Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Pringsewu Timur
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.287Keywords:
Game Online, Motivasi Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar SDN 1 Pringsewu Timur. Motivasi belajar merupakansakah satu aspek yang fundamental dalam mendorong kegiatan belajar peserta didik. Motivasi dapat menjadi faktor utama dalam mendorong kegigihan dalam belajar. Motivasi pada pesserta didik dapat meningkat dan menurun sesuai dengan apa yang menjadi faktornya. Salah satu faktor dalam motivasi saat ini adalah dengan adannya gadget dan juga game online hal ini dapat menjadi dua faktor penurun motivasi belajar atau pendorong dlam motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara deskriptif statistik. Hasil penelitian menujukkan bahwasannya game online berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 15,134 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,429 mengkonfirmasi bahwa adanya pengaruh antara game online dan motivasi belajar siswa.
References
A.S, H., & E., B. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (anas azwar (ed.)). CV Budi Utama.
Aginsha, N. P. (2022). Pengaruh Game Online dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa V Se-Gugus Kasihan Bantul. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.56393/melior.v1i1.127
Anwar, K., & Klimova, B. (2021). Game-based learning: Student motivation. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(18), 188–198. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i18.16072
Bosua, R., Joubert, T., & Mehrabi, M. (2021). Integrating self-determination and motivational interviewing principles with gameful course design to enhance motivation in health science education. Teaching and Learning in Communication Sciences & Disorders, 5(3). https://doi.org/10.30707/TLCSD5.3.1642498668.710068
Chandra, C., Leong, S. H., & Voon, C. L. (2019). Game-based learning motivational design as student motivation booster towards the motivation to read. Asian Journal of University Education (AJUE), 15(2), 69-82. https://doi.org/10.24191/ajue.v15i2.7743
Darmawan, I. K., & Wijaya, I. D. P. A. (2018). The effect of the strategy of game online to learning motivation. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 28 35. https://doi.org/10.24331/ijere.506135
Gunawan, W. (2019). Hubungan intensitas main game online dengan motivasi belajar pada peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 13-21. https://doi.org/10.12928/jpp.v18i1.12345
Huang, Y.-M., Hong, Z.-R., & Yang, Y.-T. (2023). Does digital game-based learning promote students’ motivation and performance? Evidence from learning analytics. Journal of Educational Computing Research, 61(1), 3–28. https://doi.org/10.1177/07356331221115121
Inayati, I.-G., Marethi, I.-U., & Triyanto, T. (2022). Motivational effect of online games application in teachinglearning process in the COVID-19 pandemic era. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 13(10), 1385–1392. https://doi.org/10.17762/turcomat.v13i10.565
Katadata Insight Center. (2022). Survei perilaku anak Indonesia dalam berinternet 2022. https://katadata.co.id/deasyaliya/digital/5d2ffa801c130/survei-perilaku-anak indonesia-dalam-berinternet-2022
Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance. New York, NY: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1250-3
Kurniawan, A. (2020). Dampak game online terhadap motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 13-19. https://doi.org/10.22437/jpp.v7i1.9759
Laheen, M., Shraim, N., & Czerniak, C. (2022). Impact of Kahoot game-based student response system on Palestinian students’ motivation and achievement in chemistry classrooms. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(4), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/11876
Lee, S. Y., Lundberg, M. E., Ng, S. Z. Y., Tan, D. C. T., & Goh, S. Y. (2022). Using engaging online games for learning: The effects of rewards and narrative feedback. Australasian Journal of Educational Technology, 38(2), 100-118. https://doi.org/10.14742/ajet.7792
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulu dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840
Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172 DOI: https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Nurlina. (2021). Pemanfaataan game edukasi online untuk meningkatkan motivasi belajar sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 28-32. https://doi.org/10.23971/jisd.v5i1.2902
Prasetyo, B. (2021). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori dan Praksis, 5(2), 102-112. https://doi.org/10.1234/ptp.v5i2.102 DOI: https://doi.org/10.17509/jtkp.v2i2.37503
Putri, N. I., Sabrina, S. I., Budiman, N., & Utami, W. T. P. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1), 51–60. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272
Riandani, T. (2020). Pengembangan game edukasi online sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 102–108. https://doi.org/10.12928/jtp.v8i2.3124
Sari, D.A.D. (2019). The influence of mobile games online on motivation to learn of students of class X. Jurnal Pendidikan Humaniora, 7(2), 51-56. https://doi.org/10.17977/jph.v7i2.10539
Storch, J., Monical, C., Boeding, J., & Burns, C. (2022). Cooperative quest-based digital gaming: Self-determination theory constructs, motivation, and performance. Learning Environments Research, 25, 25–50. https://doi.org/10.1007/s10984-021 09345-w
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
Yang, Y., Chen, J., Li, Z., Li, Y., Song, C., Tang, H., Wu, Y., & Sun, H. (2022). Online gaming motivation scale for middle school students: development and validation. BMC Psychol 10, 125. https://doi.org/10.1186/s40359-022-00809-z
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Rizki Saputra, Fera Yunida, Hasriani Hasriani, Indah Febrianti Utami, Soleha Soleha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.