Evaluasi Autentik sebagai Strategi dalam Menanamkan Pemahaman Nilai-nilai Pancasila pada Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1679Keywords:
Evaluasi Autentik, Nilai-Nilai Pancasila, Siswa Sekolah Dasar, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan evaluasi autentik sebagai strategi dalam mewujudkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diimplikasikan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru kelas dan observasi langsung di SD N 4 Gedong Tataan. Subjek penelitian adalah Ibu Dewi sebagai guru kelas yang telah menerapkan evaluasi autentik dalam pembelajaran Pancasila. Hasil penelitian menyatakan bahwa evaluasi autentik berdampak positif dalam penanaman nilai-nilai Pancasila melalui penilaian kinerja, portofolio, dan penilaian proyek yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Implementasi evaluasi autentik memungkinkan siswa untuk mendemonstrasikan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan sehari-hari. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa evaluasi autentik efektif meningkatkan internalisasi nilai-nilai Pancasila pada siswa SD dengan tingkat keterlibatan siswa yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam
References
Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
Brookhart, S. M. (2018). How to create and use rubrics for formative assessment and grading. ASCD.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Dewi, R. S., & Aman, A. (2021). Evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 78–95.
Hwang, W. Y. (2023). Augmented Reality With Authentic GeometryGo App to Help Geometry Learning and Assessments. IEEE Transactions on Learning Technologies, 16(5), 769–779. https://doi.org/10.1109/TLT.2023.3251398
Kemendikbud. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kunandar. (2020). Penilaian autentik: Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Raja Grafindo Persada.
Michalsky, T. (2021). Preservice and Inservice Teachers' Noticing of Explicit Instruction for Self-Regulated Learning Strategies. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.630197
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Mueller, J. (2019). Authentic assessment primer. North Central Regional Educational Laboratory.
Nurhasanah, S., & Sari, R. P. (2019). Implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 145–160.
Pan, H. L. W. (2023). Examining the Impact of Teacher Learning Communities on Self-Efficacy and Professional Learning: An Application of the Theory-Driven Evaluation. Sustainability Switzerland, 15(6). https://doi.org/10.3390/su15064771
Piaget, J. (1977). The development of thought: Equilibration of cognitive structures. Viking Press.
Prasetyo, H. (2020). Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 89–104.
Sartono, B. (2020). Efektivitas penilaian autentik terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 23–38.
Southgate, E. (2022). School students creating a virtual reality learning resource for children. Proceedings 2022 IEEE Conference on Virtual Reality and 3D User Interfaces Abstracts and Workshops (VRW 2022), 261–266. https://doi.org/10.1109/VRW55335.2022.00060
Steilen, K. (2023). “There wasn’t a guidebook for this”: caring leadership during crisis. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1183134
Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Suryani, L., & Haryono, S. (2020). Pembelajaran nilai-nilai Pancasila di era digital: Tantangan dan peluang. Jurnal Civic Education, 4(1), 67–82.
Wibowo, A. P. (2018). Pengaruh penilaian autentik terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jurnal Sekolah Dasar, 27(1), 56–71.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfi Khadiyah, Sri Suci Kawandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.