Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Pptx terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV Gugus I Kecamatan Buleleng

Authors

  • Luh Widiani Widiani STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Komang Wahyu Wiguna STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Kadek Hengki Primayana STAHN Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1682

Keywords:

Kooperatif Tipe NHT, PPTX, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan mendapatkan data terkait pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dipadukan presentasi PowerPoint (PPTX) terhadap pengetahuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus I Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel secara acak, penelitian ini dilaksanakan dengan membedakan dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol, kelompok eksperimen diajarkan dengan metode NHT yang didukung presentasi multimedia, dan kelompok kontrol menerapkan metode konvensional atau tradisional. Tujuannya yakni, membandingkan efektivitas kedua pendekatan tersebut terhadap pemahaman konseptual matematika siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman matematis yang lebih baik yang berbanding terbalik dengan kelompok kontrol yang lebih rendah. Hal ini menjadi penanda pengintegrasian strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan presentasi PPTX mampu mewujudkan lingkungan belajar yang lebih menarik dan relevan, sehingga membantu siswa lebih memahami konsep matematika. Capaian dari penelitian ini menekankan pentingnya penerapan pendekatan yang kolaboratif kemudian dipadukan dengan perangkat multimedia pada pendidikan dasar. Pendekatan seperti ini tidak hanya berpengaruh pada hasil berupa partisipasi saja, akan tetapi terhadap penafsiran konseptual siswa juga lebih mendalam dibandingkan sebelumnya, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi akademik matematika. Secara keseluruhan, penelitian ini mendukung gagasan bahwa teknik pengajaran inovatif, terutama yang meningkatkan interaksi dan menggunakan perangkat digital, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pelajar muda dalam menguasai mata pelajaran yang menantang seperti matematika.

References

Abdillah, C. (2018). Penerapan Model NHT Berbantuan Powerpoint Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Perencanaan Pengajaran Pada Mahasiswa Kelas 02piem001 Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 4(1), 1–23.

Aminah, S., Taqiyyah, F., Nakhlah, R. M., Puryati, L. K., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5831

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, 15. https://www.researchgate.net/publication/328600462_Modul_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas

Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). (2016). Muatan Kurikulum 2013.

Barutu Anwar, Rahimah Dewi, & Herawty Dewi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 2581–253.

Dewi, N. K. S., Dewi, N. P. C. P., & Ardiawan, I. K. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) Berbantuan Permainan Dengkleng Terhadap Motivasi Belajar Ipas Siswa. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 3(1), 21–31.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588

Farhan. (2022). Metode Penelitian. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 8.5.2017).

Fatikasari, A. H., Purwandari, S., & Triana, P. M. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1544–1554. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2964

Fitriana, A. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Dan Informasi Dalam Proses Pembelajaran PPKN. Penyuluhan Hukum Di Era Digital, 1, 135.

Hardianti, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas iii SDN 2 Adijaya.

Harta, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di Sman 7 Kota Bengkulu. Jurnal Bioeduscientific, 2(1). https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1478

Huda, N., Amanda, T., Tahir, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02).

Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780

Lidia, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together Dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Insipirasi: Jurnal Ilmi-Ilmu Sosial, 15(2), 15–32.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Nasution, E. Y. P., Fitrianti, A., & Erita, S. (2021). Analisis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 125–137.

Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Risna Yunisa, A., Kurniati, T., & Ukit. (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel. Jurnal Syntax Fusion, 4(02), 34–42. https://doi.org/10.54543/fusion.v4i02.398

Salmaa. (2023). Kajian Pustaka: Pengertian, Jenis, Cara Menulis, dan Contoh Lengkap. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/kajian-pustaka/

Thabroni, G. (2021). Model Pembelajaran NHT (Tipe Kooperatif Numbered Head Together). Serupa.Id. https://serupa.id/model-pembelajaran-nht/

Wicaksana, A. (2016). Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dilengkapi Macromedia Flash Dan Handout Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas Xi Di Sman 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Https://Medium.Com/, 8–42. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yogantara, P., Adi, I. P., & Satyawan, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33889

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Widiani, L. W., Wiguna, I. K. W., & Primayana, K. H. (2025). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Pptx terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1682

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.