar

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketrampilan berhitung siswa kelas 5 SD khususnya subtopik membandingkan ciri-ciri bangun datar dengan menggunakan teknik Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini, diterapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi serta evaluasi melalui metode Direct learning, sedangkan pada sisklus kedua ditambahkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 69,28 dengan tingkat ketuntasn belajar pada siklus pertama menjadi 67,85% menjadi 83, 57 pada siklus kedua dengan tingkat penguasaan materi 85,71%. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memicu semangat peserta didik dalam kegiatan belajar dan membangun lingkungan belajar yang aktif dan mendorong komunikasi antar peserta didik. jadi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya pada subtopik Karakteristik Bangun Datar.

References

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V5i1.3621

Ardansyah, M., Adi, P. N., & Hakiki, I. (2024). Kurikulum Dan Pembelajaran Tantangan Perubahan Proses Pendidikan. umsu press.

Chatra, A., Achjar, K. A. H., Ningsi., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning). Journal of Education Technology, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Darmayanti, W. S., Selamet, K., Sanjayanti, P. A. H., Wijaya, K. W. B., Witraguna, K. Y., Jaya, K. M. A., & Persi, N. N. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. Nilacakra.

Husna, S. A., & Sukoriyanto, S. (2024). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik MA Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Program Linear. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.26714/jkpm.11.1.2024.1-17

Husnaidah, M., Harahap, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), Article 12. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6755

Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Pola Geometri Pada Rumah Adat Tongkonan Di Toraja. Klasikal : Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328

Lestari, D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3372–3381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124

Lestari, W. P., Ningsih, E. F., C, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.155

Muhsetyo, G. (2021). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334

Neno, W. A., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(1), 12. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i1.12356

Ningrum, S. P., Rhosyida, N., & Mulyantoro, P. (2024). Implementasi model teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.62385/ijles.v2i2.138

Nisa, H., Hidayat, A., & Parid, M. (2020). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas Vi Sd/Mi. 5.

Prijanto, J. H., & Kock, F. de. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), Article 3.

Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/565674/

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Sari, T. A. R., Permana, E. P., & Anam, M. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Dengan Eksperimen Gunung Berapi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 11–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1552

Satria, O. I., Zuhri, M. S., & Purwati, H. (2023). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Hidayah, N., Sulistiono, & Rini, R. (2025). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Matematika Sub Topik Membandingkan Ciri- Ciri Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1585

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.