Analisis Pemanfaatan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 1 Driyorejo
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1200Keywords:
Smartphone, Motivasi, SiswaAbstract
Studi ini menyelidiki bagaimana penggunaan smartphone berdampak pada motivasi belajar siswa SMKN 1 Driyorejo. Metode kuantitatif digunakan pada penelitian berikut, yang mengumpulkan data yang diperoleh melalui kuesioner yang dikirimkan kepada 74 siswa. Hipotesis alternatif diterima karena Nilai t tabel 1.666 kurang dari nilai t hitung 2.358, menurut hasil uji t. Menurut hasil penelitian, penggunaan smartphone berpengaruh sebesar 16,2% terhadap keinginan siswa untuk belajar. Dapat disimpulkan, bahwa penggunaan smartphone memiliki dampak yang signifikan terhadap minat siswa dalam belajar.
References
Adikusuma, R. F. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar, Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMA Negeri Se-Kota Malang. 1. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42921
Afandi, M., Djunaidi, & Nashiroh, P. K. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang. Jurnal Pendidikan, 8(1), 43–51. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/360
Agustian. (2021). Metode Slovin: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal. In Rumus pintar.com.
Andra Tersiana, S.TP, M. S. (2018). Metode Penelitian.
Ardyansyah, S. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Itn Malang. Jurnal Valtech, 2(2), 160–164. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1907
Badejo, J. A., & Chakraborty, J. (2022). The effects of technology on incarcerated student motivation and engagement in classroom-based learning. Human-Intelligent Systems Integration, 4(3–4), 71–80. https://doi.org/10.1007/s42454-022-00044-8 DOI: https://doi.org/10.1007/s42454-022-00044-8
Cita Ayni Putri Silalahi, Putri Cahayati. (2021). Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ips, 2(2), 69–73. https://doi.org/10.32696/jpips.v2i2.983 DOI: https://doi.org/10.32696/jpips.v2i2.983
Ikhsan, D., & Kuntari, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA di Kp. Pasirsalam. Tsaqofah, 2(3), 354–365. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i3.378 DOI: https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i3.378
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Rachmawati, N. H. (2022). Pengaruh Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(2), 79–85. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i2.172 DOI: https://doi.org/10.29303/jwd.v4i2.172
Rika, S., Yunus, M., & Muriati, S. (2023). Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bosowa 200 Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Inpress Paropo Kota Makassar The Impact Of Using Smartphone On Learning Motivation Students Sd Inpres Paropo Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 200–209. DOI: https://doi.org/10.52208/embrio.v8i1.504
Satrianawati. (2017). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar, 4(1), 54–61. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3882
Setiawan, N. (2015). Teknik Sampling. 25–28.
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38 DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2020). Kajian Teori Tentang Penggunaan Smartphone. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Ulum, H. M. (2016). Uji Validitas Dan Reliabilitas. Buku Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas, 2009, 67.
Wolfman, L. S. B. A. (2013). Pola Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. DOI: https://doi.org/10.1021/ci400128m
Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 574. https://doi.org/10.29210/30032126000 DOI: https://doi.org/10.29210/30032126000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Wulandari, Ivadila Febrianti, Sinta Mumtazatur Rohmah, Helena Adinda Desty, Ardiana Atallah Putri, Najwah Nadyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.