Quizizz Mode Kertas: Upaya Tingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN Bangsal 3
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1530Keywords:
Quizizz Mode Kertas, Hasil Belajar, Metode PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan media Quizizz mode kertas pada siswa kelas V SD Negeri Bangsal 3. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian membuktikan bahwa Quizizz mode kertas memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Analisis data menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan rata-rata nilai kelas naik 13 poin, dari 63 (kategori sedang) pada Siklus 1 menjadi 76 (kategori tinggi) pada Siklus 2. Selain itu, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥70) meningkat dari 45% di siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Quizizz mode kertas efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Bangsal 3 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
References
Ameliyah, N., Yusnanto, T., Setyowati, D. T., Indraningsih, A., Atutdiniya, A., & Rahmawati, N. D. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz Untuk Kelas IV SDN 1 Banyuroto Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(02), 72–78. https://doi.org/10.556442/JPMM.V2I02.712
Angelina, T., Herliana, Y., Widodo, S. T., & Arum, U. K. (2023). Efektivitas Media Paper Mode dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar: Efektivitas Media Paper Mode, Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Basicedu, 7(6), 3731–3742. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I6.6382
Dara, M., 1, A., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I3.1604
Fauziah*, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I3.26049
Fitriyani, A. (2022). Penerapan Aplikasi Quizizz sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Digital Marketing. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(2). https://doi.org/10.20961/JOIVE.V5I2.68227
Gagné, R. M. . (1970). The conditions of learning [by] Robert M. Gagné. 407. https://books.google.com/books/about/The_Conditions_of_Learning.html?hl=id&id=D1MmAQAAIAAJ
Krathwohl, D., Bloom, B., & Masia, B. (1964). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals - Handbook II: Affective Domain. Studies in Philisophy and Education, 164–170. https://books.google.com/books/about/Taxonomy_of_Educational_Objectives.html?hl=id&id=1WjuAAAAMAAJ
Masnu’ah, S., Aisyah, N. H., Uin, W., & Semarang, I. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 595–604. https://doi.org/10.58230/27454312.1360
Nafi’ah, N., Mariati, P., Khotimah, C., & Hidayati, N. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Evaluasi AI Quizizz Mode Paper pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Khadijah 3 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/IRJE.V4I1.461
Nisa, N., Fitri, ul, Oktavia, A., Agama Islam, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Islam An Nur Lampung Jl Pesantren No, U., Jati Agung, K., & Lampung Selatan, K. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas X di MA Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 7(1), 4044–4053. https://doi.org/10.31004/JOE.V7I1.7001
Putra, L. D., Hidayat, F. N., Izzati, I. N., & Ramadhan, M. A. (2024). Penerapan Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kolaborasi pada Siswa Sekolah Dasar. ALACRITY: Journal of Education, 4, 131–139. https://doi.org/10.52121/ALACRITY.V4I3.415
Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I1.3726
Rini. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52525
Risana, F., Herlina, Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Dari Konvensional ke Pendekatan Student-Centered Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 619–632. https://doi.org/10.23969/JP.V10I01.23618
Siregar, D. R., Siregar, I. H., Amirah, N., Shafira, R., Nadeak, R. M., & Ambarita, T. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PKn di Sekolah Dasar di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10–10. https://doi.org/10.47134/PGSD.V1I3.546
Stephen, K., & Robin, M. (2025). The Action Research Planner - Google Buku. University of Illinois at Urbana-Champaign. https://books.google.co.id/books/about/The_Action_Research_Planner.html?id=EkhLQAAACAAJ&redir_esc=y
Sulistyo, A. C., & Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1797–1808. https://doi.org/10.58230/27454312.608
Utami, W. (2024). Penggunaan Alat Evaluasi Berbasis Quizizz Paper Mode Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Pengumuman Dan Antusiasme Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gedebeg Kabupaten Blora. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 62–77. https://doi.org/10.62383/HARDIK.V1I2.130
Windartati, S. E. (2023). Memanfaatkan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. PRIMARY, 2(1), 25–35. http://primary.ump.ac.id/index.php/primary/article/view/45
Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1052–1062. https://doi.org/10.47709/EDUCENDIKIA.V4I03.5049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananta Dwi Kurniawan, Sutrisno Sahari, Endang Sri Astutik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.