Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PKn di Sekolah Dasar di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.546

Keywords:

Motivasi Bejalar, PKn, SD

Abstract

Penelitian Penelitian ini bermaksud untuk melakukan analisis terhadap penyebab rendahnya motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus penelitian terletak pada wawancara semi-terstruktur terhadap guru PKn. Data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode analisis tematik. Adapun penelitian ini menunjukan hasil bahwa rendahnya minat dan motivasi belajar PKn disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan tidak menarik. Dampak dari rendahnya minat dan motivasi belajar PKn termasuk pemahaman materi yang rendah, ketidakmampuan dalam menerapkan nilai-nilai PKn, serta kurangnya kesadaran terhadap masalah sosial dan politik. Untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar PKn, disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran yang kreatif, media pembelajaran yang menarik, mengaitkan materi dengan peristiwa yang familiar dengan keseharian para siswa, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan melakukan kegiatan praktik.

References

Al-Abdullatif, A. M. (2020). Exploring Students’ Knowledge and Practice of Digital Citizenship in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(19), 122–142. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.15611 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.15611

Arfani, J. W. (2020). Citizenship education in Indonesia and Japan: A dynamic endeavour to form national character. Citizenship Teaching and Learning, 15(1), 45–62. https://doi.org/10.1386/ctl_00019_1 DOI: https://doi.org/10.1386/ctl_00019_1

Banerjee, S. (2023). Collaborative online international learning, social innovation and global health: cosmopolitical COVID lessons as global citizenship education. Globalisation, Societies and Education. https://doi.org/10.1080/14767724.2023.2209585 DOI: https://doi.org/10.1080/14767724.2023.2209585

Bosio, E. (2020). Towards an Ethical Global Citizenship Education Curriculum Framework in the Modern University. The Bloomsbury Handbook of Global Education and Learning, 187–206. DOI: https://doi.org/10.5040/9781350108769.0025

Depdiknas. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah, B. U. (2004). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, B. Uno. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mamlok, D. (2022). 132 Words: A Critical Examination of Digital Technology, Education, and Citizenship. Technology, Knowledge and Learning, 27(4), 1237–1257. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3 DOI: https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3

McLaren, P. (2022). Revolutionary critical pedagogy and critical global citizenship education: A conversation with Peter McLaren. Citizenship Teaching and Learning, 17(2), 165–181. https://doi.org/10.1386/ctl_00089_1 DOI: https://doi.org/10.1386/ctl_00089_1

Mulyasa, E. (2008). Guru profesional: Mengembangkan kemampuan guru menuju guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Porto, M. (2019). Does education for intercultural citizenship lead to language learning? Language, Culture and Curriculum, 32(1), 16–33. https://doi.org/10.1080/07908318.2017.1421642 DOI: https://doi.org/10.1080/07908318.2017.1421642

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Somantri, N. (2001). Menggagas pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati. (2020). The effect of parenting patterns and learning motivation towards citizenship lesson (PPKn) learning outcomes 11th grade SMA Negeri 3 Lumajang, second term academic year of 2017-2018. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012096 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012096

Suprijono. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Suyatno. (2009). Pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

van Brussel, S. (2023). Comparing instructional strategies to support student teachers’ learning to prepare an open-minded citizenship education lesson. Instructional Science, 51(3), 451–473. https://doi.org/10.1007/s11251-023-09623-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11251-023-09623-x

Zainuddin, M., & Wahyudi, A. (2015). Pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Siregar, D. R., Siregar, I. H., Amirah, N., Shafira, R., Nadeak, R. M., & Ambarita , T. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PKn di Sekolah Dasar di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.546

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.