Analisis Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sdk Mataia

Authors

  • Maria Magdalena Dhera Lena Magda STKIP Citra Bakti Ngada
  • Melkior Wewe STKIP Citra Bakti Ngada
  • Edeltrudis Ti'a STKIP Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.803

Keywords:

Discovery, Learning, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar khususnya di SDK Mataia. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian diperoleh bahwa guru di SDK Mataia memanfaatkan dan menerapkan enam langkah model pembelajaran discovery learning dalam matematika, termasuk stimulasi, rumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan informasi, verifikasi, dan pembuatan kesimpulan. Penerapan model pembelajaran discovery learning ditemukan membawa perubahan pada siswa dan guru mampu mengatasi tantangan yang muncul. Model pembelajaran discovery learning menawarkan manfaat bagi sekolah, guru, dan siswa. Misalnya, mendorong siswa untuk secara aktif terlibat dalam berpikir kritis baik secara individu maupun kelompok. Hal ini juga membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan mendorong siswa untuk belajar baik secara individu maupun kelompok, serta percaya diri dalam mengemukakan pendapat

References

Anggraeni,A., Bintoro, H. S., Purwaningrum, J. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 82-88. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.4646

Elbadawi, M., Gaisvord, S., & Basid, A. W. (2021). Advanced Machine-Learning Techniquues In Drug Discovery. Drug Dicovery Today, 26(3), 769-777. DOI: https://doi.org/10.1016/j.drudis.2020.12.003

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64-73. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Jaenab, S., & Fasha, L. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Keadaan Cuaca Tema 5 Di Kelas III SD. Collase (Kreative Of Learning Students Elementary Education), 4(6), 852-857. DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.5640

Kemendikbud, (2013). Modul kurikulum 2013. Jakarta: kementrian Pendidikan dan kebudayaan

Kim, J., Park, S., Min, D., & Kim, W. (2021). Comprehen Sive Survey Of Recent Drug Discovery Using Deep Learning. International Journal Of Molecular Sciences, 22(18), 9983. DOI: https://doi.org/10.3390/ijms22189983

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90-98.

Kumar, R., & Saha, P. (2022). A Review On Aktivicial Intelligence And Machine Learning To Improve Cancer Management And Drug Discovery. Internationnal Journal For Research In Applied Scinces And Biotechnologi, 9(3), 149-156.

Lestari, endang titik. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Lexy, J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maskuri, M. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 2 Nusamangir. In PROSIDIDNG SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2019.

Meliyanti, Nahdi, D. S., Yonanda, D. A. (2018). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementary Edukasi, 2(1), 196-204. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v1i2.1511

Nahdi, D. S. & Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan Prangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 9-16. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119

Nelvianti,N., Indra, W., Anas, R., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 168-173. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18797

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2181-2188. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.552

Pujiati, Wirdani, H., Fauzia, S.N. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Siklus Air. Jurnal Tunas Nusantara, 3(2), 387-394.

Purnasari, P. D., & Sadewo , Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Erpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8-13. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Rita, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Menggunakan Gallery Exhibition Project Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Topik Report Text. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 2(1), 96-120. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.397

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok PT Rajagrafindo Persada.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta:Deepublish.

Sanjaya, Syaiful. (2021). Penelitian Pendidikan. Pendamedia Group.

Sekarsari, F, D, F, F., Wicaksono, A, G., Sarfuddin. (2023). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal Of Educational Learning and Innovation, 3(1), 213-22 DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.648

Setiyani, Y. (2019). Manajemen Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan 1(1).

Sugiono. (2019). Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana prenadamedia group.

Wicaksono, A. (2022). Potensi Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Basicedu Vol, 6(1). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2229

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Yang Menyenangkan. Taman Cendakia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52-59. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Yadi, H. V., Nirwana. H. (2023). Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 234-245.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Lena Magda, M. M. D., Melkior Wewe, & Edeltrudis Ti’a. (2024). Analisis Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sdk Mataia . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.803

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.