A, The Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Resika Wati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Mela Anggriani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Wahyuni Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1771

Keywords:

Alat Bantu Pembelajaran, Buku Timbul, Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Kajian ini memiliki tujuan utama untuk menciptakan alat bantu pembelajaran berbentuk buku timbul tiga dimensi yang digunakan dalam mata pelajaran Pancasila untuk tingkat pendidikan dasar, serta mengukur keberhasilannya dalam memperkuat penguasaan konsep-konsep dasar Pancasila pada murid. Mata pelajaran Pancasila yang merupakan pondasi filosofis negara Indonesia harus diperkenalkan kepada anak-anak melalui strategi pengajaran yang memikat dan cocok dengan sifat-sifat siswa sekolah dasar.  Proses pembuatan media buku timbul ini menerapkan kerangka kerja ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan, Evaluasi) dengan melibatkan siswa tingkat empat sekolah dasar sebagai subjek riset. Pengumpulan informasi penelitian dilakukan dengan teknik pengamatan, tanya jawab, kuesioner, dan ujian prestasi akademik. Temuan riset memperlihatkan bahwa media buku timbul Pancasila yang dihasilkan mencapai standar kesesuaian dengan kategori "amat sesuai" menurut evaluasi spesialis konten (92,5%), spesialis media (89,7%), dan pendidik praktisi (90,3%). Penerapan media ini terbukti berhasil memperbaiki penguasaan konsep Pancasila pada siswa dengan kenaikan rata-rata prestasi belajar dari 68,4 menjadi 86,3 dan nilai N-gain sebesar 0,72 (kategori tinggi). Tanggapan siswa terhadap pemanfaatan media buku timbul menunjukkan ketertarikan besar dengan persentase respons positif mencapai 94,2%. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penciptaan media buku timbul untuk pembelajaran Pancasila dapat menjadi alternatif kreatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan penguasaan nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar.

References

Armstrong, T. (2019). Multiple intelligences in the classroom (4th ed.). ASCD.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2019). Pop-up books: A guide for teachers and librarians (3rd ed.). Libraries Unlimited.

Branch, R. M. (2019). Instructional design: The ADDIE approach (2nd ed.). Springer.

Dewanti, H. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2018). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Dzuanda, B. (2017). Perancangan buku cerita anak pop-up tokoh-tokoh wayang berseri. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Dwiqi, G. C., Sudatha, I. W., & Sukmana, A. I. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 33-48.

Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2021). Efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 156-165.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-175.

Gardner, H. (2020). Multiple intelligences in the 21st century: Theory and practice. Basic Books.

Hanifah, T. U. (2021). Pengembangan media pop-up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 142-155.

Hasan, M., & Rahman, A. (2021). Implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78-92.

Ismawati, E. (2021). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis nilai-nilai pancasila untuk siswa sekolah dasar. Elementary School Journal, 5(2), 113-125.

Johnson, E. B. (2020). Contextual teaching and learning: What it is and why it's here to stay (4th ed.). Corwin Press.

Kurniawan, D. (2020). Peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran inovatif melalui lesson study. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 173-185.

Lickona, T. (2018). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility (3rd ed.). Bantam Books.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2021). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. University of California.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2020). Pengembangan media pop up book pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 245-256.

Nurhayati, E. (2021). Penggunaan media pop-up book dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 78-89.

Pratama, D., Hakim, L., & Prasetyo, Y. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran augmented reality untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 215-227.

Prasetyo, S. D. (2018). Pengembangan media pop-up book tema lingkungan dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 32-44.

Pratiwi, D. A., & Setiawan, H. (2022). Analisis efektivitas media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 6(1), 1-12.

Putri, N. A. (2022). Kolaborasi guru dan desainer dalam pengembangan media pembelajaran inovatif untuk sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 45-58.

Rahmawati, N. (2019). Pengembangan media pop-up book tema peristiwa untuk kelas III SD Negeri Pamotan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 133-142.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2021). *Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Edisi Revisi). Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2018). Educational psychology* (6th ed.). McGraw-Hill Education.

Siregar, B. H., Mansyur, A., Lumongga, S., & Rahmadani, F. (2023). Teori dan praktis multimedia pembelajaran interaktif. Bintang Pustaka Madani.

Vygotsky, L. S. (2020). Mind in society: Development of higher psychological processes (Revised ed.). Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Wati, D., Anggriani, M., & Wahyuni. (2025). A, The Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1771

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.