Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Materi Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1672Keywords:
IPAS, Model ADDIE, Multimedia InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah multimedia interaktif, menganalisis validitas diuji oleh judges sebanyak 3 validator, yakni ahli media, materi, dan bahasa, serta menentukan kepraktisan multimedia interaktif untuk materi Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD yang dinilai oleh 66 responden, terdiri atas 6 guru dan 60 siswa kelas IV dari enam SD di Lingkungan Gugus III Kecamatan Buleleng, setiap sekolah diwakili oleh satu guru wali kelas IV dan sepuluh siswa kelas IV. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian & pengembangan (Research & Development/R&D) yang mengadopsi model ADDIE sebagai pendekatan utamanya. Model ini terdiri dari lima tahapan utama, yakni:analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini, yakni: 1) multimedia interaktif dibuat menggunakan berbagai aplikasi seperti Microsoft Power Point, Canva, Edpuzzle, Wordwall, Quizizz, Pinterest.com dan Remove Background. Multimedia interaktif ini menyajikan delapan menu seperti petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, profil pengembang, video pemantik, materi, game, evaluasi, sumber yang dijadikan referensi dalam pembuatan multimedia interaktif ini, serta menyajikan elemen visual, audio, dan narasi suara yang mampu memperkuat pemahaman dan keterlibatan siswa secara lebih mendalam; 2) validitas multimedia interaktif ini termasuk dalam kategori sangat tinggi, dengan skor masing-masing sebesar 0,9 untuk aspek media dan materi, serta 0,8 untuk aspek bahasa; 3) kepraktisan produk oleh guru sebesar 95% yang dikategorikan sangat praktis, dan kepraktisan produk oleh peserta didik menunjukkan nilai sebesar 95% yang termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan praktis dalam materi Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal.
References
Al Kautsary, M. I. (2024). Pelakasanaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Penetapan Tujuan Pendidikan di Madrasah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 397-413.
Albasith, R., dan Dwi. N. D. (2020). Upaya guru mengatasi kejenuhan belajar fikih pada siswa di madrasah tsanawiyah antasari samarinda tahun ajaran 2019-2020. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 1(2), 1-14.
Alpian, dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1 (1), 66-72.
Andini, S., Rahma, H. I. A., & Faizin, M. (2024). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Peserta Didik di Era Digital Pada Abad Ke-21. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 53-62.
Ansya, Y. A. U., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. http:// perpustakaan. mbppSD (Sekolah Dasar) mk. kemkes. go.id// index.php? p=show_detail&id= 3452
Artanadi, I. M. (2023). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Keterlibatan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 45–52.
Astuti, R., & Setiawan, D. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Ditinjau dari Aspek Desain Visual dan Interaktivitas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 112–121.
Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.
DitpSD (Sekolah Dasar). Kemdikbud.go.id. (2023). Laporan PISA 2022. Diakses pada tanggal 20 September 2024. Tersedia pada link: https://ditp SD (Sekolah Dasar).kemdikbud.go.id/upload/2023/LAPORAN%20PISA%20KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19-30.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Fitri, S. D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd Negeri 76 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Fitriani, A., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Permasalahan Bahasa Lisan dan Tulis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(3), 123-134.
Hidayati, F., & Julianto, J. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika" Motogpe".
Karim, A., Anwar, U. S., & Suherman, S. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era Globalisasi: Integrasi Dan Tantangan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(2), 602-609.
Kudsiyah, S. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang- Undangan Nasional Kelas VIII SMPN 1 Jabon. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1-15.
Lestari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–53.
Paradigma, I. K. E. B., & Nurwahidin, M. (2024). Pengembangan Media Pebelajaran Power Point Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(4), 1091-1102.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.
Putra, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Saputra, A. A., & Astuti, T. A. T. (2024). Pengembangan Media Ayam Si Yaya pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N Tugurejo 02. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 11(2), 469-480.
Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 87-102.
Sofiasyari, I., Amanaturrakhmah, I., & Yuliyanto, A. (2023). Analisis Kepraktisan Pengembangan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif. Jurnal Elementaria Edukasi, 6(4), 1789-1798.
Tristaningrat, M. A. N., & Mahartini, K. T. (2023). Tren Penggunaan Media Pembelajaran Pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 51-60.
Wakit, S. (2024). Tujuan Pendidikan. Pengantar Pendidikan. Jawa Timur: CV. Duta Sains Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Komang Adnyani, Komang Trisna Mahartini, Kadek Hengki Primayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.