Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Menggunakan Certainty of Response Index di SD Negeri

Authors

  • Naimatul Kasanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.712

Keywords:

Pembelajaran IPA, Miskonsepsi, Certainty Of Response Index

Abstract

Penelitian ini menangani masalah berkelanjutan mengenai kesalahpahaman dalam pendidikan sains, dengan fokus pada siswa kelas IV di Grabagan. Kesalahpahaman dalam sains—pemahaman yang salah yang berlanjut jika tidak ditangani—dapat menghambat hasil belajar secara signifikan. Kesalahpahaman sering kali berasal dari ketidakakuratan dalam menjelaskan, mengaitkan, atau mengklasifikasikan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahpahaman tersebut untuk mencegah dampak jangka panjangnya terhadap pengetahuan ilmiah siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi ini memeriksa tanggapan dari 24 siswa melalui tes tertulis. Temuan menunjukkan tingkat pemahaman dan kesalahpahaman yang bervariasi: 45,8% siswa menunjukkan pemahaman konsep pada pertanyaan 1, sedangkan 54,1% salah memahami konsep pada pertanyaan 9, dan 41,7% memiliki kesalahpahaman pada pertanyaan 2. Selain itu, tes Indeks Pengakuan Konsep (CRI) menunjukkan bahwa hanya 34,6% siswa kelas lima yang benar-benar memahami konsep yang disajikan, menyoroti kebutuhan kritis akan intervensi dalam strategi pengajaran untuk memperbaiki kesalahpahaman ini dan meningkatkan hasil pendidikan dalam pembelajaran sains.

References

Aiman, U. (2016). Evaluasi pelaksanaan penilaian autentik Kurikulum 2013: Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta.

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD pada masa Covid-19. Journal Name, 3.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Kodariah, S. (2021). Primary school students learning anxiety during the Covid-19 pandemic. International Journal of Elementary Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33036 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33036

Astuti, B., Fitrianingrum, A. M., & Sarwi, S. (2018). Penerapan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tagar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 88–98. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1118

Authority, E. F. S., & ... (2022). Degree of certainty in scientific advice: implications for risk management and communication: Event report on a training workshop on uncertainty with risk managers. EFSA Supporting …. https://doi.org/10.2903/sp.efsa.2022.EN-7377 DOI: https://doi.org/10.2903/sp.efsa.2022.EN-7377

Donatus, S. K. (2016). Titik kesamaan dan perbedaan. Journal Name, 16(2).

Faizah, K. (2016). Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Journal Name, 1.

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Fatmasari, I. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Jarak, Waktu, dan Kecepatan Menggunakan Certainly of Response Index (CRI). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1299–1312.

Firman, H. F., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2020). Identifikasi miskonsepsi peserta didik menggunakan Two-Tier Test berbantuan Certainty Of Response Index: (Misconception identification of students using Two-Tier Test assisted by Certainty of Response Index).

Biologi, 7(2), 33–44. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12812 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12812

Fitrianingrum, A. M., & Astuti, B. (2017). Penerapan instrumen Three-Tier Test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi keseimbangan benda tegar. Journal Name, 07(2).

Gartlehner, G., Nussbaumer-Streit, B., & ... (2024). Rapid reviews methods series: guidance on assessing the certainty of evidence. BMJ Evidence-Based …. https://ebm.bmj.com/content/29/1/50.abstract DOI: https://doi.org/10.1136/bmjebm-2022-112111

Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2021). Penilaian afektif pembelajaran daring IPA terpadu dengan menggunakan media Whatsapp. Diffraction, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2411 DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2411

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033 DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Hermanto, Y. B., & Srimulyani, V. A. (2021). The challenges of online learning during the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Pembelajaran, 54(1), 46. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703 DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703

Iskandar, R., & Kusmayanti, I. (Year). Pendekatan science technology society: IPA di sekolah dasar.

Jumini, S., Retyanto, B. D., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(2), 196–206.

Jumini, S., Retyanto, B. D., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi miskonsepsi fisika menggunakan Three-Tier Diagnostic Test pada pokok bahasan kinematika gerak. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(2), 196. https://doi.org/10.32699/spektra.v3i2.38 DOI: https://doi.org/10.32699/spektra.v3i2.38

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2021). Online learning during the Covid-19 pandemic: How is it implemented in elementary schools. Pendidikan Elementer, 11(1), 120. https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v11i1.8618

Maryam, E. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Berbasis Google Form pada Pokok Bahasan Potensial Listrik. SILAMPARI Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 149–162.

Maryam, E. (2020). Identifikasi miskonsepsi menggunakan Three-Tier Diagnostic Test berbasis Google Form pada pokok bahasan potensial listrik. Sains Journal of Physics Instruction and Physics Instructional, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1083 DOI: https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1083

Mentang, M. A., Qashlim, A. A., & Sarjan, M. (2021). Sistem informasi perpustakaan terintegrasi link jurnal berbasis website. Peqguruang, 3(1), 332. https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.2083 DOI: https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.2083

Montgomery, P., Movsisyan, A., Grant, S. P., & ... (2019). Considerations of complexity in rating certainty of evidence in systematic reviews: a primer on using the GRADE approach in global health. BMJ Global …. https://gh.bmj.com/content/4/Suppl_1/e000848.abstract DOI: https://doi.org/10.1136/bmjgh-2018-000848

Mujakir, M. (2017). Kreativitas guru dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Lentera Jurnal Kependidikan, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran matematika. Asma, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646 DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Journal Name, 1.

Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 77–86.

Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis miskonsepsi siswa SD kelas V pada konsep sifat-sifat cahaya. Journal of Natural Science Inquiry (JNSI), 3(1), 77. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303 DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis miskonsepsi siswa pada bilangan berpangkat. Journal Title, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa pada konsep evolusi menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Kiprah. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/view/1604 DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1604

rda, A., & Anita, A. (2021). Analisis miskonsepsi peserta didik SMP IT Al Fahmi pada mata pelajaran IPA. Koordinat, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i1.20 DOI: https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i1.20

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Sari, S. S., Suwardi, R. S., & Haris, A. (2024). Misconception of using certainty of response index (CRI) on direct electricity (DC) during online learning. AIP Conference Proceedings. https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/2799/1/020130/3283519 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0183357

Savira, I., Wardani, S., Harjito, H., & Noorhayati, A. (2019). Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Schünemann, H. J., Higgins, J. P. T., Vist, G. E., & ... (2019). Completing “Summary of findings” tables and grading the certainty of the evidence. … Systematic Reviews of …. https://doi.org/10.1002/9781119536604.ch14 DOI: https://doi.org/10.1002/9781119536604.ch14

Shalihah, A., Mulhayatiah, D., & Alatas, F. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier pada Hukum Newton dan Penerapannya. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 24–33. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i1.3438

Shao, S. C., Kuo, L. T., Huang, Y. T., Lai, P. C., & ... (2023). Using Grading of Recommendations Assessment, Development, and Evaluation (GRADE) to rate the certainty of evidence of study outcomes from systematic …. Dermatologica …. https://journals.lww.com/ders/_layouts/15/oaks.journals/downloadpdf.aspx?an=00701581-202341010-00003

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Syafe’i, I., & Diani, R. (2021). An analysis of students’ physics misconceptions in online learning using the four-tier diagnostic test with certainty of response index (CRI). Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012099 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012099

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Kasanah, N., & Setiyawati, E. (2024). Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Menggunakan Certainty of Response Index di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.712

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.