Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas V Di SDN 04 Sintuk Toboh Gadang

Authors

  • Silvia Ramadhani Universitas Negeri Padang
  • Ari Suriani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1663

Keywords:

Keterampilan Membaca, Kelas V, Penelitian Kualitatif, SDN 04 Sintuk Toboh Gadang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan membaca siswa kelas V di SDN 04 Sintuk Toboh Gadang dengan pendekatan kualitatif. Membaca adalah keterampilan dasar yang krusial dalam proses belajar dan perkembangan kognitif anak. Pendekatan kualitatif dipilih untuk mendalami kemampuan membaca serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya variasi dalam kemampuan membaca di antara siswa. Beberapa siswa mampu membaca dengan baik dan memahami isi teks, sementara yang lainnya mengalami kesulitan dalam mengenali kata, kelancaran dalam membaca, dan pemahaman bacaan. Berbagai faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca mencakup aspek kognitif, motivasi, metode pengajaran yang digunakan, dukungan dari lingkungan sekitar, serta kematangan emosional siswa. Penelitian ini menyarankan agar metode pengajaran yang digunakan menjadi lebih interaktif dan efisien, disertai dengan penyediaan fasilitas membaca yang memadai, serta mendorong keterlibatan aktif orang tua dalam mendukung kebiasaan membaca anak. Diharapkan, hasil dari penelitian ini bisa menjadi panduan bagi guru, sekolah, dan orang tua dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa secara efektif dan berkelanjutan

Author Biography

Silvia Ramadhani, Universitas Negeri Padang

082299779073

References

Alfina, Tahir, M., Hakim, M., & Husniati. (2025). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 1 Gelogor. Jurnal Ilmuah Profesi Pendidikan, 10(1), 331–331. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3118

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5576–5576. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2339–2339. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Chotimah, D. L. H. (2023). Mendorong Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar melalui Intervensi Fonik. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 295–295. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i1.6482

Edri Anggelina, S., Puspita, Y., & Mukminin Al-Anwari, A. (2022). PERKEMBANGAN MEMBACA DAN MENULIS PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1). http://smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids

Erniawati panesa+ Rusdiani Isti. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIG BOOK (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten).

Harbi, I., Fanirin, Moch. H., & Utami, D. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MINAT MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI ROROTAN 07 PAGI JAKARTA UTARA. Journal of Islamic Studies, 1(5), 563–570. https://doi.org/10.61341/jis/v1i5.045

Hulkin, M., Nugraheni, A. S., Suleman, Muh. A., & Karimah, V. H. (2025). Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning di SD Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 146–154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6212

Khairurrazikin+, & Yuliawati Fitri. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca pada Anak Kelas III Sekolah Dasar.

Kusno, Rasiman, & Untari, M. F. A. (2020). Analisis Kesulitas Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 434–434.

Lukmiatin, T., ZA, H. A., & Aisyah, N. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Diriku Subtema Tubuhku Kelas I MI Munada Sungai Nibung. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 14(1), 469–469.

Lutfatulatifah+, & Yulianto Slamet Wahyudi. (2017). Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini.

Masliyah, M., & Kurniawaty, L. (2023). Implementasi Kegiatan Membaca Nyaring dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 20(1), 55–69. https://doi.org/10.17509/edukids.v20i1.48020

Melisa, M., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2024). Analisis Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1039–1051. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.699

Mobilala, F. M., Faizin, M., & Kasri, M. A. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(3), 440–440.

Muliawanti, S. F., Amalia, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 861–861. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2605

Nugraha, S., Heryanti, Y. Y., & Abidin, Y. (2023). The factors that affect the understanding of reading in elementary school. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 920. https://doi.org/0.29210/1202322942

Rahmadhani, S. L., & Sholehuddin. (2024a). Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 1(1), 796–797.

Rahmadhani, S. L., & Sholehuddin. (2024b). Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca pada Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 1(1), 797–798.

Salsabillah, Ramadhani, I. S., & Dorahman, B. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN Kapuk 02 Cengkareng Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22256–22256.

Sampe, M., Koro, M., & Tunliu, E. V. (2023). Faktor-Fakto yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri Sakteo Kecamatan Mollo Tengah Kabupaten TTS. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 55–55.

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH (Vol. 01, Issue 02).

Sele, Y., Tekliu, R. A. A., Sila, V. U. R., & Hanoe, E. M. Y. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca dan Menulis Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 5–6.

Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., & Setiawan, D. (2021). Pelatihan Sains Kreatif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1854–1859. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.771

Widyastuti, A. (2018). ANALISIS TAHAPAN PERKEMBANGAN MEMBACA DAN STIMULASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. PAEDAGOGIA, 21(1), 31. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Silvia Ramadhani, & Ari Suriani. (2025). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas V Di SDN 04 Sintuk Toboh Gadang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1663

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.