Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Dengan Eksperimen Gunung Berapi
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1552Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Eksperimen Gunung Berapi, Hasil BelajarAbstract
Studi ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik kelas 6 SD Negeri 2 Joho pada mata pelajaran IPAS dengan materi Bumi Kita Terancam dengan mengimplementasikan pendekatan Project Based Learning (PjBL) dengan eksperimen gunung berapi. Dalam penelitian ini, diterapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta evaluasi, pembelajaran melalui metode Direct Learning, sedangkan pada siklus kedua ditambahkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan eksperimen gunung berapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 63,44 pada siklus pertama dengan tingkat ketuntasan 41,37% menjadi 77,58 pada siklus kedua dengan tingkat ketuntasan 82,73%. Penerapan model pembelajaran pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan eksperimen gunung berapi berhasil memicu semangat dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar. dapat membangun lingkungan belajar yang nyaman dan mendorong komunikasi antar peserta didik. Jadi, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan eksperimen gunung berapi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.
References
Ardiansyah, R., Antika, D. N., Eky Hastuti, & Kartika Sari, M. (2023). Pembelajaran PJBL pada Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 360.
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Mitra Ilmu.
Arohmawati, Indah. (2021). Buku Pintar Penanggulangan Erupsi Gunung Berapi (Cetakan Pertama, Maret 2021). DIVA Pers.
Ashari, A., & Purwantara, S. (2022). Bentanglahan Vulkanik Indonesia: Aspek Fisikal dan Kultural. UNY Press.
Bella, K. T. (2024). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik SDS Amkur Bengkayang. ADIBA: Journal of Education, 4(4), 588-592.
Cahyani, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 2 TALESAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL MELLUI MEDIA DIODRAMA. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 9(2), 137–144.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.
Dewi, Mia Roosmalisa. (2023). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226.
Elisabet, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285–291.
Erika (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 5(5), 430-437.
Genika, P. R., Luthfia, R. A., & Wahyuningsih, Y. (2023). Urgensi Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1).
Kartini, N. A. I. (2023, June 24). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR.
Kurniawan, D. (2021). Pengembangan Media Miniatur Bencana Erupsi Gunung Api. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3).
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal PETIK, 6(1).
Maulan, M. F., Nurhalida, K., & Lutfia, M. N. (2024). Pemberdayaan Masyarakat: Pengaruh Proyek Sains Berbasis Eksperimen Sederhana Terhadap Peningkatan Literasi Membaca dan Pemahaman Konsep Sains Pada Anak-Anak di Yayasan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Cikuya. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(2).
Millah, A. S., Apriyani, A., Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2).
Nur'aini, Ika Ayu. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik SDN 3 Taman Asri (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung.
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, D. H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati, N. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Raini, G. K. (2021). Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan, 6(1), 58–65.
Rizki, A. M., & Saputra, D. W. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning melalui Media Miniatur Gunung Meletus dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Pondok Cabe Ilir 01.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tria Aprilia Ratna Sari, Erwin Putera Permana, Misbahul Anam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.