Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 56 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.452Keywords:
Kompetensi, Pendidik, Kualitas, PendidikanAbstract
Kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan memiliki pengaruh besar bagi mutu pendidikan dimana tenaga pendidik dan kependidikan seperti kepala sekolah, guru, admin, dan tenaga perpustakaan memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan mutu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 56 Surabaya serta pengaruhnya terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri 56 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan internet searching, informasi riset sehingga dapat memberikan informasi berhubungan dengan masalah yang diteliti, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah pendidik dari guru kelas dan tenaga pendidik atau tata usaha SMP Negeri 56 Surabaya yang diambil secara teknik random acak (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kuantitiatif menunjukkan bahwa kompetensi pendidik berada pada kondisi baik melalui kegiatan mengajar yang inovatif dan kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi pendidik terhadap kualitas pendidikan di SMP Negeri 56 Surabaya.
References
Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan pembelajaran efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1975
Boud, D. (2023). What feedback literate teachers do: an empirically-derived competency framework. Assessment and Evaluation in Higher Education, 48(2), 158–171. https://doi.org/10.1080/02602938.2021.1910928 DOI: https://doi.org/10.1080/02602938.2021.1910928
Brenner, C. A. (2022). Self-regulated learning, self-determination theory and teacher candidates’ development of competency-based teaching practices. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00184-5 DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-021-00184-5
Cabero-Almenara, J. (2020). Digital competency frames for university teachers: Evaluation through the expert competence coefficient. Revista Electronica Interuniversitaria de Formacion Del Profesorado, 23(2), 1–18. https://doi.org/10.6018/reifop.413601 DOI: https://doi.org/10.6018/reifop.414501
Comalasari, E., & Harapan, E. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah, kompetensi guru dan manajemen kelas terhadap mutu pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74-84.
Farjon, D. (2019). Technology integration of pre-service teachers explained by attitudes and beliefs, competency, access, and experience. Computers and Education, 130, 81–93. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.11.010 DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.11.010
Gómez, B. L. (2019). Digital Competency preparation in teachers. Profesorado, 23(4), 234–260. https://doi.org/10.30827/PROFESORADO.V23I4.11720 DOI: https://doi.org/10.30827/profesorado.v23i4.11720
Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing di sekolah dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 34-47. DOI: https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.2796
Kamayuda, D. M. D. (2015). Perencanaan strategi bersaing sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di salah satu sekolah swasta Salatiga. Jurnal Kelola, 3(1), 15-29. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p15-29
Kholis, N. (2014). Manajemen strategi pendidikan: Formulasi, implementasi, dan pengawasan. Surabaya: UIN SA Press.
Klassen, R. M. (2022). Teacher recruitment: a competency-based approach. International Encyclopedia of Education: Fourth Edition, 329–338. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.04083-5 DOI: https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.04083-5
Mar’ati, A. (2022). Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 7. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65774 DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65774
Marlina, S., & Sherli, N. (2022). Pengaruh kompetensi tenaga pendidik terhadap kualitas pendidikan madrasah di Sumatera Barat. Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 86-99. DOI: https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.249
Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The correlation between supervision of headmaster and interpersonal communication with work ethos of the teacher. European Journal of Education Studies.
Omar, M. K. (2020). Knowledge, skills, and attitudes as predictors in determining teachers’ competency in Malaysian TVET institutions. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 95–104. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081612 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081612
Pozo-Rico, T. (2020). Can Academic Achievement in Primary School Students Be Improved Through Teacher Training on Emotional Intelligence as a Key Academic Competency? Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02976 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02976
Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Seminar Nasional-Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 4.
Rosita. (2016). Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Seckel, M. J. (2020). Reflective competency in the educators of mathematics teachers. Magis, 12(25), 127–144. https://doi.org/10.11144/Javeriana.m12-25.crfp DOI: https://doi.org/10.11144/Javeriana.m12-25.crfp
Zahra, N. L., Felisa, A. S., Windasari, W., & Cindy, A. H. (2024). Penjaminan mutu tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan SMPN 34 Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 188-194. DOI: https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.446
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ivadila Febrianti, Azmi Mujahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.