Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI/B Di SMA Negeri 1 Solor Barat Pada Materi Gereja Yang Satu dengan Menggunakan Metode Group Investigation
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1439Keywords:
Hasil Belajar, Group Investigation, Metode, Geraja yang SatuAbstract
Keberhasilan seorang siswa bukan hanya dengan sendirinya, tetapi juga karena metode pengajaran yang dilakukan gurunya yang dimulai dari metode pembelajaran, model dan cara mengajar yang digunakan oleh guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI/B di SMA Negeri Solor Barat pada materi gereja yang satu dengan menggunakan metode Group Investigation. Di SMA Negeri 1 Solor Barat memperlihatkan bahwa hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas XI/B SMA Negeri 1 Solor Barat pada semester I tahun ajaran 2024/2025 dalam materi “Gereja Yang Satu” masih sangat rendah karena didapatkan masih ada peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar PAK tersebut disebebkan oleh beberapa hal yakni pemilihan metode ajar yang kurang pas, sehingga memebuat peserta didik tida bersemangat dan tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Metode yangdipakai peneliti dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki suatu masalah yang ada pada kelas tersebut dengan tujuan perubahan. Hasil menunjukan bahwa penerapan metode Group Ivestigation dalam pembelajaran bisa berdampak positif kepada peserta didik. Dimana hal ini ditandai dengan nilai rata-rata kelas dari setiap siklus, yakni Pra siklus (68,56) sedangkan pada siklus I (80) dan pada siklus II (100). Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan metode Group Ivestigation dapat meningkatakn hasil belajar peserta didik kelas XI B SMA Negeri 1 Solor Barat tahun ajaran 2024/2025.
References
Agustin, N. (2021). Peran Guru dalam Menbentuk Karakter Siswa. UAD Press.
Ali, N. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 136–144.
Asmedy, A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 69–75. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.107 DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.107
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475 DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Azizah, I. N., Febriyanto, B., & Rasyid, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Katerampilan Berbicara Siswa Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.308 DOI: https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.308
Bali, H. F., Gulo, H., Zega, N. A., & Waruwu, T. (2024). Model Group Investigation Kelas Ix Uptd Smp Negeri 3 Gunungsitoli Tahun. 7, 5047–5055.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Education and Development, 8(2), 468–470.
Fatma Sarie, Nyoman Tri Sutaguna, Darwin Damanik, Gusnita Efrina, Rahmahidayati Sari, Ayu Rahma Nengsi, Fadli Agus Triansyah, T. W. M. (2023). Metodologi Penelitian. Cendikia Mulia Mandiri.
Isnaini, A. (2021). Metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar membaca Alqur’an di kelas. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 576–581. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/261/512
Jasuli, J. (2023). Peran Guru Dalam Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.2288 DOI: https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.2288
Kartini, K., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 31 Woja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 487–495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.681 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.681
Kristianty, D., & Sulastri, S. (2021). Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan PENGARUH METODE CERAMAH DAN DIALOG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Jurnal MADINASIKA, 3(1), 21–30. http://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika DOI: https://doi.org/10.31949/madinasika.v3i2.2120
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21 DOI: https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mei Yosi Br. Tarigan, Dewi Anzelina, Jontra Pangaribuan, P. J. S. (2020). MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION Mei Yosi Br . Tarigan , Dewi Anzelina , Jontra Pangaribuan , Patri Janson Silaban Universitas Katilik Santo Thomas Medan , Indonesia. 6(2), 401–406.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.
Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
Permatasari, F. I. (2022). Penerapan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.56393/lentera.v2i1.1161 DOI: https://doi.org/10.56393/lentera.v2i1.1161
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Indragiri Dot Com.
Sitinjak, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar PAK Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Global Edukasi, 3(6), 329–336. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/521
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anna Maria Rosita Kw, Maria Nazians Elisana Kedang, Yosep Belen Keban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.