Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Ajaran Palemahan Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1649Keywords:
Multimedia Interaktif, Palemahan, Bangun DatarAbstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang komunikatif, kurang menarik, dan kurang bervariasi, sehingga membuat siswa kurang fokus, cepat bosan dan jenuh dalam menerima proses pembelajaran dikelas. Tujuan pengembangan untuk menciptakan multimedia interaktif berorientasi ajaran Palemahan materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian pengembangan yang dilakukan dibatasi sampai tahap Development. Subjek penelitian meliputi 6 orang validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli bahasa, 6 orang guru mata pelajaran, serta 20 orang siswa kelas IV. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Multimedia interaktif yang berorientasi ajaran Palemahan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, aktif, dan kreatif dalam menerima proses pembelajaran. 2) Hasil validasi ahli media menunjukkan kualifikasi validitas sangat tinggi 0,95, hasil validasi ahli materi menunjukkan kualifikasi validitas sangat tinggi 0,91, hasil validasi ahli bahasa menunjukkan kualifikasi validitas sangat tinggi 0,93, hasil validasi kepraktisan guru menunjukkan kualitas multimedia sangat praktis 96%, serta kepraktisan siswa menunjukkan kualitas multimedia sangat praktis 98%. Sehingga multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar.
References
Alpindo, O. (2021). Validitas Handout Fisika berbentuk Multimedia Interaktif dalam Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Critikal Thinking Skill Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Alwi, M., Sutajaya, M., & Suja, I. . (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berorientasi Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 9(1), 1–9.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Ardyani, W., Nugroho, A. ., & Shodiqin, A. (2020). Instrumen Angket Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik untuk Siswa SMP: Validitas dan Reliabilitas. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2009, 1–7.
Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe
Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.138
Febrianti, A. P., Sesanti, R., & Gutama, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(November), 588–597. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Gustina Sari, S., Rahmayuni Jusar, I., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(1), 14–27. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/28312/14419
Hobri, D. (2022). Matematika SD/ MI KELAS IV. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kompleks Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan https://buku.kemdikbud.go.id Cetakan pertama, 2022 ISBN 978-602. https://buku.kemdikbud.go.id
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57
Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516–520. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.548
Lestari, N. P. D. S. (2024). Pengembangan Media Komatif untuk Materi Bentuk Indonesiaku pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 1 Banyuning. (Skripsi, STAHN Mpu Kuturan Singaraja).
Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & Ilham S, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Nyoman, N., Wati, K., & Info, A. (2023). Analisis Implementasi Tri Hita Karana dalam Model Pembelajaran Numbered Head Together di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 92–100.
Paing, I., Margunayasa, I., & Arnyana, I. B. . (2024). Pengembangan Buku Cerita Digital Bermuatan Tri Hita Karana Pada Subtema Globalisasi Di Sekitarku. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 14–24. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.2736
Puspita, S. I., Nurlina, & Basri, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 363–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4488
Putri, M. L., Ardana, I., & Sariyasa. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Penanaman Nilai Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1), 19–30
Rahayu, N.W.S.S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Pelestarian Sumber Daya Alam Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 9 Padangsambian Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. (Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha).
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sukmayasa, I. M. H & Mahardika, N. K. P. J. (2024). Tri Hita Karana dalam Literasi. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Wekke, I. S. (2020). Metode Penelitian Ekonomi Syariah (Issue September). Gawe Buku.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Komang Indah Kristiyanti, I Komang Wahyu Wiguna, Kadek Hengki Primayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.