Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Putu Eka Apriani STAH N Mpu Kuturan Singaraja
  • I Made Ariasa Giri STAH N Mpu Kuturan Singaraja
  • Kadek Hengki Primayana STAH N Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1705

Keywords:

Pop Up Book, Pendekatan Kontekstual, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran konkret dalam wujud buku pop-up yang mengusung pendekatan kontekstual pada materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas V SD. Media ini dirancang agar memiliki tingkat validitas dan kepraktisan yang tinggi dalam penerapannya di kelas. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap: (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Model ini dipilih karena menyediakan kerangka kerja sistematis dalam proses pembuatan media pembelajaran, mulai dari desain awal hingga produk akhir berupa Pop-up Book. Teknik pengumpulan data Pengumpulan data dilakukan dengan menguji kuesioner kepada tiga pakar, yaitu pakar materi, pakar bahasa, dan pakar media. menilai validitas media. Hasil penilaian menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi dengan skor 0,93 (materi), 0,89 (bahasa), dan 0,81 (media). Selain itu, kepraktisan media diuji dengan dilibatkannya tiga guru kelas V yang memberikan nilai kepraktisan sebesar 98,67%, serta 30 siswa kelas V yang memberikan skor 95,06%. Berdasarkan temuan ini, media Pop-up Book dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan layak dipergunakan pada kegiatan pembelajaran IPAS untuk siswa SD kelas V

References

Aisyah, A., & Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Pembelajaran PPKn Materi Negeriku Indonesia Kelas IV SDN 102017 Sei Rampah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 19-30.

Alfian, M. A. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan Nusantara.

Alman, A., & Nugrahaeni, N. (2022). Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi …, 4(2), 149–155. https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/2662%0Ahttps://unimuda.ejournal.id /jurnalpendidikandasar/article/download/2662/1079 DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2662

Amalia Fitri Ghaniem, dkk. (2021). Buku IlmuPengetahuan Alam dan Sosial. Buku Ajar IPAS Kelas V. xii, 252 hlm,: 21 x 29,7 cm https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPAS-BS-KLS-V.pdf

Amalia Fitri Ghaniem, dkk. (2022). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Buku Ajar IPAS Kelas VI, x, 270 hlm,: 21 x 29,7 cm https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPAS-BG-KLS- VI.pdf

Andini, N., & Wati, T. L. Development of Pop-Up Book Media Based on Contextual Approach to Improve Mathematical Concepts Understanding of Elementary Students: Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD.

Anies, S. L., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.

Ardany, C., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPAS “Berkenalan dengan Bumi Kita” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Nor Rahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7993-8000. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4892 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4892

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261-268. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Dewanti, Handaruni (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo . Jurnal JKTP Volume 1, Nomor 3, September 2018

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pandangan teori konstruktivisme vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122. DOI: https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15-26. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86-92. DOI: https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119

Kamila, S. U., & Sukartono. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS materi Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, Volume 6, No. 4, Desember 2023, 1-4 https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/download/7610/4102/34360 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7610

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212-221.

Ningsih, R. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI. Skripsi, hlm 1-89 https://repository.radenintan.ac.id/9851/1/SKRIPSI%202.pdf

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-11. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Pambudi, D. I. (2019). Pengembangan media pop up book sebagai edukasi mitigasi bencana bagi siswa sekolah dasar. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 833-836.

Putri, K. Q., Pratjojo., & Wijayanti. A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 2. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Putri, R. R. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Kekayaan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan. https://eprints.uad.ac.id/77496/

Resta Gita Reres., & Kodri Safrul. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Vol. 09, No.1, hlm 162-167, 2023 https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/4189/2599/19890 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189

Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Salsabilah, A. M., Pranatama, B. W., Zahrotunnisa, & Tarsidi, D. Z. (2024). Media Pembelajaran Pop-Up Book: Membuat Pembelajaran PKN di SD Lebih Bermakna. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 9(2), 42–50. https://doi.org/10.9644/sindoro.v9i2.7748

Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34. https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.1810 l, 1(November 2019), 174–180. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.1810

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Apriani, P. E., Ariasa Giri, I. M., & Kadek Hengki Primayana. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1705

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.