Pengaruh Teknologi Terhadap Minat Baca, Tulis dan Implementasi pojok Baca di SDN 03 Batu Balang
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1660Keywords:
Teknologi, Membaca, Menulis, Pojok BacaAbstract
Studi ini bertujuan untuk menilai pengaruh teknologi terhadap keterampilan membaca dan menulis anak-anak di sekolah dasar, serta menilai penerapan sudut baca sebagai strategi untuk meningkatkan minat siswa terhadap literasi. Meski teknologi digital menawarkan akses mudah ke informasi dan pembelajaran interaktif, dampak negatif seperti kecanduan perangkat, kurangnya bimbingan dari orang tua dan guru, serta minimnya media pembelajaran yang menarik dapat menghambat perkembangan literasi. Namun, jika dimanfaatkan secara tepat melalui aplikasi pendidikan dan layanan konseling, teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar, seperti yang terlihat dalam penerapan sudut baca di SDN 03 Batu Balang yang berhasil membangkitkan minat siswa dalam membaca dan menulis dengan menyediakan buku-buku yang menarik, kegiatan rutin, dan pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, keseimbangan antara penggunaan teknologi dan metode tradisional, ditambah pengelolaan sudut baca yang efektif, adalah kunci untuk mendukung kemajuan literasi anak-anak secara optimal.
References
A’yun, R. W., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gadget terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Tingkat SD/MI. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 555–568. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-555-
Fitriani, A. R., Adhaprilliani, A., Andiska, I., Nabilla, E. R., Mukyi, A., Hanifah, A., Amru, J. C., Amilia, R., Arasid, M. I., Jl, A., Serang, R., No, K. M., & Jaya, K. C. (2024). Pengaruh Teknologi terhadap Minat Baca pada Anak-anak di Desa Citasuk ( Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Literasi Membaca pada Anak-anak di Desa Citasuk ) Universitas Bina Bangsa , Indonesia menjadi sesuatu yang lebih disukai oleh banyak orang . Ini karena. 4.
Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303
Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175
L.S Vygotsky, & Bakhtin, M. M. (1978). Mind in Society The Development. University of Texas Press Slavic Series, 1, 91. http://books.google.dk/books?id=JKZztxqdIpgC&printsec=frontcover&dq=the+dialogic+imagination:+four+essays&source=bl&ots=GFwdzuoVLp&sig=YCAadsMJ4mZSzxqdKKsxgcIWaYg&hl=da&ei=x3m8S6imBsGmOLjMlJII&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CAkQ6AEwAA#v=onepa
Nukman, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2024). Dampak Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Literature Review. JRPP:Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 284–289.
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Tarigan, M. (2024). Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory di SDN Pondok Cabe Ilir. 388–396.
Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361
Pribadi,Benny.2019.Media dan Teknologi dalam Pembelajaran.PRENADAMEDIA
GROUP.Jakarta
Rahman,dkk.2022.Model pembelajaran Oral Reading Fluency.Depok:Pt raja Grafindo Persada.
Rahim,Farida.2005.Pengajaran Membaca di Sekolah SD.Padang:KDT.
Kurniawan,Heru.2014.Pembelajaran Menulis Kreatif.purworkerto:PT Remaja Rosdakarya.
Yeni fetri,dkk.2018.penelitian Pendidikan. Jaka Umsida.2024.minimnya budaya literasi pada siswa di era digital,ini dampak negatif nya menurut riset.Available at:https://umsida.ac.id/5-dampak-negatif-darurat-budaya-literasi di akses tanggal 15 mei 2025brta:pernada media group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rayhana Nabila, Ari Suriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.