Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IV dengan Gangguan Disleksia di SDN Petungasri 1
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.418Keywords:
Kesulitan Membaca, Disleksia, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dengan gangguan disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat studi kasus pada siswa kelas IV dengan gangguan disleksia di SDN Petungasri 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes terkait kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa disleksia memiliki kesulitan dalam mengidentifikasi kata sukar maupun kata dasar, memaknai kata, memahami isi bacaan, dan kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Ketidakmampuan menguasai isi bacaan pada siswa dengan gangguan disleksia dikarenakan minat dan perhatian serta gangguan syaraf pusat yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca yang berdampak pada penugasan atau pemahaman kata dalam bacaan. Sehingga pendidik memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan.
References
Belajar, F. K., Min, S., & Cahyono, H. (2019). JDPP. 7(1), 1–4. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. doi: 10.31004/basicedu.v4i2.339 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Irdamurni, Kasiyatil, Zulmiyetri, & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru. Jurnal Pendidik. Kebutuhan Khusus, 2(II), 29–32. DOI: https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.516
Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa. 5(2), doi: 10.29303/jcar.v5i2.3175
Kusno, A., et al. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU Jurnal Pendidik. Ke-SD-an, 6(2), 432–439. doi: 10.30738/trihayu.v6i2.8054 DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054
Linting, H. (2020). Perancangan Fasilitas Terapi Anak Disleksia Dengan Pendekatan Terapi Remedial. Dr. Diss. Univ. Komput. Indones., 15–20.
Loeziana, L. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Bunayya Jurnal Pendidik. Anak, 3(2), 42. doi: 10.22373/bunayya.v3i2.1698 DOI: https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1698
Madinatul, M., & Anggrayni, N. T. (2016). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia. Proseding Semin. Nas. PGSD UPY dengan Tema Strateg. Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia., 167–171. [Online]. Available: http://repository.upy.ac.id/409/1/artikel madinatul.pdf
Maiti, & Bidinger. (1981). Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mardhiyah, A., Nurhasanah, & Fajriani. (2019). Hambatan dan Upaya Guru dalam Penanganan Siswa Disleksia di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Jurnal Imiah Mhs. Bimbing. dan Konseling, 4(4), 18–24.
Muliani, N. M., Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Dasar, S. (2021). Mengenal Siswa Disleksia Sejak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. April, 24–33. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.2083
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907
Nurfadhillah, S., Adella, A., Asfari, A. I., Anggraeny, D., Sari, N. N., & Ananda, V. (2022). Analisis Model Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Disleksia dan Disgrafia di Sekolah Inklusi SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Masaliq, 2(1), 43–52. doi: 10.58578/masaliq.v2i1.87 DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.87
Pitria, P. R., Usman, H., & Derlis, A. (2023). DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI SEKOLAH DASAR :. 8(April), 117–126.
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. doi: 10.23887/jisd.v2i3.16144 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidik. Edutama, 7(1), 1. doi: 10.30734/jpe.v7i1.558 DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Primasari, I. F., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1055 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055
Rofiah, N. H. (2015). Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi. Inklusi, 2(1), 109. doi: 10.14421/ijds.020110 DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.020110
Safitri, F., Ali, F. N., & Latipah, E. (2022). Ketidakmampuan Membaca (Disleksia) dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. WASIS Jurnal Ilm. Pendidik., 3(1), 37–44. doi: 10.24176/wasis.v3i1.7713 DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7713
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Jurnal, 2(1), 58–62. doi: 10.47353/bj.v2i1.50 DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
Setiyawan, Y. (2017). Penelitian Studi Kasus. 1–14.
Setyawan, A., et al. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Pros. Nas. Pendidik. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158. [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1027
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 73, 33–47.
Taboer, M. A., Rochyadi, E., Sunardi, S., & Bahrudin, B. (2020). Prediktor Kesulitan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sekol. Dasar Kaji. Teor. dan Prakt. Pendidik., 29(2), 182–190. doi: 10.17977/um009v29i22020p182 DOI: https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p182
Tarbawi, J., Dalam, A., Turikale, M. I. N., Maros, K., & Kunci, K. (2018). Peran guru. 3(2), 2018.
Tri Wulan Sari, M. P. P., & Vitara, A. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Disleksia Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan. Jurnal Univ. PGRI Yogyakarta, 148.
Udhiyanasari. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Plpb Ikip Pgri Jember, 3(1), 39–50.
Windasari, I., Apriliana, A. C., & Artikel, I. (2022). STUDI KASUS TERHADAP ANAK BERKESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SISWA KELAS II SDN PARAKANMUNCANG I. 1(1), 53–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fania Amanda Islamy, Kemil Wachidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.