Di Antara Mimpi dan Aksi: Langkah Nyata Generasi Muda dalam Dinamika Pembangunan Sosial Berkelanjutan

Authors

  • Syahara Septia Mulia Universitas Negeri Padang
  • Ririn Fadhila Universitas Negeri Padang
  • Keysha Afifatu Zahida Universitas Negeri Padang
  • Tiok Wijanarko Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1650

Keywords:

pemuda, pemberdayaan, pembangunan berkelanjutan, partisipasi, kebijakan inklusif, pendidikan kritis, kolaborasi multisektor, modal sosial

Abstract

Sangat penting bagi generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan masa depan. Namun, potensi mereka tidak akan berkembang secara optimal tanpa kombinasi tindakan nyata dan idealisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran strategis yang dimainkan oleh pemuda dalam pembangunan sosial yang berkelanjutan. Selain itu, ia menekankan betapa pentingnya mendapatkan pemberdayaan yang menyeluruh agar mereka dapat mengatasi kendala struktural yang menghalangi mereka untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial. Studi ini didasarkan pada tinjauan literatur, analisis studi kasus, dan pemanfaatan teori pendidikan pembebasan Paulo Freire dan modal sosial Robert Putnam. Pendekatan kualitatif deskriptif juga digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa strategi pemberdayaan pemuda adalah pendidikan kritis, pemanfaatan teknologi, pendekatan partisipatif, dan kolaborasi multisektor. Strategi-strategi ini dapat meningkatkan kapasitas dan keberdayaan mereka dalam menghadapi tantangan sosial. Menurut studi kasus seperti Kopernik Youth Lab, Ecofunpreneur, dan Forum Pemuda Peduli Kebijakan, pemuda dapat mengubah ide menjadi kenyataan jika mereka memiliki akses ke sumber daya, ruang untuk berpartisipasi, dan dukungan lintas sektor. Oleh karena itu, jika ingin memiliki dampak transformatif, upaya dan aspirasi pemuda harus dimasukkan ke dalam desain kebijakan publik yang inklusif dan partisipatif, dan harus disertai dengan mekanisme implementatif yang nyata. Oleh karena itu, pemberdayaan pemuda lebih dari sekedar rencana pembangunan; itu adalah dasar yang dirancang secara strategis untuk masa depan yang berkelanjutan.

References

Adeosun, O. T., & Popogbe, O. O. (2021). Human capital flight and output growth nexus: evidence from Nigeria. Review of Economics and Political Science, 6(3), 206–222. https://doi.org/10.1108/REPS-07-2020-0088

Afriansyah. (2023). Pengertian dan Konsep Pemberdayaan Masyarakat. In Pemberdayaan Masyarakat.

Alviorita, R., & Putri, N. E. (2021). IMPLIKASI PEMBANGUNAN LOKASI WISATA BUKIK CINANGKIAK BAGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN SOLOK (Studi Keberlanjutan Aspek Lingkungan pada Pembangunan Pariwisata). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1176–1182. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2506

Alwi, U., Badwi, A., & Baharuddin, B. (2021). Peran Pendidikan Sebagai Transformasi Sosial dan Budaya. Jurnal Al-Qiyam, 2(2), 188–194. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i2.176

Anto, R. P., Harahap, T. K., Sastrini, Y. E., & ... (2023). Perempuan, Masyarakat, Dan Budaya Patriarki. In Penerbit Tahta ….

Azizah, N., Trisiana, A., & Yulianto, A. (2024). Peran Dinamis Generasi Muda Dalam Mendorong Partisipasi Politik di Indonesia. 07(02), 90–106. https://doi.org/10.32699/resolusi.v7i2.8239

Bloom, D. E., Canning, D., & Sevilla, J. (2003). The Demographic.

Fransisca, V. J., Pratoyo, S. I., & Jati, F. L. (2024). Peningkatan Potensi dan Peran Aktif Generasi Muda dalam Organisasi Remaja Masjid terhadap Kesejahteraan Sosial di Desa Putat Lor. Indonesian Journal of Social Development, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/jsd.v1i4.2669

Muhammadiah, M., Tamam, M. B., Wijanarko, T., Mahendika, D., Mas’ud, I. A., Yufrinalis, M., & Setiadi, B. (2023). Memberdayakan Pemuda untuk Masa Depan yang Lebih Cerah: Memberikan Pendidikan, Bimbingan, Peluang Kerja, dan Dukungan Kesehatan Mental. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 354–363. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.375

Muqsith, M. A. (2019). Pemuda, Globalisasi dan Perubahan Sosial. ’Adalah, 3(4), 19–25. https://doi.org/10.15408/adalah.v3i4.17925

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.

Panggabean, M. (2022). Bonus Demografi Dan Capaian Indikator Pembangunan Sosial. Prosiding Seminar Nasional Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 5, 180–192.

