Penggunaan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Alat Indra Pada Manusia di Kelas IV MI Al-Barokah Tanggul

Authors

  • Andini Putri Nabila Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Nurul Arofah S. M Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Nurul Hidayatullah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1574

Keywords:

Power Point, Animasi, Alat Indra

Abstract

Studi ini dilakukan di Desa Manggisan, Kabupaten Jember. Dalam rise ini, peneliti bertujuan mengetahui bagaimana strategi pembelajaran kooperatif diterapkan dalam mata pelajaran IPA alat panca indra manusia di kelas IV MI Al-Barokah.  Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan data yang lebih jelas dan lengkap. Wawancara, dokumentasi, juga observasi adalah teknik pengumpulan datanya. Di kelas IV SD/MI, strategi pembelajaran kooperatif dan materi alat panca indra dapat meningkatkan pemahaman siswa daripada dengan metode ceramah saja. Oleh karena itu, materi dan strategi ini sangat sesuai untuk digabungkan. Hasilnya, sekitar 90% mampu menyebutkan fungsi dasar kelima alat indera. Namun, pemahaman mereka masih lemah dan belum mampu mengungkap kompleksitas peran masing-masing komponen alat indera dalam menjalankan fungsinya. Siswa juga kesulitan membedakan antara fungsi utama dan fungsi khusus alat indera, dan mereka juga kesulitan membentuk alat indera dengan proses sensorik yang lebih lanjut.

References

Angrosino, M. V. (2023). Doing Ethnographic And Observational Research. SAGE Publications.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizi, N. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Aplikasi Lectora Inspire 17 Materi IPA Alat Indera Manusia SD/MI. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 12-17.

Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic analysis: A practical guide. SAGE Publications.

Brinkmann, S. (2023). Qualitative interviewing (3rd ed.). Oxford University Press.

Fauzi, A., & Khairudin, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality pada materi sistem indra manusia untuk siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 35-44.

Flick, U. (2023). An introduction to qualitative research (7th ed.). SAGE Publications.

Irvine, A., Ayres, P., & Ponton, M. (2023). Understanding interviews in social science research. SAGE Publications.

Kawulich, B. B. (2022). Participant observation. In C. N. Pope & N. S. Mays (Eds.), Qualitative research in health (pp. 187-204). Wiley-Blackwell.

Ma, Q. (2021). The Power of Points for Modeling Humans in Clothing. Proceedings of the IEEE International Conference on Computer Vision, 10954-10964, ISSN 1550-5499, https://doi.org/10.1109/ICCV48922.2021.01079

Marfilinda, R. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Materi Panca Indera Manusia Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Kelas Iv Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN 29 Koto Panjang, Vol. 12, No. 1, Tahun 2022), 69-71.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2021). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods,1 20, 1-13.

Romadhani, A. S. (2025). Sistem Indera pada Manusia Ketertarikan Antara Gangguan pada Sistem Indera dan Kesehatan Manusia. Jurnal ilmiah Mahasiswa. Vol. 3 No. 2, 2025, 3-5

Setiawan, R. (2022). Mata dan Fungsinya: Petualangan Melihat Dunia. Kreatif Anak, Vol. 3, (No. 10), hlm. 15-18.

Siregar, I. Y. (2021). Fungsi Sistem Indera Manusia Perspektif Sains Terintegrasi Al-Qur'an dan Hadits. Journal Of Islamic Education. Vol. 6 No. 2 November 2021, 212-220.

Siregar, I. Y., Tanjung, I. F., & Maysarah, S. (2021). Fungsi sistem indera manusia perspektif sains terintegrasi Al-Qur’an dan Hadits. JIE (Journal of Islamic Education), 6(2), 208-222.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, A. (2021). Ensiklopedia Tubuh Manusia untuk Anak Hebat: Mengenal Lebih Dekat Organ Tubuh Kita. Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

Wanah, N., Pramita, A. A., & Prayogo, M. S. (2023). Penerapan Strategi Cooperatif Learning Mata Pelajaran Ipa Materi Alat Panca Indera Manusia Kelas Iv Di Sdn Jatisari 02. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. 13(1), 124-129.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Nabila, A., Prayogo, M., S. M, N., & Hidayatullah, N. (2025). Penggunaan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Alat Indra Pada Manusia di Kelas IV MI Al-Barokah Tanggul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 6. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1574

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.