Quizizz Mode Kertas: Upaya Tingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN Bangsal 3

Authors

  • Ananta Dwi Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Astutik Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1530

Keywords:

Quizizz Mode Kertas, Hasil Belajar, Metode Pancasila

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan media Quizizz mode kertas pada siswa kelas V SD Negeri Bangsal 3. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian membuktikan bahwa Quizizz mode kertas memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Analisis data menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan rata-rata nilai kelas naik 13 poin, dari 63 (kategori sedang) pada Siklus 1 menjadi 76 (kategori tinggi) pada Siklus 2. Selain itu, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥70) meningkat dari 45% di siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Quizizz mode kertas efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Bangsal 3 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

References

Ameliyah, N., Yusnanto, T., Setyowati, D. T., Indraningsih, A., Atutdiniya, A., & Rahmawati, N. D. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz Untuk Kelas IV SDN 1 Banyuroto Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(02), 72–78. https://doi.org/10.556442/JPMM.V2I02.712

Angelina, T., Herliana, Y., Widodo, S. T., & Arum, U. K. (2023). Efektivitas Media Paper Mode dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar: Efektivitas Media Paper Mode, Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Basicedu, 7(6), 3731–3742. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I6.6382

Dara, M., 1, A., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I3.1604

Fauziah*, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I3.26049

Fitriyani, A. (2022). Penerapan Aplikasi Quizizz sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Digital Marketing. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(2). https://doi.org/10.20961/JOIVE.V5I2.68227

Gagné, R. M. . (1970). The conditions of learning [by] Robert M. Gagné. 407. https://books.google.com/books/about/The_Conditions_of_Learning.html?hl=id&id=D1MmAQAAIAAJ

Krathwohl, D., Bloom, B., & Masia, B. (1964). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals - Handbook II: Affective Domain. Studies in Philisophy and Education, 164–170. https://books.google.com/books/about/Taxonomy_of_Educational_Objectives.html?hl=id&id=1WjuAAAAMAAJ

Masnu’ah, S., Aisyah, N. H., Uin, W., & Semarang, I. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 595–604. https://doi.org/10.58230/27454312.1360

Nafi’ah, N., Mariati, P., Khotimah, C., & Hidayati, N. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Evaluasi AI Quizizz Mode Paper pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Khadijah 3 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/IRJE.V4I1.461

Nisa, N., Fitri, ul, Oktavia, A., Agama Islam, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Islam An Nur Lampung Jl Pesantren No, U., Jati Agung, K., & Lampung Selatan, K. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas X di MA Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 7(1), 4044–4053. https://doi.org/10.31004/JOE.V7I1.7001

Putra, L. D., Hidayat, F. N., Izzati, I. N., & Ramadhan, M. A. (2024). Penerapan Gamifikasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kolaborasi pada Siswa Sekolah Dasar. ALACRITY: Journal of Education, 4, 131–139. https://doi.org/10.52121/ALACRITY.V4I3.415

Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I1.3726

Rini. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52525

Risana, F., Herlina, Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Dari Konvensional ke Pendekatan Student-Centered Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 619–632. https://doi.org/10.23969/JP.V10I01.23618

Siregar, D. R., Siregar, I. H., Amirah, N., Shafira, R., Nadeak, R. M., & Ambarita, T. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar PKn di Sekolah Dasar di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10–10. https://doi.org/10.47134/PGSD.V1I3.546

Stephen, K., & Robin, M. (2025). The Action Research Planner - Google Buku. University of Illinois at Urbana-Champaign. https://books.google.co.id/books/about/The_Action_Research_Planner.html?id=EkhLQAAACAAJ&redir_esc=y

Sulistyo, A. C., & Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1797–1808. https://doi.org/10.58230/27454312.608

Utami, W. (2024). Penggunaan Alat Evaluasi Berbasis Quizizz Paper Mode Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Pengumuman Dan Antusiasme Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gedebeg Kabupaten Blora. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 62–77. https://doi.org/10.62383/HARDIK.V1I2.130

Windartati, S. E. (2023). Memanfaatkan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. PRIMARY, 2(1), 25–35. http://primary.ump.ac.id/index.php/primary/article/view/45

Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1052–1062. https://doi.org/10.47709/EDUCENDIKIA.V4I03.5049

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Dwi Kurniawan, A., Sutrisno Sahari, & Endang Sri Astutik. (2025). Quizizz Mode Kertas: Upaya Tingkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SDN Bangsal 3. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1530

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.