Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Pringsewu Timur

Authors

  • Ahmad Rizki Saputra Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fera Yunida Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Hasriani Hasriani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Indah Febrianti Utami Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Soleha Soleha Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.287

Keywords:

Game Online, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar SDN 1 Pringsewu Timur. Motivasi belajar merupakansakah satu aspek yang fundamental dalam mendorong kegiatan belajar peserta didik. Motivasi dapat menjadi faktor utama dalam mendorong kegigihan dalam belajar. Motivasi pada pesserta didik dapat meningkat dan menurun sesuai dengan apa yang menjadi faktornya. Salah satu faktor dalam motivasi saat ini adalah dengan adannya gadget dan juga game online hal ini dapat menjadi dua faktor penurun motivasi belajar atau pendorong dlam motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu dengan cara deskriptif statistik. Hasil penelitian menujukkan bahwasannya game online berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 15,134 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,429 mengkonfirmasi bahwa adanya pengaruh antara game online dan motivasi belajar siswa.

References

A.S, H., & E., B. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (anas azwar (ed.)). CV Budi Utama.

Aginsha, N. P. (2022). Pengaruh Game Online dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa V Se-Gugus Kasihan Bantul. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.56393/melior.v1i1.127

Anwar, K., & Klimova, B. (2021). Game-based learning: Student motivation. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(18), 188–198. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i18.16072

Bosua, R., Joubert, T., & Mehrabi, M. (2021). Integrating self-determination and motivational interviewing principles with gameful course design to enhance motivation in health science education. Teaching and Learning in Communication Sciences & Disorders, 5(3). https://doi.org/10.30707/TLCSD5.3.1642498668.710068

Chandra, C., Leong, S. H., & Voon, C. L. (2019). Game-based learning motivational design as student motivation booster towards the motivation to read. Asian Journal of University Education (AJUE), 15(2), 69-82. https://doi.org/10.24191/ajue.v15i2.7743

Darmawan, I. K., & Wijaya, I. D. P. A. (2018). The effect of the strategy of game online to learning motivation. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 28 35. https://doi.org/10.24331/ijere.506135

Gunawan, W. (2019). Hubungan intensitas main game online dengan motivasi belajar pada peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 13-21. https://doi.org/10.12928/jpp.v18i1.12345

Huang, Y.-M., Hong, Z.-R., & Yang, Y.-T. (2023). Does digital game-based learning promote students’ motivation and performance? Evidence from learning analytics. Journal of Educational Computing Research, 61(1), 3–28. https://doi.org/10.1177/07356331221115121

Inayati, I.-G., Marethi, I.-U., & Triyanto, T. (2022). Motivational effect of online games application in teachinglearning process in the COVID-19 pandemic era. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 13(10), 1385–1392. https://doi.org/10.17762/turcomat.v13i10.565

Katadata Insight Center. (2022). Survei perilaku anak Indonesia dalam berinternet 2022. https://katadata.co.id/deasyaliya/digital/5d2ffa801c130/survei-perilaku-anak indonesia-dalam-berinternet-2022

Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance. New York, NY: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1250-3

Kurniawan, A. (2020). Dampak game online terhadap motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 13-19. https://doi.org/10.22437/jpp.v7i1.9759

Laheen, M., Shraim, N., & Czerniak, C. (2022). Impact of Kahoot game-based student response system on Palestinian students’ motivation and achievement in chemistry classrooms. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(4), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/11876

Lee, S. Y., Lundberg, M. E., Ng, S. Z. Y., Tan, D. C. T., & Goh, S. Y. (2022). Using engaging online games for learning: The effects of rewards and narrative feedback. Australasian Journal of Educational Technology, 38(2), 100-118. https://doi.org/10.14742/ajet.7792

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulu dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840

Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172 DOI: https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Nurlina. (2021). Pemanfaataan game edukasi online untuk meningkatkan motivasi belajar sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 28-32. https://doi.org/10.23971/jisd.v5i1.2902

Prasetyo, B. (2021). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori dan Praksis, 5(2), 102-112. https://doi.org/10.1234/ptp.v5i2.102 DOI: https://doi.org/10.17509/jtkp.v2i2.37503

Putri, N. I., Sabrina, S. I., Budiman, N., & Utami, W. T. P. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1), 51–60. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272

Riandani, T. (2020). Pengembangan game edukasi online sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 102–108. https://doi.org/10.12928/jtp.v8i2.3124

Sari, D.A.D. (2019). The influence of mobile games online on motivation to learn of students of class X. Jurnal Pendidikan Humaniora, 7(2), 51-56. https://doi.org/10.17977/jph.v7i2.10539

Storch, J., Monical, C., Boeding, J., & Burns, C. (2022). Cooperative quest-based digital gaming: Self-determination theory constructs, motivation, and performance. Learning Environments Research, 25, 25–50. https://doi.org/10.1007/s10984-021 09345-w

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Yang, Y., Chen, J., Li, Z., Li, Y., Song, C., Tang, H., Wu, Y., & Sun, H. (2022). Online gaming motivation scale for middle school students: development and validation. BMC Psychol 10, 125. https://doi.org/10.1186/s40359-022-00809-z

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Saputra, A. R., Yunida, F., Hasriani, H., Utami, I. F., & Soleha, S. (2024). Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Pringsewu Timur . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.287

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.