Pengembangan Media Pembelajaran PPTX Inovatif Berbantuan Edpuzzle Pada Mapel IPAS Kelas IV Gugus VI
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1726Keywords:
PPTX, Edpuzzle, Indonesiaku Kaya Budaya, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berupa PPTX inovatif berbantuan edpuzzle untuk mata pelajaran IPAS kelas IV di Gugus VI, Kecamatan Sawan yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Model ADDIE yang digunakan dibatasi sampai tahap Implementation karena keterbatasan waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan penggunaan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran PPTX inovatif berbantuan edpuzzle memperoleh nilai validitas tinggi, yaitu 0,8 untuk ahli bahasa, 0,9 untuk validitas media dan materi. Pada uji kepraktisan menggunakan angket dengan responden lima orang guru kelas IV dan 20 peserta didik. Hasil kepraktisan memperoleh skor 94% pada uji kepraktisan praktisi dan 93,9% pada uji kepraktisan peserta didik. Dari data tersebut, penelitian pengembangan media pembelajaran PPTX inovatif berbantuan edpuzzle untuk materi indonesiaku kaya budaya pada mata pelajaran IPAS dengan kategori sangat layak dan sangat praktis digunakan
References
Achmad, N., Ganiati, M., & Kuraeni, D. N. (2021). Implementasi edpuzzle dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada era new normal. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 6(2), 46-51.
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E. J., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0.
Amsari, D., Umar, F. I. T., Santi, N., & Nasution, P. S. (2022). Pengembangan Media Berbasis PowerPoint dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 5039-5049.
Anggraini, S., & Nelmira, W. (2023). Validitas Media E-Modul Pembuatan Gaun Pesta untuk Siswa Kelas XI di SMKN 3 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1168-1172.
Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 127.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.
Ilham, I., Pujiarti, T., Ramadhan, S., & Wulan, W. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPAS di SDN 27 Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 919-929.
Irfan., Muhhiddin., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Jurnal Primary Education, 3(2), 2597-4866.
Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79-91.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.
Khoirurrijal, K., Fadriati, F., Sofia, S., Anisa Dwi, M., Sunaryo, G., Abdul, M., & Suprapno, S. (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka.
Mamonto, C. P., Mutmainah, M., & Reksamunandar, R. P. (2023). Development of Microsoft Powerpoint Learning Media in Science Subjects in Class V in Elementary School. Journal of Elementary Educational Research, 3(2), 120-130.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Mukhlis, M. S., Kumala, F. N., & Triwahyudianto. (2024). Pengembangan Media Edpuzzel Berbasis STEAM Subtema Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7), 411-423.
Muksalmina, M. H. (2023). Bab 4 Kajian Pustaka & Kerangka Teoritis Penelitian Hukum. Metodologi Penelitian Hukum, 37.
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68-80.
Nurfadillah, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point di SDN Sarakan II Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 368-385.
Nurhikmah, S., Sandy, S., Ali, R. Z., & Ruswandi, U. (2023). Desain Pembelajaran PAI dengan Model Addie pada Materi Beriman Kepada Hari Akhir di SMA Plus Tebar Ilmu Ciparay. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(2), 1039-1052.
Okpatrioka, O. (2023). Penelitian dan pengembangan (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
Qadriani, N. L., Hartati, S., Dewi, A., & Selatan, J. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai media pembelajaran berani berbasis video interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, p-ISSN 2655-6227.
Sofiasyari, I., Amanaturrakhmah, I., & Yuliyanto, A. (2023). Analisis Kepraktisan Pengembangan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1789-1798.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26.
Yanto, D. T. P., Candra, O., Dewi, C., Hastuti, H., & Zaswita, H. (2022). Electric drive training kit sebagai produk inovasi media pembelajaran praktikum mahasiswa pendidikan vokasi: Analisis uji praktikalitas. Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINoP), 8(1), 106-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Komang Ari Widiani, I Made Ariasa Giri, I Komang Wahyu Wiguna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.