Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN siswa SD

Authors

  • Refi Widiantoro Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Leni Jaziroh Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Wahyu Dwi Whardani Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1629

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Motivasi Belajar, Media Audiovisual

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Riset ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui angket daring (online) yang disebarkan kepada guru kelas di Sekolah Dasar. Hasil riset menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Media audiovisual juga dapat membantu siswa memahami materi yang lebih kompleks dan meningkatkan kemampuan berbahasa lisan mereka. Namun, terdapat beberapa kendala yang teridentifikasi saat guru menggunakan media audiovisual, seperti masalah teknis dan keterbatasan sumber daya. Riset ini menegaskan bahwa media audiovisual memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan PKN agar lebih efektif dalam mencapai tujuannya. Riset ini juga menyarankan agar sekolah dan pihak terkait memberikan dukungan berupa perangkat yang lebih baik serta pelatihan yang memadai bagi guru agar dapat mengatasi kendala yang ada

References

Afiyana., Puspita, A., Aulya, A., & Rawanoko, E. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran PKN Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i4.4391.

Amalia, Z., & Gumala, Y. (2025). Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.70294/nhfayf63.

Ananda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V1I1.11.

Apriyanti, E., Suryani, & Kartono. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Menggunakan Media Audiovisual Kelas Iv.

Artha, A., & Setyasto, N. (2024). Interactive Powtoon Media Based On Conservation Of The Integrity Nkri Content To Improve Learning Outcomes For Fifth-Gradeselementary School. Progres Pendidikan. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i1.826.

Damayanti, S. P. I. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong. CV. Tatakata Grafika. https://books.google.co.id/books?id=QmWKEAAAQBAJ

Estélles, M., & Fischman, G. (2020). Who Needs Global Citizenship Education? A Review of the Literature on Teacher Education. Journal of Teacher Education, 72, 223 - 236. https://doi.org/10.1177/0022487120920254.

Fernando, Y., Andriani, P. & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Fitriya, L. I. A., Suhardi, M., & Murtikusuma, R. P. (2023). Diriku Dan Kegemaranku: Menumbuhkan Sikap Saling Menghargai Keberagaman Identitas. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=UkjnEAAAQBAJ

Geboers, E., Geijsel, F., Admiraal, W., & Dam, G. (2013). Review of the effects of citizenship education. Educational Research Review, 9, 158-173. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2012.02.001.

Hita, I., Lestari, N., Astuti, N., Fatmawan, A., Dewi, M., Kurniawati, K., Isyarotullatifah, I., & Ilmawan, A. (2024). The Effectiveness Of Video-Based Learning Media To Increase Learning Motivation On Elementary School Students. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v8i1.78702.

Mufidah,H., & , S. (2023). Make A Match Model Assisted by Audio Visual Media on the Motivation and Civics Learning Outcomes. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.67194.

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-Enhanced Learning and Teaching Methodologies through Audiovisual Media. Education Sciences. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI9030196.

Nuhaa, F., & Witanto, Y. (2024). Mystery Box Media Increases Motivation and Learning Achievement of Fourth Grade Students in Civics Learning. Jurnal Riset dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i3.79420.

Nussbaum, M. (2018). Education for Citizenship in an Era of Global Connection. Studies in Philosophy and Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-72128-6_8.

Parman, P., Fitrah, Y., & Emosda, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Terhadap Hasil Praktik Ibadah Siswa Di Smp. Tekno - Pedagogi : Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v3i1.2299.

Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi (Vol. 21, Issue 01).

Ratnaningsih, Triastuti, R., & Gunawati, D. (2020). The Effect of Use of Audiovisual Learning Media on the Students’ Mastery of Concept in Civics Learning. , 1262-1268. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.154.

Salsabilla, S., Dwiva, E., Tarigan, P., Syahrial, S., & Medan, U. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas 1 SD. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i2.661.

Sappaile, B., Yusuf, N., Mardiati, M., Zoraida, M., & Sitepu, E. (2024). Effectiveness of Using Audio Visual Media in Improving Student Achievement in Mathematics Learning in Elementary Schools. Journal Emerging Technologies in Education. https://doi.org/10.70177/jete.v2i1.742.

Sartono, E., Sekarwangi, T., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on cultural diversity to improve the understanding of civic concepts and learning motivation. World Journal on Educational Technology: Current Issues. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i2.6909.

Shehneh, S. (2024). Citizenship Education: Toward a Relationality and Care Approach. Journal of Ethnic and Cultural Studies. https://doi.org/10.29333/ejecs/2320.

Suharyanto, A. (2013). 92 Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 1 (2) (2013): 192-203 Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Syafruddin, S., Sanjaya, D., & Suastika, I. (2024). The Role of Local Learning Media in Civics Subjects for Class V Elementary School Students. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v8i3.7179.

Wandira, S., & Hadiansyah, D. (2022). Teaching Speaking By Using Media Audiovisual. JOEY: Journal of English Ibrahimy. https://doi.org/10.35316/joey.2022.v1i2.73-78.

Zahra, N., & Fitri, R. (2023). Literatur Review : Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa. YASIN. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1536

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Widiantoro, R., Jaziroh, L., & Whardani, W. (2025). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 6. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1629

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.