Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Cara Penanganan Guru kepada Anak Berkebutuhan Khusus serta Kebijakan Kepala Sekolah

Authors

  • Muhammad Bintang Hafiansyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr, Hamka
  • Yurika Gustiyani Rasyidina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr, Hamka

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1142

Keywords:

Perkembangan Anak, Perilaku Keterampilan, Kognitif dan Motorik Anak

Abstract

Identifikasi murid anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan langkah awal yang penting dalam memastikan penyediaan pendidikan yang tepat dan inklusif. Proses identifikasi melibatkan pengamatan terhadap berbagai karakteristik fisik, kognitif, emosional, serta sosial yang berbeda dari anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi murid ABK di sekolah inklusif melalui pendekatan multidimensional, yang meliputi evaluasi psikologis, observasi langsung, dan wawancara dengan guru serta orang tua. Hasil identifikasi ini dapat membantu pendidik merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan individual siswa ABK, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah, keluarga, dan tenaga profesional dalam mendukung perkembangan dan kesejahteraan murid ABK. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang ciri-ciri dan kebutuhan murid ABK, diharapkan pendidikan dapat lebih merata dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua siswa untuk berkembang

References

Abdullah, Nandiyah. 2013. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus.” Magistra 25 (86): 1–10.

Afifiani, Yessi Yustia, Difa’ul Husna, Rizki Nur Habib Saputra, Desta Restu Puspitasari, and Fatonatul Khasanah. 2023. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara.” Anwarul 3 (1): 143–51. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.873. DOI: https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.873

Anak, Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial. 2008. “Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia.” Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Anak, Sosial, Autis Di, and S D N Kunciran. 2021. “PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI” 1: 196–203. DOI: https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.71

Anidar, Jum. 2014. “Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jum,” 12–28. Astini, Putu Susy Natha, Dewa Ayu Surinati, and Ni Nyoman Hartati. 2018. “Pengaruh

Gerakan Senam Otak Terhadap Perkembangan Sosial Anak ADHD Di Sekolah Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Gema Keperawatan 11 (2): 134–40.

Charismana, Dian Satria, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro. 2022. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 9 (2): 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333. DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Daulay, Nur Afifa, Tria Mayanjani, Sahri Wulandari, and Nefi Darmayanti. 2023. “Pentingnya Mengenali Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Laras.” Journal Of Social Science Research 3 (3): 3652–58.

Di, Khusus, Sdlbn Amuntai, Stiq Amuntai, and Kalimantan Selatan. n.d. “PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN Abstrak

PENDAHULUAN Peran Mencerminkan Posisi Seseorang Dalam Sistem Sosial , Begitu Pula Dengan Sosok Guru . Guru Merupakan Unsur Manusiawi Dalam Pendidikan , Sebagai Pelaku Utama Ia Harus Memikirkan,” 3–10.

Haryono, Gusti Nono. 2013. “Studi Evaluasi Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Kabupaten Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (1): 1–18.

Lalak Muslimin, Luk Luk Yata, and Muqowim Muqowim. 2021. “Peran Kepala Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7 (3): 708. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3468. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3468

Nurfadhillah, Septy, Eva Nur Syariah, Mia Mahromiyati, Silvi Nurkamilah, Tia Anggestin, Raja Ashabul Humayah Manjaya, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota.” BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains 3 (3): 459–65. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Phangesti, Dwinanda Suluh, and Suwadi. 2023. “Kebijakan Dan Kepemimpinan Transformatif Di Madrasah Terhadap Isu Pendidikan Inklusif.” Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4): 1599–1608. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.640.

Pradnyaswari, Anak Agung Ayumas, Dewi Retno Suminar, and Adijanti Marheni. 2022. “Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Terkait Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Guru TK Inklusi ‘X’ Denpasar.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 11 (3): 479. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.8318. DOI: https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.8318

Romadhon, Muhamad, Arita Marini, and Mohamad Syarif Sumantri. 2021. “Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 4 (1): 109–15. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085

Sembung, Misyela Prisilia, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, and Harol Reflie Lumapow. 2023. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” Cakrawala Repositori IMWI 6 (4): 613–21. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384. DOI: https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384

Sulistyo Nugroho, Wisnu, and Minsih. 2021. “Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi Melalui Program Identifikasi Dan Asesmen.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 2 (1): 111–17. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.414. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.414

Syah Roni Amanullah, Akhmad. 2022. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme.” Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 7–12.

Taufan, Johandri, and Fachri Mazhud. 2016. “Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi.” Jurnal Penelitian Pendidikan 14 (1). https://doi.org/10.17509/jpp.v14i1.3213. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v14i1.3213

Thulabuna, Jurnal, Sekolah Tinggi, and Islam Al-mukmin Surakarta. 2020. “Evaluasi Strategi Komunikasi Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Pada Anak Adhd ( Attention Deficit Hyperactive Disorder) Di Lppa Ar Roja’ Surakarta” 2 (02): 205–23.

Vol, E-issn, Latif Syaipudin, and Ahmad Luthfi. 2024. “Jurnal Ilmiah Insan Mulia Peran Guru Dalam Aplikatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa” 1 (1): 27–33. DOI: https://doi.org/10.59923/jiim.v1i1.179

Wardah, Erika Yunia. 2019. “Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang.” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 2 (2): 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108. DOI: https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hafiansyah , M. B., & Rasyidina, Y. G. (2024). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Cara Penanganan Guru kepada Anak Berkebutuhan Khusus serta Kebijakan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1142

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)