Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Permainan Tradisional Megoak-Goakan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Gita Alias Latuhukum STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Gusti Ngurah Arya Yudaparmita STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Kadek Hengki Primayana STAHN Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1671

Keywords:

Multimedia PowerPoint Interaktif, Model ADDIE, Pendidikan Pancasila

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran interaktif yakni produk PowerPoint interaktif, dalam penelitian ini menjelaskan validitas kepraktisan dan tingkat keterbacaan media PowerPoint interaktif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dalam tahap ini dibatasi pada tahap pengembangan (Development) di SDN 3 Kampung Baru. Yang menjadi subjek utama pada penelitian ini yaitu 6 dosen yang ahli dalam bidangnya masing-masing yakni pakar validator produk, pakar validator pembelajaran, pakar validator bahasa, 3 orang pengajar, serta 10 orang peserta didik yang berada di kelas V Sekolah Dasar. Adapun skor penilaian yang didapatkan dari masing-masing ahli antara lain: 1) produk multimedia PowerPoint interaktif dibuat dengan bantuan aplikasi Microsoft PowerPoint. Media ini terdiri dari beberapa slide yang menarik dan interaktif dengan menyajikan materi pembelajaran, video, audio, kuis, evaluasi, dan permainan tradisional megoak-goakan. Dengan menggunakan produk interaktif ini membantu guru menyampaikan informasi pembelajaran secara terstruktur serta meningkatkan minat belajar peserta didik, asyik, menyenangkan, dan menciptakan keterlibatan peserta didik melalui pengalaman belajar yang menyenangkan. 2) tingkat validitas media PowerPoint interaktif termasuk dalam kriteria sangat tinggi yakni memperoleh nilai dari validitas ahli media sebesar 0,8, validitas ahli materi 0,9, validitas ahli bahasa 0,9, validitas berdasarkan respon guru 1, dan kepraktisan produk berdasarkan respon peserta didik dengan skor 4,3 yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji validitas dan kepraktisan media PowerPoint interaktif pada materi Keragaman Di Indonesia mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V dinyatakan sangat layak untuk diterapkan di lapangan.

References

Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(2), 351.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. http:// perpustakaan. mbppSD (Sekolah Dasar) mk. kemkes. go.id// index.php? p=show_detail&id= 3452

Azhari, M. R. (2022). Implementasi Media Gadget Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sdn 106153 Klambir V Kebun Abupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam dan Humainora).

Dewi, N. P. C. P. (2020). Tradisi Megoak-Goakan Sebagai Media Penguat Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Era Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3), 30-3

Fikri & Mdona, dkk (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.

Fitrah, M. (2017). Luthfiyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.

Lestari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–53.

Lubis, C. E., Damayanti, S., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Materi Daur Air pada Siswa Kelas V SDN Sukorame 2 Kediri Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Mulia, Y. A., & Kristin, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Journal on Teacher Education, 4(4), 293–302.

Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65.

Putra, I. K. M., & PF, K. A. P. D. (2018). Peranan Kearifan Lokal Permainan Tradisional dalam Pendidikan. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 8(1).

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148.

Raharjo, A. S. A., Rufii, R., & Hartono, H. (2022). Penerapan media pembelajaran multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 441-452.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rofi'ah, S. N. H., & Widodo, S. T. (2024). Development of interactive multimedia articulate storyline to improve elementary school students' learning outcomes regarding the history of the formulation of Pancasila. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 516-532.

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68-77.

Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw.

Sofiasyari, I., Amanaturrakhmah, I., & Yuliyanto, A. (2023). Analisis Kepraktisan Pengembangan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1789-1798.

Sukmawati, I. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN 151 Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Suryani, L. D., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Permainan Tradisional Dakon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas IV SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 86-98.

Ulfa, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wardani, L. S., Primayana, K. H., & Wati, N. N. K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 4(2), 213-255.

Wintari, N. M. W., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Megoak-Goakan Terhadap Kemampuan Sosial-Emosional Anak Kelompok B Di TK Widya Mekar Sari Padangsambian Klod. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2).

Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Putri, D. A. E. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93-102.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Latuhukum, G., Yudaparmita, G., & Primayana, K. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Permainan Tradisional Megoak-Goakan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 13. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1671

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.