Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Gerokgak

Authors

  • I Putu Agus Setiawan Ardiana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Kadek Hengki Primayana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Ketut Ngurah Ardiawan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1743

Keywords:

Model Pembelajaran Team Games Tournament, Tri Hita Karana, Keterampilan Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian memiliki tujuan utama yaitu mengetahui penerapan model pembelajaran TGT terkait mengintegrasikan nilai-nilai Tri Hita Karana dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Penggunaan metode quasi eksperimen serta pendekatan kuantitatif. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek studi yakni 43 siswa kelas V SDN 2 Sanggalangit yang menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian menjelaskan adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT berorientasi THK. Rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebelum perlakuan adalah 55,60 dan meningkat menjadi 83,12, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 59%. Serta, uji independen t-test mengonfirmasi diperoleh adanya perbedaan signifikan kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Hal ini menandai pemberian perlakuan menggunakan model TGT yang berorientasi pada THK berpengaruh nyata kepada keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran dengan model TGT berorientasi Tri Hita Karana dan yang tidak

References

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183–193.

Azizah, S. N., & Diana, R. R. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5–6 tahun di RA Bustanul’Ulum. Jurnal Pendidikan Anak.

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 195–218.

Bali, K., Sekolah, S., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Tri Hita Karana Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep. 3(2).

Erika Citra Nilasari, A., Zudhah Ferryka, P., Yuliana, Y., Ki Hajar Dewantara, J., Klaten Utara, K., Klaten, K., & Tengah, J. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran TGT Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 SDN 1 Karangduren Tahun Ajaran 2023/2024. 86–103. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.942

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Fitria, A., Nurlaela, E., & Prajabatan. (2023). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928

Kamila, N., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 8(2), 1514–1553.

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-analisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30.

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082.

Made Ardika Yasa, I., Wayan Suastra, I., & Bagus Putu Arnyana, I. (2023). Memperkuat Pemahaman Tri Hita Karana Melalui Upacara Ngaturang Cicipan: Perspektif Etnopedagogik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6.

Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis evaluasi formatif pada materi kewajiban, hak dan tanggung jawab pelajaran PKN kelas V SDN Salembaran III. Pandawa, 2(2), 255–269.

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66.

Muliantara, I. K. (2022). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berorientasi Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS.

Nurohmah, W., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1045–1049.

PISA. (2018). Assessment and Analytical Framework. OECD.

Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relavansi kurikulum dan pembelajaran dalam pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108–118.

Ramadhan, F. E., Hasanah, U., Sulianti, A., Studi, P., Pncasila, P., Kewarganegaraan, D., Ilmu, F., & Dan, K. (n.d.). Peran Guru PPKn Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa MTs Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo. In Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling (Vol. 2, Issue 1).

Ridwan, I., & Ulwiyah, I. (2020). Sejarah dan Kontribusi Majlis Ta’lim Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ), 6(1), 17–42.

Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48–58.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Yasa, I. M. A., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2023). Memperkuat Pemahaman Tri Hita Karana Melalui Upacara Ngaturang Cicipan: Perspektif Etnopedagogik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 730–744.

Yudaparmita, G. N. A., Kanca, I. N., Sudiana, I. K., & Dharmadi, M. A. (2023). Hybrid Learning on Pencak Silat Sport in Higher Education: Students’ Perception and Issues. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(1), 9–22.

Qotimah, C., & Haryati, D. T. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan TGT Dalam Pembelajaran PPKN Kelas VIII di SMPN 2 Plantungan Kabupaten Kendal. In Jurnal Spirit Edukasia (Vol. 03, Issue 01).

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Ardiana, I. P. A. S., Primayana, K. H., & Ardiawan, I. K. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1743

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.