Studi Pustaka tentang Peran Fasilitas Sekolah dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.531Keywords:
Fasilitas Sekolah, Prasarana Ruang Kelas, Keterlibatan SiswaAbstract
Fasilitas adalah sarana yang membantu guru, siswa, dan orang lain di sekolah mengakses atau memberikan informasi tentang pembelajaran secara bersamaan tanpa dibatasi oleh waktu atau lokasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, mengumpulkan data melalui pembacaan literatur atau sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu. Berdasarkan penelitian kepustakaan yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan termasuk pengelolaan kelas, memiliki peran penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Sarana dan prasarana yang memadai, seperti yang ditemukan dalam penelitian SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon, dapat meningkatkan kenyamanan dan prestasi siswa. Begitu juga dengan penelitian di SDN Kali Baru 1 Kota Bekasi, yang menunjukkan pengaruh positif manajemen sarana dan prasarana terhadap efektivitas proses belajar mengajar. Selain itu, pengelolaan kelas juga terbukti berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti yang disimpulkan dalam artikel terakhir. Dengan demikian, fasilitas sekolah yang baik dan pengelolaan yang efektif dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik di sekolah dasar.
References
Bafadal, I. (2009). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Brown, A. H., & Green, T. D. (2016). The essentials of instructional design: Connecting fundamental principles with process and practice. New York, NY: Routledge.
Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia. DOI: https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318
Daulay, S. H., Fitriani, S. F., & Ningsih, E. W. (2022). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap kemampuan dan motivasi belajar siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 3731-3738. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2553
Diki Somantri, Magdalena, Parameswara, M. C., & Husen Windayana. (2021). Peran pengelolaan kelas untuk meningkatkan efektivitas dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.217
Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dulloh, dkk. (2023). Pentingnya manajemen fasilitas pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Al-Mutaqqin, 4(2). DOI: https://doi.org/10.52005/bisnisman.v4i3.121
Ferny. (2023). Manajemen sekolah. Penerbit: Selat Media.
Hamalik, O. (2001). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Haynes, A. (2010). The complete guide to lesson planning and preparation. New York, NY: Continuum International Publishing Group.
Isman, A. (2011). Instructional design in education: New model. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136-142. Retrieved from http://tojet.net/articles/v10i1/10114.pdf
Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Muhroji. (2006). Manajemen pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.
Mustari, M. (2014). Manajemen pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Pujiati. (2019). Pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas proses belajar mengajar di SDN Kali Baru 1 Kota Bekasi. Jurnal Kompleksitas, 8(1). DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2960
Purnomo, A., et al. (2022). Pengantar model pembelajaran. Lombok Tengah: Yayasan Hamjah Diha.
Purwanto, M. N. (2007). Psikologi pendidikan remaja. Bandung: Rosdakarya.
Sanoto, H., & Pulungan, D. S. (2014). Pengembangan pembelajaran IPA SD. Semarang: Widya Sari Press.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 41-53. DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sopiatin, P. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suhartiwi, N. O. (2021). Implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam proses pendidikan di SD Al-Azhar 03 Cirebon.
Supardi. (2013). Sekolah efektif, konsep dasar dan praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Zed, M. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azahra Dila, Fitri Novianti Baihaqi, Syahla Habibah, Arita Marini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.