Meningkatkan Efektivitas Manajemen Sekolah dalam Penerapan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.532Keywords:
Pendidikan Inklusif, Manajemen Sekolah, Sekolah DasarAbstract
Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Peningkatan efektivitas pendidikan inklusif di sekolah dasar memerlukan dukungan yang kuat dari manajemen sekolah. Melalui pelatihan guru, penyediaan fasilitas yang memadai, dan dukungan khusus bagi siswa, pendidikan inklusif dapat diimplementasikan dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, mengumpulkan data melalui pembacaan literatur atau sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu. Hasil menunjukkan bahwa peran manajemen sekolah sangat penting dalam mengatasi tantangan implementasi dan meningkatkan kualitas pendidikan inklusif. Kolaborasi yang baik antara berbagai pihak dapat membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan menciptakan masyarakat yang lebih inklusif.
References
Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis of online learning media on PJOK learning outcomes. Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(2). DOI: https://doi.org/10.47668/jrrei.v1i2.799
Agustin, I. (2017). Manajemen pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1). DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290
Avramidis, A., & Norwich, A. (2010). Teachers' attitudes towards integration/inclusion: A review of the literature. European Journal of Special Needs Education, 17(2). DOI: https://doi.org/10.1080/08856250210129056
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2).
Bahri, S. (2022). Manajemen pendidikan inklusi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis manajemen SDM dalam mengembangkan strategi pembelajaran di era new normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1). DOI: https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2
Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: Tanggapan terhadap tantangan kedepannya. *Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 237–242.
Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming and scanning technique: Is it effective for improving Indonesian students' reading comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3). DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.897
Garnida, D. (2015). Pengantar pendidikan inklusif. Bandung: Refika Aditama.
Herawati, N. I. (2021). Pendidikan inklusif: Dasar teori dan penerapan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Bandung: UPI Press.
Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., Kurniawati, K. L., & Fatmawan, A. R. (2023). Latihan drill: Apakah berpengaruh terhadap kemampuan bermain bola basket pada anak sekolah dasar? Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan, 3(1).
Hudain, M. A., Kamaruddin, I., Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Ariestika, E. (2023). Investigation of nutritional status, VO2max, agility, speed, and strength: A cross-sectional study in basketball athletes. Journal Sport Area, 8(2). DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2023.vol8(2).11724
Ikramullah, & Sirojuddin, A. (2021). Optimalisasi manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan inklusif: Konsep dan implementasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jauhari, A. (2017). Pendidikan inklusi sebagai alternatif solusi mengatasi permasalahan sosial anak penyandang disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kustawan, D. (2012). Pendidikan inklusi: Konsep, prinsip, dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Malkab, M., et al. (2015). The implementer disposition of teacher certification policy in Indonesia. Journal of Education and Practice, 8(5). DOI: https://doi.org/10.5539/ies.v8n5p54
Murniarti, E., & Anastasia, N. Z. (2016). Pendidikan inklusif di tingkat sekolah dasar: Konsep, implementasi, dan strategi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.33541/jdp.v9i1.134
Nurwan, T. W. (2019). Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di sekolah dasar. JESS (Journal of Education on Social Science), 3(2). DOI: https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176
Putri, A. F. S., & Harmanto, H. (2020). Manajemen pendidikan inklusi dalam penanaman karakter tanggung jawab pada mata pelajaran PPKn di SMP. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(1).
Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi literasi digital terhadap generasi Z dan merekontruksi moral menuju pendidikan berkualitas perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi kepustakaan mengenai landasan teori body image bagi perkembangan remaja. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2). DOI: https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019
Rusliyawati, R., Wantoro, A., Susanto, E. R., Fitratullah, M., Yulianti, T., & Sulistyawati, A. (2022). Program sekolah binaan: Pelatihan, pengembangan, dan peningkatan kompetensi public speaking dalam kepemimpinan pengurus OSIS dan pramuka. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2). DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2184
Sahli Lozano, C., Wüthrich, S., Büchi, J. S., & Sharma, U. (2022). The concerns about inclusive education scale: Dimensionality, factor structure, and development of a short-form version (CIES-SF). International Journal of Educational Research, 101913. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101913
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model pembelajaran kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1).
Sholawati, S. A. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan inklusi pada anak berkebutuhan khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.24
Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan pendidikan untuk semua: Studi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(2).
Sumarni. (2019). Pengelolaan pendidikan inklusif di madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(2). DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.631
Sumiyati. (2011). Inklusi PAUD bagi masa depan. Jogjakarta: Cakrawala Institute.
Sunardi, I., & Sunaryo, D. (2011). Manajemen pendidikan inklusif: Konsep, kebijakan, dan implementasinya. JASSI Anakku, 10(2).
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi kepala madrasah dalam membangun budaya religius peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101-110. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34
Triyono, A. (2019). Pendidikan karakter pada sistem boarding school. Jurnal Kependidikan, 7(2). DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tsabita Khansa Kinanthi, Dira Kusuma Wardani, Amalya Cantika Sarie, Arita Marini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.