Pengaruh Model Pembelajaran (Project Based Learning) Dalam Mengembangkan Kreativitas PKN di SD
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1698Keywords:
Pendidikan Kewarganeraan, Mengembangkan Kreativitas, Project Based LearingAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui angket daring (online) yang di sebarkan kepada guru kelas di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran PKN berbasis proyek (project based learning) dapat berpengaruh dalam mengembangkan kreativitas siswa. Pembelajaran berbasis proyek juga dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis,menyenangkan, kolaboratif dan tanggung jawab sosial peserta didik. Implementasi strategi ini juga menuntut kreativitas guru dalam merancang proyek yang kontekstual, terstruktur, dan mampu mengintegrasikan berbagai kompetensi daras PKN. Namun, terdapat beberapa kendala yang di temukan saat guru menggunakan pembelajaran berbasis project based lerarning seperti, keterbatasan waktu, dan kurangnya sumber daya.
References
Amir, F., Sapari, Amin, S. B. (2025). Kurikulum dalam lanskap Pendidikan: Konsep, Evolusi, dan Implementasi. Jawa Barat: PT. Adab Indonesia.
Ansori., Noor, A. H., Samsudin, A., Sari, P. I., Nurjaman, A., Hidayat, W., Yana., Zahro, I. F., Alam, A. K., Sosanto, S., Dwiyanti, L., Putri, P. K., Pramurindra, R., Ningsih, M. P., Dwiyanti, L., Ftriani, F. D. (2024). Keterampilan Pembelajaran Holistik (Mengembangkan Kompetensi Abad 21). Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Cahyadi, F., Subekti, E. E., Sundari, R. R. (2025). Inovasi Pembelajaran untuk PGSD (Berbasis Project Based Learning). Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Damanhuri., Hendrayana, A. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek; Suatu Pengantar. Sumatera Barat: CV Azka Pustaka.
Dwiprabowo, R., Herianingtyas, N. L. R., Zulfikri., Suryaningsih, T., Agustin, N. D., Azhar, A. P. S., Raihan, M. D., Setiahati, I. P., Fajri, H. M., Dewi, N., Sesrita, A., Sinyanyuri, S., Novianti, N., Sutisnawati, A. (2024). Berpikir Kritis dan berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. DKI Jakarta: Publica Indonesia Utama.
Fatimah, S. (2024). Pembelajaran IPA SD/MI Inovatif & Kontekstual Berorientasi Education For Sustainable Development. Surakarta: CV. Pajang Putra Wijaya.
Hasyda, S., Uslan., Muhsam, J., Muhammad, A. S., Aiman, U., Bili, K. D. (2022). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hidayah., Suwarningsih, T., Judijanto, L., Janah, R., Pujowati, M., Apriyanto., Widuri, R., Nurbayani. (2025). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jamaludin, J. (2024). Project Based Learning Berbantuan MobileSensor. Yogyakarta: Guepedia.
Kapoh, R. J., Komarudin, M. A. (2024). Ragam Metode Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.
Mahtumi, Purmaningsih, I. R., Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Marhaenenti, S., Trisiana, A., Irsyad. (2023). Best Practice Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Surakarta: UNISRI Press.
Maya, V., Putuhunnisa., Saputri, R. E. (2024). Konsep Dasar PKN. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Munir., Rasim., Ranggana, A., Al Husaeni, D. F., Permatasari, E., Gunarso., Septiani, H., Sari, L., Azizah, N. N., Nurmalasari, P. S., Ayustyaningtiasn R., Ningsih, S. W., Apriyanto, V., Alivia, Z. P., Khoirunnisa, A. N. (2023). Kajian Pedagogik Pendidikan Ilmu Komputer. Bandung: INDONESIA EMAS GRUP.
Novelti., Safira, S. (2025). Inovasi Pembelajaran Menulis: Mengoptimalkan Project Based Learning Menggunakan Media Film Pendek. Yogyakarta: Deepublish Digital.
Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Makassar: NEM.
Pili, A. M. F. R., Daulay, I. M., Agni, T. A. G. S., Sihombing, L., Hutabarat, R. T. (2025). Integrasi Teknologi Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumatera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah Redaksi.
Putra, E. (2025). Masa Depan IKN: Kontribusi Pendidikan Geografi dan Penguatan Potensi Lokal. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Digital.
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi Aksara.
Saptadi, N. T. S., Alwi, M., Maulani, Giandari., Novianti, W., Muhammadiah, M., Agustina, Y., Susilawati, E., Sampe, F., Wardoyo, T. H., Riyadi, T., Hadikusumo, R. A., Nurlely, L., Evenddy, S. S., Fitriyaningsih, I., Ananingsih, V. K., Holid, A. (2024). Revolusi Pendidikan: Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Banten: Sada Kurnia Pustaka.
Sari, M. K., Budyartati, S. (2022). Pembelajaran Inovatif Berbasis Mind Mapping di Era Merdeka Belajar. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.
Setiawan, L., Wardani, N. S., Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
Wahid, A., Afni, N., Hastati, S. (2025). Buku Ajar Pengembangan Pembelajaran PKn. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Wahyudi., Winanto, A., Kusuma, D., Santoso, T. N. B., Nababan, K. R. (2024). Sistem Informasi Manajemen Sekolah & Ruang Kreatif bagi Guru dan Siswa (SIMaS-Rg Kreatif). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ria Septika Anggraeni, Nadhira Hany Afifah, Raihana Qurrota A'yun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.