Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Matematika tentang Pecahan dengan menggunakan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Halim 01

Authors

  • Andianti Magda Assbrina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Safa Nurria Misiawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sasqia Albie Fahrunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wati Sukmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.728

Keywords:

Jigsaw, PTK, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Empat langkah membentuk proses penelitian: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil tes pada akhir setiap siklus dan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,19 dan ketuntasan individu sebesar 63%, penerapan metode Jigsaw tidak berfungsi dengan baik pada siklus I. Pada siklus II ketuntasan individu mencapai 85% dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,56. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa siswa mulai memahami teknik Jigsaw dan berpartisipasi lebih aktif dan antusias dalam studi mereka.

References

Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text (CCT) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Apriliana, S. M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 329–335. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504 DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Dewi Safitri, Pipit. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw: PTK di Kelas VII SMP IT Darussalam Tanon Tahun Ajaran 2019/2020. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dwi Sandra, Riskha. 2019. Skripsi Peningkatan Pemahaman Subtema 1 Kewajiban dan Hakku Di Rumah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Siswa Kelas IIIA MI Miftahul Ulum Menganti Gresik Tahun Ajaran 2019/2019. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fauziah, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis of Higher Thinking Skills of Class V Elementary School Students on the Material of Movement Organs Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3926 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3926

Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 799. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869

Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Jurnal Ideas, 8(1), 191–196. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869

Fitria, M. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 833. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853

Ifdaniyah, N., & Sukmawati, W. (2024). Analysis of Changes in Students’ Science Literacy Ability in Class V Elementary School Science Learning Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 681–688. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.3952 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.3952

Istiqomah, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis of the Mastery of Science Concepts in the RADEC Learning Model for Grade IV Elementary Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7993–8000. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3999 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3999

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852

Kusnadi, N. F., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in the Level of Difficulty of Elementary School Students in Learning the RADEC Model on the Concept of Energy Transformation Using the Rasch Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1121–1127. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.4036 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.4036

Mulyanti, S., Sukmawati, W., & Tarkin, N. E. H. (2022). Development of items in Acid-Base Identification Experiments Using Natural Materials: Validity Test with Rasch Model Analysis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 17–30. https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.10703 DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.10703

Muthi’ah, N. M., & Sukmawati, W. (2023). Racking Analysis Instrument Mastery Test Concepts in Learning Science Using the RADEC Model in Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1137–1143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.3976 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.3976

Novianti, R., Aisyah, W. N., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Student’s Answer Error on Understanding of Energy Concept in Conceptual Change Text (CCT)-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 505–508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049

Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951

Putu, D., Sari, K., & Made, N. (2015). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. In Universitas Udayana.

Ramadhani, I. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 781. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860

Sukmawati, W. (2020). Techniques adopted in teaching students organic chemistry course for several years. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 247–256. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094

Sukmawati, W. (2023). Dasar-Dasar IPA Untuk Calon Guru Sekolah Dasar.

Sukmawati, W., & Wahjusaputri, S. (2018). Penerapan Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85 Legoso Ciputat Timur. Istiqra, 5(2), 231–244. https://doi.org/10.24239/ist.v5i2.260 DOI: https://doi.org/10.24239/ist.v5i2.260

Sukmawati, W., & Wahjusaputri, S. (2024). Integrating RADEC Model and AI to Enhance Science Literacy : Student Perspectives. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3080–3089. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7557 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7557

Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Tiurlina. (2018). Metode pembelajaran matematika bermain sambil belajar dan penemuan dalam matematika. In UPI.

Wahjusaputri, S., Sukmawati, W., Nastiti, T. I., & Noorlatipah, V. (2022). Strengthening teacher pedagogical literacy after the Covid-19 pandemic in vocational secondary education in Banten Province. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.47119 DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v12i2.47119

Wanningrum, C. P., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 43. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205

Yusmaherni, Y. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 23–34. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2347 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2347

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Assbrina, A. M., Misiawati, S. N., Fahrunnisa, S. A., & Sukmawati , W. (2024). Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Pembelajaran Matematika tentang Pecahan dengan menggunakan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Halim 01. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.728

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.