Penebangan, A., Secara, H., Di, L., Distrik, W., & Kabupaten, S. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif. 5, 105–117.

Progresif, J. H., Xi, V., & Fransisco, W. (2017). Jurnal Hukum Progresif: Volume XI /No.1/Juni 2017 Wawan Fransisco: Pancasila …. XI(1), 1828–1837.

Putra, A., Hakim, N., Sabela, S., Tsaqib, M. F., & Wardani, A. (2024). Partisipasi Gen Z dalam Konteks Dinamika Pembangunan di Indonesia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 8(1), 21–29.

Putri, S. A., Rahmawati, S., & Zulkarnain, A. I. (2025). Penerapan Moderasi Beragama melalui Kegiatan Interfaith dalam Dialog di Kalangan Siswa SMP. 5(2), 335–349.

Rahmawati, F. D., Hanita, M., & Iskandar, A. (2023). Ketahanan Sosial Masyarakat di Kawasan Rawan Narkotika: Studi Kasus di Kampung Muara Bahari Tanjung Priok Jakarta Utara. Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional, 4(1), 7. https://doi.org/10.7454/jkskn.v4i1.10046

Sari, I., Putri, R. A., Gunawan, D., Riyadi, S. F., Kustiawan, K., & Swastiwi, A. W. (2023). Handling People Smuggling Crimes in Border Areas: Batam City Case Study. BIO Web of Conferences, 70, 1–13. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237004003

Siti febrianti, Farin Nur Azizah, & Depict Pristine Adi. (2020). Sengketa Batas Wilayah Indonesia Dan Malaysia Studi Kasus Pulau Sebatik Dalam Perspektif Hukum Tata Negara. Jurnal Al-Ahkam: Jurnal Hukum Pidana Islam, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.47435/al-ahkam.v2i2.332

Suntara, R. A. (2022). Penguatan Karakter Peduli Sosial Generasi Muda Melalui Komunitas Pegiat Sosial Dan Pendidikan. Jipis, 31(2), 97–106. https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3225

Syafar, M. (2017). Modal Sosial Dalam Pembangunan Sosial. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 9, 1–10.

Wirawan, V. (2022). Pancasila Sebagai Sumber Tertib Hukum Tertinggi (Suatu Kajian Filsafat): Pemahaman Bagi Mahasiswa UNJAYA, UNIMUGO dan UMK. Abdi Masyarakat, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.58258/abdi.v4i1.3557

Alon-Barkat, S., & Busuioc, M. (2022). Human–algorithm collaborations in public sector decision-making: “Automation bias” and “human bias”. Journal of Public Administration Research and Theory, 32(1), 102–117. https://doi.org/10.1093/jopart/muab032

Bakker, T. P., & de Vreese, C. H. (2021). Political engagement and social media use during elections: A comparative analysis of young voters in 10 countries. Information, Communication & Society, 24(7), 1017–1034. https://doi.org/10.1080/1369118X.2020.1732310

Donk, M., & van Hulst, M. (2023). Youth participation as co-creation: A case study of participatory urban planning. Local Government Studies, 49(2), 215–232. https://doi.org/10.1080/03003930.2021.1971765

Ferrer-Fons, M., & Fraile, M. (2020). Young people’s unequal political participation: The impact of resources and civic norms. Acta Politica, 55(3), 387–409. https://doi.org/10.1057/s41269-019-00112-0

Kim, J., & Hodges, H. (2020). The role of social media in youth civic participation: A content analysis of #MarchForOurLives. International Journal of Communication, 14, 3404–3426. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/12584

Lee, M., Park, H. W., & Kim, J. (2021). Platform governance, youth activism, and digital civil society. Telecommunications Policy, 45(6), 102165. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2021.102165

Nilsen, A. G., & Sørensen, S. H. (2023). Youth, activism, and the everyday politics of prefigurative social movements. Social Movement Studies, 22(1), 98–116. https://doi.org/10.1080/14742837.2021.1929007

O’Brien, K. R., & Selboe, E. (2021). The role of youth in driving climate action: Ethical and political challenges. Nature Climate Change, 11, 581–583. https://doi.org/10.1038/s41558-021-01061-6

Roose, J., & Kühne, J. (2020). Civic education for political participation: A systematic review of effects. Educational Research Review, 29, 100313. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100313

West, S. E., & Pateman, R. M. (2022). Youth-inclusive co-production in environmental policy and research: A framework for practice. Environmental Science & Policy, 132, 110–121. https://doi.org/10.1016/j.envsci.2022.03.009

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Mulia, S. S., Fadhila, R., Zahida, K. A., & Wijanarko, T. (2025). Di Antara Mimpi dan Aksi: Langkah Nyata Generasi Muda dalam Dinamika Pembangunan Sosial Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1650

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.