Pengaruh Teknologi Terhadap Minat Baca, Tulis dan Implementasi pojok Baca di SDN 03 Batu Balang

Authors

  • Rayhana Nabila Universitas Negeri Padang
  • Ari Suriani Universitas Negri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1660

Keywords:

Teknologi, Membaca, Menulis, Pojok Baca

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menilai pengaruh teknologi terhadap keterampilan membaca dan menulis anak-anak di sekolah dasar, serta menilai penerapan sudut baca sebagai strategi untuk meningkatkan minat siswa terhadap literasi. Meski teknologi digital menawarkan akses mudah ke informasi dan pembelajaran interaktif, dampak negatif seperti kecanduan perangkat, kurangnya bimbingan dari orang tua dan guru, serta minimnya media pembelajaran yang menarik dapat menghambat perkembangan literasi. Namun, jika dimanfaatkan secara tepat melalui aplikasi pendidikan dan layanan konseling, teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar, seperti yang terlihat dalam penerapan sudut baca di SDN 03 Batu Balang yang berhasil membangkitkan minat siswa dalam membaca dan menulis dengan menyediakan buku-buku yang menarik, kegiatan rutin, dan pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, keseimbangan antara penggunaan teknologi dan metode tradisional, ditambah pengelolaan sudut baca yang efektif, adalah kunci untuk mendukung kemajuan literasi anak-anak secara optimal.

References

A’yun, R. W., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gadget terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Tingkat SD/MI. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 555–568. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-555-

Fitriani, A. R., Adhaprilliani, A., Andiska, I., Nabilla, E. R., Mukyi, A., Hanifah, A., Amru, J. C., Amilia, R., Arasid, M. I., Jl, A., Serang, R., No, K. M., & Jaya, K. C. (2024). Pengaruh Teknologi terhadap Minat Baca pada Anak-anak di Desa Citasuk ( Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Literasi Membaca pada Anak-anak di Desa Citasuk ) Universitas Bina Bangsa , Indonesia menjadi sesuatu yang lebih disukai oleh banyak orang . Ini karena. 4.

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175

L.S Vygotsky, & Bakhtin, M. M. (1978). Mind in Society The Development. University of Texas Press Slavic Series, 1, 91. http://books.google.dk/books?id=JKZztxqdIpgC&printsec=frontcover&dq=the+dialogic+imagination:+four+essays&source=bl&ots=GFwdzuoVLp&sig=YCAadsMJ4mZSzxqdKKsxgcIWaYg&hl=da&ei=x3m8S6imBsGmOLjMlJII&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CAkQ6AEwAA#v=onepa

Nukman, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2024). Dampak Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Literature Review. JRPP:Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 284–289.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Tarigan, M. (2024). Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory di SDN Pondok Cabe Ilir. 388–396.

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361

Pribadi,Benny.2019.Media dan Teknologi dalam Pembelajaran.PRENADAMEDIA

GROUP.Jakarta

Rahman,dkk.2022.Model pembelajaran Oral Reading Fluency.Depok:Pt raja Grafindo Persada.

Rahim,Farida.2005.Pengajaran Membaca di Sekolah SD.Padang:KDT.

Kurniawan,Heru.2014.Pembelajaran Menulis Kreatif.purworkerto:PT Remaja Rosdakarya.

Yeni fetri,dkk.2018.penelitian Pendidikan. Jaka Umsida.2024.minimnya budaya literasi pada siswa di era digital,ini dampak negatif nya menurut riset.Available at:https://umsida.ac.id/5-dampak-negatif-darurat-budaya-literasi di akses tanggal 15 mei 2025brta:pernada media group.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Nabila, R., & Suriani, A. (2025). Pengaruh Teknologi Terhadap Minat Baca, Tulis dan Implementasi pojok Baca di SDN 03 Batu Balang . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1660

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.