Gotong Royong di Desa Lagadar: Membangun Kebersamaan dengan Nilai Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpn.v2i4.1712Keywords:
Gotong Royong, Pancasila, Kebersamaan, Pemberdayaan masyarakat, Desa LagadarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan nilai-nilai gotong royong sebagai wujud implementasi Pancasila dalam kehidupan masyarakat Desa Lagadar, serta mengidentifikasi bentuk kegiatan, tantangan, dan dampak sosial yang ditimbulkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi literatur. Wawancara dilakukan secara semi-terstruktur dengan warga dan tokoh masyarakat yang aktif dalam kegiatan gotong royong, sedangkan observasi dilakukan untuk mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan secara nyata. Analisis data dilakukan secara tematik, meliputi reduksi data, kategorisasi, dan interpretasi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai praktik gotong royong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gotong royong masih menjadi bagian integral kehidupan masyarakat Desa Lagadar, tercermin dalam berbagai kegiatan seperti dukungan kepada keluarga berduka, pembersihan lingkungan, dan pengaturan sistem keamanan kampung. Partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat, terutama pemuda, menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan gotong royong, meskipun terdapat tantangan berupa kesibukan generasi muda dan adanya kelompok masyarakat yang sulit disatukan. Nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama dan kelima, terimplementasi nyata dalam aktivitas gotong royong dan kegiatan keagamaan. Dampak positif yang dirasakan masyarakat meliputi peningkatan keharmonisan sosial, perbaikan infrastruktur, serta penguatan hubungan antar generasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program berbasis gotong royong yang lebih inovatif dan inklusif guna memperkuat kebersamaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di era modern.
References
Andrianni, S., & Rianto, H. (2019). Analisis Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Untuk Mengembangkan Sikap Keadilan Di Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 166.
Artini, Sri, N. P., Sunarto, A., & Amran, M. (2018). Degradasi budaya gotong royong pada masyarakat Bali di Maleali Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Edu Civic Media Publikasi PPKn,6(88).
Budiman, S. and Liong, Y. (2023). Pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan melalui penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Khaliya Onomiyea: Jurnal Abdimas Nusantara, 1(2), 60-73.
Catur, V., Wulandari, P., Henie, M., Al-Muhdhar, I., & Pendidikan Biologi, S. (n.d.). PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DIPADU GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN KOMIK PROGRAM KRPL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP SOSIAL.
Fraulen, A., Putri, D. S., Yuanita, R. R., & FITRIONO, R. A. (2022). Pentingnya peran Pancasila sebagai pedoman hidup Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora.
Fusnika, F., Hartini, A., & Cahyati, M. A. (2022). IMPLEMENTASI NILAI GOTONG ROYONG DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT (Studi Kasus Kegiatan Kerja Bakti Di RT/RW: 009/002 Dusun Keladan Tunggal Desa Mertiguna Kecamatan Sintang). JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Hulu, F. (2024). Revitalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa hilianaa. Haga : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Istiqamah, N., Nasir, M., & Nehru, N. (2024). Peran mahasiswa kkn-ppl universitas nggusuwaru dalam meningkatkan kesadaran bergotong royong warga kelurahan mande di kota bima. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Irfan, M. (2016). Metamorfosis gotong royong dalam pandangan konstruksi sosial. Seminar Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1–10.
Rochwulaningsih, Y. (2015). The role of social and cultural values in public education in remote island: a case study in karimunjawa islands, indonesia. Komunitas, 7(1), 1-16.
Kirana, V. A. (2021). Ancaman Terhadap Budaya Gotong Royong Di Era Globalisasi. 4305021013, 1–15.
Kurnia, H., Isrofiah Laela Khasanah, Ayu Kurniasih, Jahriya Lamabawa, Yakobus Darto, Muhamad, Fadli Zumadila Wawuan, Nilla Rahmania Fajar, Dani Zulva, Sifa Yasmin Oktaviani, Febian Aria Wicaksono, Yulian Kaihatu, & M. Iqbal Bangkit Santoso. (2023). Gotong Royong Sebagai Sarana Dalam Mempererat Solidaritas Masyarakat Dusun Kalangan. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 277–282.
Mahardika Putri, D., Naini, S., Kiptiyah, A., Rifki, M., Terpadu, K., & Karakter, P. (n.d.). Manajemen Kurikulum Terpadu dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa di SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang Kata kunci (Vol. 6).
Musthofa, B. M. (2018). Pengembangan budaya menuju kesejahteraan budaya : pelajaran dari pengembangan masyarakat di saung angklung udjo, bandung, jawa barat. Sosio Informa, 4(3). https://doi.org/10.33007/inf.v4i3.1600
Naser, M. N., Ardi, H., Bella, A., Mella, R., Yolla Ardian, R. S., & Mardanti, L. (2024). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membantu Menjalankan Program Kkn. Semar : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 17–23.
Oktaviani, Dina; Abdillah Aam. 2023. “Perkembangan Kesenian Marawis Di Madrasah Al-Istiqomah Tahun 2015-2019.” Priangan 2(2): 5–24.
Oktaviyani, M. and Sukmayadi, T. (2020). Penguatan nilai-nilai gotong royong di kampung potronanggan kecamatan banguntapan kabupaten bantul. Jurnal Citizenship Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 65.
Pamungkas, B. S. (2013). Peranan Pemuda Karang Taruna dalam Kegiatan Gotong Royong Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Kerjo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri). Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(1).
Pratiwi, W. R., Gusti, H. I., Acfira, L. G., & Terbuka, U. (2024). Memupuk Semangat Gotong Royong Masyarakat melalui Kerja Bakti. 6(2).
Putri, A., Salsabila, A., & Prabayunita, A. (2023). Memudarnya Nilai Nilai Gotong Royong pada Era Globalisasi. Indigenous Knowledge, 2(2), 96-103.
Rahmawati, Mastorat, Muhammad Asad Immaduddin, & Jufri. (2024). Implementasi Nilai Persatuan Melalui Gotong Royong: Pengabdian Masyarakat dalam Pemeliharaan Kebersihan Musholla dan Kuburan di Desa Talapiti, Kabupaten Bima. Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya, Dan Literasi, 1(2), 96–104.
Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan ISSN: 2621-9492.
Setyo Adi, B. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39.
Sudirman, Jedra, A. S. (2021). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman Pertama Terhadap Kehidupan Beragama Pendahuluan. Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas, 6(2), 284–291.
Supandi, Teti Ernawati, Jiana Yuaningrum, Yunita, E. R. A. (2023). Pemberdayaan Komunitas Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Umkm Melalui Pelatihan Berbagai Macam Keripik. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(5), 168–171.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Aulia, Kristin Oule Simbolon, Ai Naya Azkia Zahra, Diaz Pradipa Winandar, Zahra Fauzia Hidayat, Ratna Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.