Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Papan Pintar Pancasila Materi Penerapan Nilai Pancasila Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1584Keywords:
Media Papan Pintar Pancasila, Penerapan Pancasila, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 2 Joho dengan menggunakan media Papan Pintar Pancasila. Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian ini. Tes dan dokumentasi digunakan dalam metodologi penelitian. 37 siswa kelas III SDN 2 Joho menjadi subjek penelitian. Temuan menunjukkan penggunaan media papan pintar Pancasila untuk mengajarkan pendidikan Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan dari 64,86 dengan tingkat ketuntasan 27,03% pada siklus pertama menjadi 79,45 dengan tingkat ketuntasan 81,08% pada siklus kedua, menurut hasil temuan. Karenanya, telah terbukti bahwasannya penggunaan papan pintar Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fifit, D. F., & Sri, H. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Hamka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Haqqi, F. H., Sari, N., & Widodo, S. T. (2023). Pembiasaan Perilaku Sila Pancasila melalui Media Popup Book dan Papan Pengamalan Pancasila di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu,7(6), 3673-3682.Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., Qondias, D., & Bopo, G. (2023). Workshop Media Pembelajaran: Wahana Pendampingan Media Pembelajaran Terintegrasi Bahasa Ibu Untuk Pembelajaran Literasi di Kelas Awal.Jurnal Flobamorata Mengabdi,1(2), 38-46.
Helmi, C. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Panila (Papan Penerapan Nilai-nilai Pancasila. Wahana Pedagogika, 05(02), 22–32.
Khoiri, A., Hanifah, N., Sidik Iriansyah, H., Slamet Barkah, A., Guru, P., Dasar, S., Negara, K., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Pelajaran PPKn pada Materi Pancasila melalui Metode Picture and Picture. SEMNARA (Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III), 812–817.
Marlina, et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini: Aceh.
Millah, A. S., Apriyani., Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1 (2).
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.
Nafisah, S., & Furnamasari, Y. F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 208–216. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.360
Ngazizah, N. & Laititia, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD.Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK),4(4), 1258-1263.
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Rosmita (2020) Skripsi Efektivitas pembelajaran daring (Studi kasus hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur).Jambi:Universitas Negeri Jambi.
Saidiman, A. S. (2022). Media Pembelajaran:Pengertian, Penge,Namgan dan Pemangfaatanya. (Jakarta: PT. Grafindo Persada), 6. Lihat di https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=87807, diakses pada tanggal 29 desember 2022
Sugiarti, T. (2023). Menyelidiki Dampak Teknologi Kelas Terhadap Kemajuan Siswa pada Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 108-120.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Wahab, A., et al. (2021). Media Pembelajaran Matematika, (Kab.Pidie Povinsi Aceh, Yayasan Penerbit Muhammad Zaini). h.9
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3),140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Dita Puspita Sari, Erwin Putera Permana, Misbahul Anam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.